Apa yang Terjadi di Balik Update Algoritma Inti Google Terbaru Ini?

Sejak Google mengumumkan sedang melakukan update Algoritma Inti Google (Google Broad Core Algorithm Update) per 1 Agustus 2018 yg kemudian, poly para pakar SEO berspekulasi, tentang apa yang sedang dilakukan sang Google ini.

Algoritma Google Terbaru

Bahkan nir sedikit menurut Professional SEO kebingungan, apa yg sebenarnya dilakukan Google ini, apa yang berubah, & seperti apa pengaruh yg terjadi pada situs web mereka.

Algoritma Google Terbaru

Selain perubahan peringkat, tentu saja menyangkut hal-hal penting lainnya, terutama tentang faktor-faktor apa saja yang akan menghipnotis peringkat web buat kedepannya.

Untuk menenangkan para pelaku Search Engine Optimization (SEO) Google pun sudah menaruh pernyataan resmi, sebagai berikut:

This week we released a broad core algorithm update, as we do several times per year. Our guidance about such updates remains the same as in March, as we covered here: https://t.co/uPlEdSLHoX

— Google SearchLiaison (@searchliaison) 1 Agustus 2018

Dan tentu saja, banyak yang tidak puas akan penjelasan Google ini, sebagai contoh balasan tweet menurut Kristine Schachinger @schachin

"Update akbar oleh Google? Sama menggunakan..Sama dengan..Sama menggunakan..Sama dengan..!"

"Kami sangat berharap akan diberitahukan apa yang sebenarnya telah pada updatedanquot;

"Terlalu banyak yg harus dilakukan disebuah situs web, buat memenuhi ini, dan itu teramat sangat sulit dilakukan. Memang bukan tidak mungkin, akan tetapi banyak membuang-buang waktu menggunakan percumadanquot;.

Jadi, Apa sebenarnya Update Algoritma Inti Google itu?

Pertama-tama akan kami jelaskan terlebih dahulu mengenai update prosedur pemecahan yang dilakukan di Google Search Engine.

Google, selalu melakukan perubahan & update setiap tahunnya, yang jumlahnya ratusan kali update. Artinya, hampir setiap hari Google selalu melakukan pembaruan Algoritma Search Engine nya.

Sedangkan buat update-update besar yang mereka lakukan sudah acapkali kali kita dengar.

Sebut saja, Panda, Penguin, Pigeon, hummingbird, fred dan lain sebagainya (lihat: 9+1 Update Mayor Google Search Engine 2011-2018).

Namun, update akbar algoritma google sebelumnya itu umumnya hanya memiliki efek pada hal-hal tertentu saja, menjadi contoh:

Algoritma Penguin, yg hanya buat memberantas situs-situs web yg melakukan Spam link.

Atau Algoritma Pigeon, yg spesifik memberantas praktek black hat SEO, misalnya meningkatkan secara optimal SEO on halaman yg berlebihan & sebagainya.

Intinya, setiap update inti & besar dari Algoritma Google Search Engine umumnya memiliki tujuan-tujuan eksklusif.

Dan pada masalah kali ini, Google hanya menginformasikan bahwa mereka telah atau sedang melakukan pembaruan Algoritma inti Google search engine, & hanya itu.

Google menginformasikan bahwa mereka mengadakan Update Inti (Core Update), yg bila diartikan sama dengan bahwa Google sedang melakukan update prosedur pemecahan primer dari search engine itu sendiri secara holistik (core).

Seperti yg kita ketahui, Google memberikan peringkat terhadap situs web/ blog menggunakan melihat faktor atau frekuwensi-sinyal yang diberikan situs web/ blog kepada search engine pada jumlah yang nir sedikit.

Ada yg berkata bahwa frekuwensi tadi lebih dari 200 faktor. Ada pula yg mengungkapkan bahwa google search engine memiliki lebih menurut 500 faktor buat menangkap frekuwensi menurut sebuah situs web/ blog untuk diberikan peringkat dihasil penelusuran Google.

Apabila telah demikian, jika kita melihat pengumuman Google mengenai mereka sudah atau sedang melakukan update inti dari algoritma search enginnya, berarti google sudah melakukan update terhadap faktor-faktor krusial & primer berdasarkan 200 atau 500 lebih faktor tersebut.

Oleh karena itulah, mereka tidak mungkin mengungkapkan secara detail dan jelas apa yang sebagai inti berdasarkan update core google algoritma ini, & karenanya mereka pun hanya menyampaikan secara diplomatis.

Lantaran jika mereka melakukan itu, mengungkapkan apa yang telah mereka rubah atau perbaharui, misalnya pada update besar terdahulu semacam panda, pigeon, penguin & sebagainya, maka mereka akan menyampaikan apa yg sebagai inti berdasarkan algoritma search engine.

Dan bila sudah begitu, maka Google Search Engine akan sangat mudah buat dimanipulasi dalam hal hadiah peringkat dalam sebauh situs web/ blog.

Jadi, bagaimana cara kita tahu Update Inti Algoritma Google Search Engine modern ini?

Cara paling gampang adalah menggunakan membayangkan bahwa, google sudah melakukan pembaruan terhadap beberapa faktor krusial dari 200 atau 500 faktor pemeringkatan output penelusuran google tersebut.

Ambil saja model, Google telah melakukan perubahan 50 faktor dari 200 faktor tersebut. Dan peringkat output penelusuran Google pun niscaya akan berubah.

Tapi tentu saja akan dicermati menurut banyak sekali macam faktor, bukan pada beberapa faktor & penyebab tertentu saja misalnya Algoritma Penguin diatas, yg membabat situs web yang melakukan spam link.

Iya, memang nir semudah dalam update-update yg dulu, tetapi setidaknya itu telah menaruh citra dalam kita, apa yg telah dilakukan Google ini.

Inti berdasarkan Update Algoritma Google Terbaru

Namun, Google sudah memberikan beberapa gambaran mengenai update yg sudah dilakukannya ini, seperti:

Dalam Update Algoritma Inti Google ini, kami telah:

  • Meningkatkan nilai keyword didalam tag H1 (Header) hingga 2%
  • Meningkatkan nilai HTTPS hingga 18%
  • Menurunkan nilai keyword di Title Tags hingga 9%
  • Merubah nilai D di perhitungan PageRank kami dari .85 ke .70
  • Mulai menggunakan TF-iDUF, yakni metode pengumpulan data dari logged in user (pendaftaran/ kembalinya pengguna) dari pada cara logged in tradisional menggunakan metode TF-PDF

Inilah yang dilakukan Google pada pembaruan prosedur pemecahan inti mereka.

Hanya saja, apakah ini merupakan hal yang benar atau tidak, nir terdapat yang memahami dengan pasti. Kecuali pihak Google itu sendiri.

Banyak pakar SEO yg mungkin tidak memahami hal ini. Pada dasarnya, pada dasarnya merupakan Google mungkin melakukan perubahan mengenai bagaimana mereka menilai & mengkalkulasi apa yang terdapat pada halaman situs web.

Menilai sinyal-frekuwensi yg dikirimkan situs web kedalam prosedur pemecahan inti Google.

Menilai seberapa besar backlink menaruh dampak terhadap peringkat sebuah situs web dihasil penelusuran Google.

Atau menilai keduanya, baik itu sinyal-sinyal SEO dihalaman situs web, atau backlink ke situs web tadi.

Atau bahkan mungkin semua faktor yg ada.

Dan pihak Google nir akan pernah memberikan jawaban yang pasti mengenai itu.

Singkatnya:

Google, merubah faktor-faktor yg paling krusial & bernilai berdasarkan beragam macam faktor rangking search engine mereka.

Itu penerangan praktis & mudahnya.

Lebih detailnya:

Google telah menjalankan contoh baru pada mesin penelusuran mereka pada menilai contoh rangking situs web yg baru, yang dibutuhkan akan menaruh output yang paling relevan dibandingkan dengan mesin penelusuran yang dulu, dan para ahli SEO tidak mengetahui faktor ranking yg primer yg mana yg akan memberikan nilai lebih pada mesin penelusuran google yang baru ini, & bagaimana cara kerja mesin penelusuran ketika ini.

Yang menaruh peringkat situs web/ blog sebenarnya merupakan pengguna google search engine. Artinya, mesin penelusuran google menggunakan algoritma yang satu dan berubah pada yang lainnya, merupakan buat menilai pengguna google, bukan buat menilai situs web/ blog. Tapi, bagaimana cara mereka memasukkan situs web yang berkualitas kedalam hasil search engine melalui prosedur pemecahan mereka, yang bermanfaat & relevan bagi pengguna.

Apa yg wajib dilakukan pemilik situs web/ blog atas pembaruan prosedur pemecahan inti google terkini ini?

Pembaruan ini tidaklah misalnya pembaruan yg telah ada sebelum-sebelumnya, yang hanya menargetkan pada hal-hal tertentu saja.

Pembaruan Algoritma inti Google terkini ini mengganti segala sesuatunya, sehingga memaksa kita untuk lebih memahami & belajar lebih dalam lagi mengenai SEO.

Karena, sebuah situs web yg bernilai dan berbobot dihasil penelusuran Google akan selalu disandingkan dengan situs web lain yg sama atau relevan yang jua bernilai & berbobot.

Dan apa yg menjadi penyebab situs web kita rangkingnya turun atau bahkan mungkin terdapat yang semakin tinggi, karena sanggup sangat tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Lantaran itulah, mungkin.., Google nir dapat memberikan penjelasan bagaimana cara memperbaiki, atau mengembalikan situs web kita yg mengalami penurunan peringkat.

Karena setiap situs web, mempunyai cara tersendiri dalam mengoptimalkan SEO nya menurut aneka macam kueri eksklusif, & tidak selaras. Sehingga apabila google wajib memberikan sebuah penjelasan terhadap sebuah situs web, tentu akan tidak selaras penanganannya terhadap situs web yang lain.

Bisa jadi, situs web yg tadinya berada pada peringkat pertama output penelusuran Google akan turun peringkat karena mereka tidak menaruh keyword sasaran mereka pada tag H1.

Atau bahkan kebalikannya, situs web yg tadinya mungkin berada dihalaman kedua Google akan berada di peringkat pertama Google karena mereka telah menerapkan keyword sasaran pada tag H1 situs web mereka.

Bahkan, bukan nir mungkin pembaruan Algoritma Inti Google modern ini tidak akan memberikan efek apa-apa dalam situs web/ blog anda.

Untuk menemukan & mencari faktor-faktor apa saja yang sebagai frekuwensi terkuat buat Algoritma Google Search Engine menurut sebuah situs web & membantu pesaing-pesaing mereka tentu nir mudah.

Lantaran itulah, para ahli professional SEO akan permanen dan selalu dicari oleh perusahaan-perusahaan besar demi membantu meningkatkan peringkat situs web mereka.

Cara Menghadapi Update Algoritma Google Terbaru

Mengulang-ngulang kembali apa yg acapkali dikatakan Google dan para pakar SEO itu sendiri, cara terbaik menaklukkan setiap update atau pembaruan algoritma primer atau inti modern menurut Google search engine merupakan:

Tetap fokus dalam:

  • Niat Pengguna, yakni apa yang dicari dan diinginkan pengguna
  • Konten berkualitas.
  • Situs web yang bersih, dan cepat.
  • Sesuai dengan Pedoman Google.

Mungkin penerangan diatas tidak dapat menjawab seluruh pertanyaan Anda secara keseluruhan, tentang apa yg terjadi sebenarnya didalam update terbaru Algoritma inti Google ini.

Tetapi, percayalah.., jangan pernah berhenti buat terus berusaha menaikkan peringkat situs web/ blog Anda pada output penelusuran Google, walaupun ketika ini situs web Anda berada dalam peringkat 1 buat istilah kunci andalan Anda.

Lantaran, situs web/ blog yang berada diperingkat ke 2, ke tiga & seterusnya, tidak akan pernah berhenti buat menggeser posisi rangking situs web Anda.

Semua sepakat, SEO itu tidak mudah buat ditaklukkan. Lantaran itu, evaluasi kualitas berdasarkan pengguna Google lah yg menaruh hasil peringkat sebenarnya.

Untuk itu, jangan pernah buat berhenti membentuk konten yg berkualitas, konten yang berguna, konten yang menaruh solusi bagi segala permasalahan yg dihadapi pengguna.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2