28 Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat - Mengapa kita harus mempertahankan kesehatan jantung? Salah satu alasannya karena ternyata penyakit kardiovaskular atau yang berhubungan dengan jantung merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat bahkan termasuk Indonesia. Berdasarkan data statistik terakhir tahun 2016, di Amerika Serikat sudah 2.200 orang meninggal karena penyakit jantung setiap hari. Sehingga, tidak ada alasan untuk segera mengambil tindakan. Kami mengidentifikasi sejumlah tips mudah menjaga jantung agar tetap dalam kondisi sehat.

28 Tips Mudah Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat

1. Berolahragalah 30 Menit Sehari

Apakah Anda melakukan 30 mnt berjalan kaki setiap hari atau berolahraga 3 kali pada ketika 10 mnt, sediakan waktu selama 30 mnt yg disarankan agar secara dramatis membantu Anda mempertahankan gaya hidup sehat.

2. Lakukan Pemompaan Jantung

Lakukan latihan buat meningkatkan detak jantung Anda relatif buat membuat perbedaan. Anda akan memahami kapan Anda berada pada intensitas optimal ketika Anda berkeringat dan merasa lelah dan sakit setelahnya. Jangan berlebihan, relatif dengan keluarnya keringat beberapa mnt.

Tiga. Menaiki Tangga

Menaiki tangga bukan eskalator atau lift adalah cara gampang buat memasukkan latihan ke pada rutinitas harian Anda. Ini pula adalah indikator inspeksi kesehatan yang baik. Apabila Anda kehabisan napas menaiki tangga yg sama dengan yang Anda lakukan minggu lalu, mungkin Anda perlu berkonsultasi ke dokter.

4. Kenakan Sepatu Dansa Anda

Berdansa atau menari bukanlah latihan aerobik yg hebat, tapi ini cara yg menyenangkan untuk mengurangi stres & menjaga kesehatan jantung Anda.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik mungkin berdampak pribadi dalam penurunan tekanan darah & mengurangi stres & kecemasan-yg semuanya adalah faktor penyebab penyakit kardiovaskular.

6. Kurangi Stres

Stres dapat berdampak negatif dalam konduite, yang bisa memicu makan berlebih, merokok atau merokok lebih banyak dari umumnya - yang kemudian bisa mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Stres kronis juga dikaitkan dengan perubahan hormonal yg bisa menaikkan tekanan darah & denyut jantung. Para pakar menyarankan buat mencoba meditasi atau mengikuti kelas yoga atau Tai Chi buat membantu mengurangi stres.

7. Kendalikan Tidur Siang

Menyediakan saat tidur siang 45 mnt setelah situasi stres atau tugas mental telah terbukti mengurangi tekanan darah.

8. Kelola Emosi Anda

Memiliki perasaan murka , sedih, frustrasi, atau stres dapat mempertinggi tekanan darah & memberi tekanan pada hati Anda. Sebuah output studi mengungkapkan bahwa orang-orang yg memiliki taraf tekanan psikososial tinggi berisiko sama menderita agresi jantung lantaran mereka yang merokok.

9. Perhatikan pinggang Anda

Banyaknya lipatan perut perlu Anda hilangkan. Ini merupakan prediksi yang jelas tentang peningkatan risiko penyakit jantung Anda. Untuk setiap tambahan dua inci lemak perut yang Anda bawa, Anda menaikkan risiko penyakit jantung sebanyak 20%!

10. Ketahui BMI Anda

Indeks massa tubuh normal (BMI) berkisar antara 18,lima hingga 24,9 kg / m2. BMI 27-30 menerangkan bahwa berat badan seorang berada pada kisaran kelebihan berat badan hingga obesitas dan menempatkan mereka pada peningkatan risiko kardiovaskular.

11. Kurangi Porsi Makan

Sadarilah berukuran porsi bisa membantu menjaga kalori & lemak perut Anda terkendali. Bagian yg tepat, misalnya, meliputi: tiga ons daging atau ayam, & 1 1/dua ons keju keras (3 dadu).

12. Tingkatkan Serat Harian Anda

Makan setidaknya 25 gram serat setiap hari bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti terigu, kacang-kacangan & jeruk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol dursila). Mereka yg makan makanan berserat tinggi, menurut waktu ke waktu, telah terbukti mempunyai risiko seumur hidup yang lebih rendah secara signifikan untuk terhindar penyakit kardiovaskular bila dibandingkan dengan mereka yg mengkonsumsi serat dalam jumlah mini .

13. Makan Aneka Buah-buahan dan Sayuran

Buah & sayuran bukan hanya sumber vitamin dan mineral yang baik namun rendah kalori dan kaya akan serat makanan. Buah-buahan segar mengandung pigmen sehat yang dianggap 'flavonoid' yg telah diketahui bisa mengurangi risiko peradangan - faktor penting dalam pencegahan penyakit kardiovaskular.

14. Kurangi Konsumsi Garam

Terlalu poly garam pada kuliner Anda bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi - faktor risiko primer penyakit kardiovaskular. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan nir lebih berdasarkan 2.300 mg sodium (kurang lebih satu sendok teh) garam setiap hari.

15. Makan Lebih Banyak Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 tinggi dan kurang lemak jenuh dibanding daging. Klinik Mayo menyarankan untuk makan satu sampai dua porsi ikan berlemak (seperti salmon) per minggu untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung (terutama kematian jantung mendadak). Jika ikan tidak sesuai dengan keinginan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan suplemen omega-3, seperti minyak krill. Kenali pula 18 Makanan Sehat untuk Mencegah Penyakit Jantung.

16. Ketahui lemak Anda

Mengikuti diet rendah lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans (lemak terhidrogenasi parsial) dapat meliputi kuliner botani seperti butir-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, yg bisa membantu menjaga jantung Anda. Sehat dan bertenaga Trans-lemak harus dihindari sepenuhnya, lantaran mereka sudah diketahui dapat mempertinggi kolesterol dursila (LDL) dan menurunkan kolesterol baik (HDL). Kurangi konsumsi produk hewani seperti daging merah, ayam, susu dan keju menurut makanan Anda, satu atau 2 hari dalam seminggu, secara signifikan bisa membantu menurunkan kolesterol Anda.

17. Atur Porsi Makan Coklat

Akhirnya, ada liputan baik bagi mereka yang memiliki gigi manis. Coklat gelap murni (bukan susu atau varietas putih) merupakan sumber katekin yg kaya - antioksidan sehat-jantung. Makan satu ons per hari bisa memuaskan keinginan gula Anda. Hati-hati jangan hingga terlalu hiperbola karena coklat kaya akan kalori.

18. Kurangi Gula & Risiko Peradangan

Menjaga asupan gula Anda hingga 6 gr per porsi sanggup membantu menjaga peradangan. Mengetahui jumlah protein C-reaktif (CRP) adalah cara yg baik buat memantau taraf peradangan Anda, karena peradangan taraf rendah yg kontinu telah diketahui dapat menaikkan risiko kasus jantung. Diet kaya akan kuliner yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, C & E juga membantu mengurangi risiko peradangan.

19. Minum obat-obatan atau suplemen dalam waktu yg tepat

Diskusikan hal ini menggunakan dokter atau apoteker Anda. Pengobatan kolesterol, contohnya, paling baik dikonsumsi sebelum tidur.

20. Apabila Anda Merokok, Cobalah Berhenti Merokok

Merokok hanya satu-ke-dua rokok per hari bisa secara signifikan menaikkan risiko agresi jantung, stroke, atau syarat serius lainnya. Risikonya meningkat lebih jauh apabila dikombinasikan menggunakan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas.

21. Hindari Menjadi Perokok Pasif

Maksudnya bukan sebagai perokok aktif, namun menjauhi perokok aktif. Hasil studi menampakan bahwa menghirup asap menurut perokok aktif bisa menaikkan risiko nyakit jantung koroner sampai 30%.

22. Jadwalkan Pemeriksaan Gigi Rutin

Mulut sehat bisa menyebabkan jantung sehat. Studi menyimpulkan bahwa orang-orang yang memiliki gigi mereka dibersihkan secara profesional dan diskalakan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi secara signifikan mengurangi kesempatan mereka terkena serangan jantung dan stroke bila dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menjalani pembersihan gigi. Teratur membersihkan gigi adalah tips mudah menjaga jantung agar tetap sehat

23. Kenali Gejala Serangan Jantung

Menghancurkan nyeri dada mungkin merupakan tanda-tanda klasik agresi jantung, tetapi beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan menggunakan cara yg berbeda. Gejala ini termasuk sensasi meremas pada dada, tekanan, sesak napas, mual dan pusing. Wanita mungkin mengalami gejala yang tidak sama menggunakan rasa sakit di lengan, punggung dan bahkan giginya. Jangan menebak-nebak sendiri. Carilah pertolongan medis segera jika Anda berpikir Anda mungkin mengalami serangan jantung.

24. Kenali Riwayat Keluarga & Faktor Risiko

Mengacu dalam hasil penelitian yang terbaru dari Pusat Penelitian Perawatan Kesehatan Primer di Swedia, gen sepertinya sebagai indikator primer dalam memilih potensi risiko penyakit jantung. Mengetahui sejarah keluarga Anda dapat memberi Anda fakta krusial yang Anda perlukan buat mengatur diri Anda pada jalur cepat ke diet & olahraga yg tepat.

25. Kenali Tanda-tanda Gangguan Sirkulasi

aterosklerosis, atau pengerasan atau penyempitan arteri, menyebabkan berkurangnya aliran darah yg mampu menyebabkan agresi jantung, stroke dan syarat lainnya. Apabila Anda mengalami berkurangnya aliran darah di anggota badan Anda, atau laki-laki yg mengalami disfungsi birahi, Anda mungkin menderita penyakit arteri perifer (PAD). Jadwalkan pemeriksaan kardiovaskular lengkap buat memastikan darah Anda mengalir menggunakan bebas.

26. Kendalikan Kolesterol Anda

Simak panduan buat angka kolesterol sehat, yg dikeluarkan oleh The American Heart Association.

27. Jaga Agar Tekanan Darah Tetap Terkontrol

Tekanan darah tinggi meningkatkan risiko serangan jantung, gagal jantung dan stroke. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui tingkat tekanan darah yang tepat untuk Anda. (Baca pula: 6 Tanda-Tanda Sebulan Sebelum Serangan Jantung)

28. Mentaktisi Diabetes

Jika Anda keliru satu dari jutaan orang Indonesia yg telah didiagnosis menderita diabetes, Anda telah memahami bahwa Anda mempunyai risiko penyakit kardiovaskular lebih tinggi, peningkatan kolesterol & tekanan darah. Dan jika Anda seorang perempuan , Anda berisiko lebih tinggi lagi. Mengontrol diabetes Anda melalui perubahan pola makan dan gaya hidup, antara lain, adalah kunci buat mengendalikan diabetes Anda. Periksa kadar gula darah Anda sinkron petunjuk dokter & menerima cara terbaik buat mengelola gula darah Anda.

Demikian tips mudah mempertahankan dan menjaga jantung agar tetap sehat. Menjaga kesehatan jantung dimulai dengan sikap sehat, gaya hidup sehat dan mengetahui faktor risiko Anda. Dengan sejumlah tips di atas, kita semua dapat membuat sebuah tindakan untuk menjadi lebih sadar akan gaya hidup serta fokus menjaga hati dan pikiran kita agar tetap hidup dengan cara yang lebih sehat untuk menjalani kehidupan yang lebih baik.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2