Baru Lulus? Ini Dia 7 Profesi Idaman Para Generasi Milenial

Siap-siap mau sidang skripsi? Atau baru yudisium?

Pastinya untuk Anda yang baru atau akan menuntaskan pendidikan tinggi dibangku kuliah, kami ucapkan Selamat Datang dalam Realita.

profesi idaman para generasi milenial

Apapun nantinya output sidang skripsi Anda, dan Anda telah dinyatakan lulus, kami ucapkan selamat.

Profesi Idaman Generasi Milenial

Sekarang Anda adalah seorang Sarjana.

Dengan lulus kuliah berarti Anda dengan resmi bisa menyandang gelar sarjana Anda.

Andapun telah terbebaskan menurut semua beban tugas akademik, tugas-tugas mata kuliah, dan nir lagi bertemu dosen killer yang mungkin Anda benci selama masa kuliah dulu.

Anda kini sudah resmi kembali lagi ke rakyat, balik ke dunia konkret, kembali dalam kehidupan yg sebenarnya.

Tapi., tunggu dulu! Jangan bahagia dulu, lantaran menggunakan setelah pendidikan tinggi Anda, nir berarti itu adalah akhir menurut segalanya.

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, "Selamat datang di Realita".

Baca juga: Benarkah Lulusan SMA Susah Mencari Kerja?

Ketika Anda menyelesaikan pendidikan tinggi Anda, maka awal mula kehidupan Anda pun dimulai.

Anda mulai mengatur jalan hidup Anda menggunakan baik, mencari pekerjaan, hingga menikah (bagi yg belum menikah tentunya).

Mengenai problem mencari pekerjaan, sering kali menjadi problem bagi para fresh graduate (sarjana yang baru lulus).

Hal ini, bukan tanpa alasan, karena poly dari para lulusan baru (sarjana-sarjana baru) saat ini merupakan para generasi milenial.

Kalangan milenial yang memiliki pola pikir & pandangan yang tidak sama dengan generasi sebelumnya.

Tidak hanya pada kehidupan kesehariannya, sampai pada pekerjaanpun, para generasi milenial memiliki standar tersendiri untuk urusan pekerjaan ini.

Misalnya, terdapat poly dari para generasi milenial yang baru beberapa bulan bekerja, akan tetapi sudah merasa tidak cocok dengan pekerjaannya.

Lantaran mereka pikir pekerjaan yang ditekuninya waktu itu, tidak sesuai dengan gaya hayati mereka, atau tidak mengikuti kemajuan jaman, atau mungkin mereka tidak bisa berkembang disana.

7 Jenis Profesi Idaman Para Generasi Milenial

Para generasi milenial mendambakan profesi yg bisa memberikan penghasilan yg cukup tinggi untuk memenuhi gaya hayati mereka.

Namun, mereka juga sangat mempertimbangkan beban pekerjaan yg akan mereka lakukan.

Jadi, jika ternyata beban pekerjaannya cukup tinggi, dan honor yg mereka terima nir sinkron asa, apalagi tidak sesuai menggunakan cita-cita atau passion mereka.,

Maka para generasi milenial ini tidak akan sanggup bertahan lama di pada profesi tersebut.

Nah, buat Anda para generasi milenial yang baru lulus (fresh graduate) dn telah nir sabar lagi buat membangun karier pada berprofesi.,

Berikut ini adalah tujuh jenis profesi yg menjadi idaman para generasi milenial.

Baca juga: 31 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Bagi Karyawan

1. Pengembang Perangkat Lunak (Software Engineer)

profesi idaman para generasi milenial

Pengembang software atau software engineer merupakan salah satu pekerjaan anak-anak IT yang mempunyai penghasilan yg relatif tinggi.

Menurut data yang diperoleh dari my job street gaji buat seorang staff pengembang aplikasi antara 6 juta hingga 8 juta rupiah.

Standar honor tersebut baru buat level staf saja, bisa Anda bayangkan berapa besar honor yang diterima para profesional software engineer tadi.

Bisa mencapai puluhan juta rupiah. Sangat menjanjikan bukan?

Nah, buat Anda yg baru lulus kuliah jurusan teknologi kabar & bergelar sarjana IT, profesi yg satu ini pasti sangat cocok untuk Anda.

Selain sesuai dengan passion Anda, pula menjanjikan penghasilan yg cukup lumayan akbar buat para milenial fresh graduates.

Menjadi seorang pengembang software (aplikasi) artinya melakukan seluruh kegiatan yg bersangkutan menggunakan analisa, rekayasa, spesifikasi, implementasi dan validasi (engineering).

Rangkaian pekerjaan ini tujuannya merupakan buat membentuk sebuah produk, berupa aplikasi atau perangkat lunak.

Software ini biasanya digunakan buat membantu atau memudahkan pekerjaan manusia, atau memecahkan perkara dalam banyak sekali bidang yg umumnya ditemukan pada perusahaan-perusahaan.

2. Pengembang Web (Web Developer)

profesi idaman para generasi milenial

Seseorang yang membentuk atau menciptakan sebuah situs atau website yang memakai bahasa pemograman tertentu merupakan pekerjaan dari seorang Web Developer.

Pengembang web, bertugas buat membentuk dan menghubungkan segala aset atau asal daya pada sebuah perusahaan, mengatur domain, membuat database, membuat tampilan web dan sebagainya.

Berprofesi sebagai pengembang web atau web developer tentunya bukanlah sebuah pekerjaan sulit, terutama bagi Anda yang memang baru lulus (fresh graduates) menurut jurusan IT, terutama bagi yang mempunyai pengetahuan tentang web developer.

Masih menurut halaman my job street, penghasilan fresh graduate buat web developer ini cukup tinggi, yakni mulai berdasarkan 3 juta hingga 4.5 juta rupiah.

Jika keahlian Anda pada menciptakan web semakin mahir, maka pendapatan yg akan Anda terima bahkan bisa lebih akbar lagi, sampai mencapai belasan juta rupiah perbulan.

Tiga. Desainer Grafis

profesi idaman para generasi milenial

Profesi yang satu ini tentu menjadi profesi idaman para fresh graduates jurusan IT desain grafis.

Profesi desainer grafis ini dituntut untuk mempunyai kreatifitas yang tinggi, & penghasilan yg diterimanya pun relatif tinggi.

Penghasilan seorang desainer grafis pemula atau fresh graduates mencapai lima juta rupiah perbulannya.

Sedangkan untuk desainer grafis profesionalnya bisa lebih berdasarkan sepuluh juta rupiah perbulan.

Profesi ini paling banyak dicari sang perusahaan-perusahaan akbar, terutama yg bergerak dibidang dunia digital.

Seorang desainer grafis mempunyai tugas buat menciptakan sebuah gambaran, tipografis, fotografi atau motion grafis yang dibutuhkan perusahaan buat menunjang tampilan situs web atau media digital yg mereka pakai.

Seorang desainer grafis harus pandai & mempunyai kreatifitas yang tinggi, sehingga ia mampu menyampaikan sebuah warta yang diinginkan oleh produk atau klien pada bentuk desain yg menarik.

Semakin tinggi keahlian yang dimiliki maka akan semakin besar pula honor yang akan dihasilkan.

Baca juga: Gaji Tinggi, Tunjangan dan Bonus, Membuat BUMN jadi Primadona

4. Blogger, YouTuber dan Selebgram

profesi idaman para generasi milenial

Saat ini, profesi sebagai YouTuber, Blogger ataupun menjadi selebgram merupakan profesi yg paling di idam-idamkan oleh para generasi milenial.

Para generasi milenial adalah para generasi yg selalu ingin tampil & eksis.

Baik itu pada global nyata maupun pada global media umum atau internet.

Memiliki banyak follower, audiens, ataupun viewer merupakan dambaan para generasi milenial.

Menjadi YouTuber, blogger ataupun selebgram berarti membuka peluang bagi mereka untuk mempromosikan diri mereka, produk-produk mereka sendiri ataupun produk-produk orang lain dengan imbalan komisi atau uang.

Perbedaan mendasar berdasarkan ketiga profesi tersebut merupakan konten yg mereka bagikan.

YouTuber membagikan konten audio-video atau visual, blogger menunjukkan konten berupa tulisan & gambar, sedangkan selebgram memberikan konten berupa foto, video singkat.

Banyak perusahaan-perusahaan besar , terutama yg berkecimpung dibidang traveling, perhotelan, destinasi wisata, kuiner, fashion, kosmetik dan yang lainnya memanfaatkan jasa para youtuber, blogger dan selebgram dalam mempromosikan produk-produk mereka.

Dari konten para youtuber, blogger & selebgram inilah, perusahaan-perusahaan tadi menarik perhatian konsumen yg melihatnya.

Jangan keliru, walau tugas para youtuber, blogger dan selebgram ini hanyalah mengulas produk, jasa berdasarkan ketiga profesi ini sangat majemuk.

Mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per ulasan, tergantung dari konten, dan jumlah subscirber, viewer serta follower yg dimilikinya.

Belum lagi penghasilan dari jasa iklan seperti google adsanse dan yang lainnya yang terpasang di blog, atau di channel youtube mereka dengan monetisasi youtube.

Dalam sebulan mereka sanggup membentuk jutaan hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah perbulan.

Cukup menjanjikan bukan? Tertarik?

Baca juga: 21 Tips Blogging Bagi Pemula

5. Berjualan Online

profesi idaman para generasi milenial

Saat ini, terutama para generasi milenial, hampir tidak memiliki saat buat sekedar berbelanja ke mall, atau pasar buat membeli produk-produk misalnya baju, kosmetik, hijab dan lain sebagainya.

Sudah poly orang yang beralih cara berbelanja, yang dulunya dilakukan secara manual atau konvensional, kini mereka lakukan secara daring atau online.

Melihat perkembangan ini, tentu saja hal ini merupakan sebuah peluang tersendiri bagi para generasi milenial, terutama bagi mereka yang baru lulus buat memulai sebuah usaha bisnis online atau berjualan secara online.

Keuntungan dalam berbisnis atau berjualan online ini Anda nir membutuhkan kapital yg akbar buat menyewa lapak buat dijadikan toko.

Karena, Anda hanya membutuhkan akun media sosial misalnya Facebook dan Instagram atau akun e-commerce misalnya Tokopedia, Bukalapak, Shopee & lainnya.

Yang lebih menariknya lagi, buat dagang online ini, Anda nir perlu menyetok, atau mempunyai kapital buat membeli stok barang.

Untuk memulai berjualan atau dagang secara online ini, Anda bisa memulainya dengan menjadi dropshiper terlebih dahulu yang sama sekali tidak butuh modal.

Ketika uang sudah terkumpul, dan Anda telah memiliki kapital, baru kemudian Anda membeli stok barang sendiri.

Konsumen online yg semakin bertambah akbar jumlahnya saat ini, tentunya juga akan membuka peluang Anda buat menerima keuntungan yang lebih akbar.

Baca juga: Jenis Bisnis Online Kekinian dari Rumah

6. Usaha Kuliner

Tahukah Anda, bahwa usaha yg nir akan pernah terdapat matinya hingga kapanpun merupakan usaha masakan.

Kami yakin, kemanapun Anda pulang, baik itu didaerah perkotaan maupun pedesaan, atau wilayah destinasi wisata juga bukan, Anda pasti akan menemukan warung makan, cafe & yg lainnya yang berhubungan dengan masakan.

Bisnis kuliner juga mempunyai musim nya masing-masing. Ada kalanya yang sedang trend adalah masakan tradisional, terkadang yg isu terkini minuman & kuliner luar negeri & sebagainya.

Misalnya, untuk waktu ini yang sedang demam isu adalah warung kopi & thai tea.

Anda pula mungkin pernah dulu mendengar kata "Cafe Tenda"?

Iya, diera 90an hingga awal 2000-an, sedang trendingnya cafe-cafe tenda. Hingga cafe-cafe tenda menjamur dimana-mana.

Industri makanan dan minuman ini memang nir terdapat habisnya, karena itu, tentu tidak terdapat salahnya buat Anda mencoba.

Terutama bagi Anda yang fresh graduates dan merasa tidak mau bekerja dengan orang lain, yg ingin mempunyai perusahaan atau usaha sendiri.

Tetapi, buat membentuk model usaha ini membutuhkan modal yg tidak sedikit.

Akan namun, ada poly cara untuk mendapatkan modal tersebut, misalnya melalui pinjaman orang tua atau pinjaman online p2p lending.

Intinya, jangan sampai karena alasan modal sebagai penghalang Anda buat membentuk kerjaan usaha Anda sendiri.

7. Menjadi PNS - ASN

profesi idaman para generasi milenial

Nah, buat profesi yang satu ini, sebagai PNS atau ASN mampu jadi profesi idaman para generasi milenial mampu jua bukan.

Sebab, para generasi milenial memiliki sudut pandang yang tidak sinkron menggunakan generasi-generasi sebelum mereka.

Yang saat ini generasi sebelum mereka itu merupakan para orang tua mereka sendiri.

Namun, kami yakin banyak dari para generasi milenial yang fresh graduates bercita-cita sebagai seseorang PNS.

Sebab, hingga saat ini PNS adalah profesi primadona di Indonesia.

Mengapa banyak orang ingin menjadi PNS, bukanlah tanpa alasan. Karena profesi PNS ini dianggap sebagai profesi yang dapat menjamin masa depan.

Dengan beban pekerjaan yang nir terlalu besar . Artinya nir sebesar beban pekerjaan apabila bekerja pada partikelir atau bumn.

Jika di swasta atau bumn, karyawannya dituntut untuk mengejar target yang telah ditentukan, namun tidak bagi karyawan atau pegawai negeri sipil (PNS).

Selain itu, agunan hari tua dan pensiun, serta gaji yg lumayan besar menjadi alasan utama mengapa profesi pns ini sebagai begitu digandrungi hampir oleh setiap generasi.

Makanya nir heran jika dalam setiap penerimaan cpns, selalu diikuti sang peserta yang membludak, sampai jutaan pelamar.

Nah, bila Anda bercita-cita menjadi PNS, maka Anda harus benar-benar mempersiapkan diri Anda buat itu.

Karena yang akan Anda hadapi merupakan jutaan pelamar yang adalah pula merupakan persaingan yang sangat sangat ketat.

Untuk menjadi PNS atau CPNS, Anda harus selalu mencari informasi terkini terkait penerimaan cpns.

Mencari informasi mengenai formasi-formasi cpns yang dibuka apakah sesuai dengan bidang ilmu atau jurusan yang Anda ambil ketika kuliah atau tidak.

Setelah Anda mendapatkan informasi terkini penerimaan cpns, selanjutnya adalah Anda memahami bentuk soal cpns beserta dengan kisi-kisi soal cpns.

Selanjutnya merupakan mempersiapkan diri Anda buat menghadapi ujian seleksi penerimaan cpns dengan belajar contoh-contoh soal cpns.

Contoh soal cpns ini dapat Anda pelajari dengan melihat bentuk soal atau contoh soal cpns pada tahun-tahun sebelumnya.

Anda dapat mengetahui bentuk soal & terali soal cpns ini di sini, di situs awambicara id ini.

Karena disini, kami telah menyiapkan semua jenis soal cpns yang akan diujikan dalam setiap seleksi penerimaan cpns.

Bahkan tidak hanya itu, kami juga memberikan tips dan trik dalam menjawab soal cpns dengan cepat, ringkas dan tepat.

Baca juga: Jurusan Paling Banyak Formasi dalam Penerimaan CPNS

Pilihlah Profesi Sesuai Passion

Memilih dan memilih sebuah profesi sanggup dikatakan suatu hal yg mudah-gampang susah, nir semudah membalikan telapak tangan.

Jurusan yg Anda ambil dalam masa kuliah tidak menjamin Anda akan mendapatkan pekerjaan yg sesuai dengan passion atau harapan Anda.

Ketika Anda gundah menentukan profesi yang sinkron menggunakan passion atau harapan Anda sendiri, cobalah buat menentukan profesi berdasarkan hal-hal yg Anda sukai.

Seperti misalnya, Anda suka menulis, traveling, personal komputer , & lain sebagainya, maka Anda bisa memulainya dengan memilih profesi yg berhubungan dengan apa yang Anda sukai tersebut.

Sebab, bekerja sinkron dengan passion Anda, tentunya akan membuat Anda merasa nyaman dalam bekerja.

Apabila yang Anda rasakan kenyamanan dalam menuntaskan pekerjaan, maka pintu kesuksesan sudah mulai terbuka buat Anda

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2