21 Tips Blogging Untuk Pemula (Pengalaman Pribadi)

Jangan salah , global blogging itu merupakan bisnis yg cukup menjanjikan.

Walaupun terdapat sebagian orang yg skeptis menduga blogging hanyalah sekedar isu terkini teknologi yg sifatnya ad interim.

Tips Blogging Untuk Pemula

Seperti halnya menggunakan demam isu teknologi yang lainnya yang ada & tenggelam pada sesaat.

21 Tips Blogging Untuk Pemula

Sebut saja bbm messenger, game pokemon go, tik tok, dan lain sebagainya.

Tetapi, bila kita melihat sejarah bagaimana perkembangan dunia blogging itu sendiri, bisa dikatakan asumsi-anggapan miring mengenai blog, terpatahkan menggunakan sendirinya.

Buktinya, global blogging yg mulai diperkenalkan sejak lebih menurut sepuluh tahun yang kemudian, hingga kini masih menjadi salah satu media pada mempromosikan produk, jasa juga kabar yang cukup menjanjikan.

Untuk itu, bila Anda baru ingin memulai & membuahkan blogging menjadi keliru satu media buat mempromosikan produk dan jasa Anda, atau sebagai media buat Anda dalam membentuk uang menurut internet (sebagai publisher contohnya), nir terdapat istilah terlambat buat Anda.

Dunia blogging, masihlah menjadi primadona & dapat diandalkan menjadi sarana untuk Anda dalam berusaha & berbisnis serta membuat uang dari internet.

Untuk memulai blog baru sebenarnya tidak lagi sulit. Bahkan mampu dikatakan hampir perdeo (tentu saja minus paket data internet atau langganan indihome Anda).

Memulai blog baru dengan platform blogger/ blogspot tanpa costum domain aku pastikan itu masih gratis.

Cukup daftarkan email google baru Anda, atau jika sudah punya tinggal masuk ke blogger.com, buat blog baru dan kemudian ikuti langkah selenjutnya. (selengkapnya dapat dilihat di: Langkah Praktis Membuat Blog Sendiri Secara Singkat).

Atau jika Anda ingin membuat blog yang terlihat lebih profesional dengan domain TLD, dan hosting sendiri dengan platform wordpress misalnya, kami merekomendasikan untuk menggunakan jasa layanan dari hostinger. Artikel lengkapnya lihat disini.

Hingga saat ini, nir terhitung jumlah blogger baru yang terjun pada bidang blogging ini. Lantaran seperti yang telah kami katakan, global blogging masih sangat menjanjikan buat menyebarkan bisnis & usaha serta menghasilkan uang berdasarkan internet.

Tetapi, kebanyakan dari blogger pemula "KALAH", dan berhenti ditengah jalan.

Banyak alasan yang membuat mereka berhenti ditengah jalan, sebelum mereka benar-sahih mencicipi manfaat & output dari blogging.

Saya pun mengalaminya.

Saya terjun kedunia blogging buat pertama kalinya bukan buat menyebarkan usaha aku , tetapi lebih kepada ingin mendapatkan uang menurut internet.

Ternyata mindset yang tertanam dibenak aku itu salah akbar.

Menghasilkan uang menurut internet dengan blogging itu ibaratnya merupakan reward, atau penghargaan atas apa yang kita berikan kepada pembaca.

Artinya, apabila konten kita bermanfaat & berguna buat orang lain (pembaca) maka uang akan tiba dengan sendirinya.

Tetapi tentu saja, nir tiba begitu saja, namun dilakukan dengan cara-cara yg sahih & yg sudah banyak diajarkan sang blogger-blogger senior yang sudah usang berkiprah didunia blogging.

Misalnya dengan sebagai publisher.

Bisa dengan menjadi publisher Google Adsense, MGID, Ad-Center, Ad-Now & lain sebagainya.

Atau bisa pula dengan menjadi afaliate atau berafaliasi dengan menawarkan produk berdasarkan toko-toko online akbar semacam amazon, dan lain sebagainya.

Intinya, buat membuat uang berdasarkan blogging itu banyak sekali jalannya.

Dan seluruh akan Anda ketahui menggunakan sendirinya sejalan dengan aktifnya anda didunia blogging itu sendiri.

Didalam artikel aku kali ini saya ingin membagikan beberapa kiat supaya blog Anda menjadi lebih baik lagi, & nir terputus dan berhenti ditengah jalan.

Tips blogging buat pemula ini ditujukan kepada Anda yg baru ingin memulai ngeblog, ataupun belum memulai sama sekali, dan bahkan mungkin jua akan berguna buat Anda yg telah usang ngeblog.

Karena menurut beberapa kiat & tips ngeblog buat pemula ini, bisa membuat perbedaan yang cukup besar dan berarti pada bisnis blogging Anda.

Tips Blogging buat Pemula Agar Blog Jadi Lebih Lebih Baik

1. Buat Rencana Sebelum Meluncurkan Blog

Perencanaan itu krusial. Karena bagaimana nanti & apa tujuan dan apa yg wajib Anda lakukan buat mencapai tujuan itu sudah Anda pikirkan sebelumnya, telah terdapat dalam buku catatan planning ngeblog Anda.

Misalnya, pertama Anda harus memikirkan terlebih dahulu nama domain yg akan Anda pilih. Lantaran nama domain ini adalah brand Anda nantinya. Anda akan mulai dikenal dari sini.

Buat nama domain yang unik, sederhana & gampang diingat serta bila sanggup tidak terlalu panjang.

Kemudian, Anda wajib memilih niche atau tema blog yg akan Anda angkat. Ini sangat krusial, karena dari pengalaman aku sendiri, apabila nir terdapat planning yg matang, ide dan pemikiran kita bisa berkembang kemana-mana ketika kita telah berada setengah jalan dalam ngeblog.

Lantaran itu, tentu kan niche atau tema blog Anda secara khusus, & fokus disana. Jadi walaupun nantinya inspirasi & pemikiran Anda berkembang, Anda permanen fokus pada satu niche saja, dan jikapun Anda menulis mengenai hal yang lain itu sanggup sebagai konten simpanan Anda, bila saja suatu ketika diperlukan.

Dua. Tentukan Platform Blog Anda

apabila Anda sahih-benar baru pada dunia blogging, kami menyarankan Anda untuk memakai platform yg perdeo dahulu, blogger/ blogspot contohnya.

Walaupun fitur & kemampuan yg diberikannya masih sangat terbatas jika dibandingkan menggunakan hosting sendiri, namun buat blogger pemula itu sudah lebih berdasarkan cukup, bahkan bisa dikatakan sangat indah malah.

Namun, saya permanen menyarankan untuk menggunakan domain TLD, atau costum domain, tidak menggunakan nama domain blogspot, lantaran domain TLD lebih terpercaya dan lebih terlihat bonafide dibandingkan subdomain blogspot.

Biaya yang Anda keluarkan buat membeli domain TLD pun tidaklah mahal, paling berkisar 130 ribu sampai 250 ribu per TAHUN.

Tetapi, jika Anda telah sangat tahu dunia blogging, & menguasai pemograman html atau web, database hosting & sebagainya, kami merekomendasikan Anda buat menggunakan hosting menurut Hostinger.

Tiga. Gunakan WordPress

apabila Anda memutuskan buat menggunakan hosting sendiri, maka kami menyarankan Anda menggunakan platform wordpress, karena hingga saat ini, wordpress merupakan platform blogging terbaik menggunakan banyak fitur dibandingkan Blogspot.

21 Tips Blogging Untuk Pemula

Bagaimana membuat blog menggunakan wordpress Anda mampu menuju & melihat artikel lengkapnya melalui link yang telah aku sebutkan diatas tadi.

4. Pilih Tema yang SEO friendly dan Fast Loading

Anda mampu mencari tema blog wordpress yg fast loading dan SEO friendly menggunakan mencarinya di internet. Ada banyak theme wordpress buat blog Anda, silahkan Anda eksplorasi & cari yg sinkron menggunakan harapan Anda.

Namun yang paling utama adalah pastikan bahwa tema blog Anda SEO Friendly dan Fast Loading.

Lima. Belajar SEO

Belajar SEO itu penting apabila Anda ingin membawa blog Anda ke tingkat berikutnya.

Anda tentu ingin blog Anda berada pada laman pertama hasil penelusuran google bukan?

Mendapatkan trafik organik menurut istilah kunci yg Anda targetkan.

Pasti, seluruh blogger mengharapkan ini. Bahkan nir sedikit blogger yg melakukan cara-cara curang agar blog nya mampu tampil dalam page pertama Google Search Engine.

Tetapi, tentu saja aku nir menyarankan hal ini. Lantaran teknik black SEO tidak akan bertahan usang, walaupun nantinya Anda berhasil menerima peringkat yang baik pada output penelusuran search engine, cepat atau lambat, blog Anda akan hilang pada aliran.

Jadi, belajar SEO, dalam hal ini white SEO.

Anda bisa memulainya disini (lihat: Tips SEO Terbaik untuk Pemula).

6. Jangan COPAS

Ingat, satu hal yang sangat dibenci sang Google dan pula blogger yg lain adalah COPAS (Copy Paste).

Jika Anda melakukan ini, dapat dipastikan Anda akan menjadi musuh bagi blogger-blogger lainnya, & dapat dipastikan jua Blog Anda akan pada banned sang Google.

Buatlah konten sendiri.

Jangan takut, jangan minder, jangan pernah beranggapan bahwa tulisan Anda itu jelek, kurang mengagumkan, & lain sebagainya.

Selama aku terjun kedunia blogging, saat saya membaca postingan-postingan awal saya, terkadang aku lucu sendiri, senyum-senyum sendiri.

Kok mampu aku menulis mengenai itu, menulis misalnya itu.

Namun, hingga kini , yg telah lebih berdasarkan satu tahun menjalankan blog awambicara ini, nir pernah terdapat orang atau pembaca yang membully goresan pena saya, dan karena itu, saya yakin Anda pun begitu.

Jangan takut buat menulis dan menyampaikan apa yang Anda pikirkan, karena setiap orang punya cara dan teknik sendiri dalam menyampaikan pemikiran lewat tulisan.

7. Jalin Hubungan Sesama Blogger

Buat jaringan yg kuat buat blog Anda. Buat halaman usaha facebook buat blog Anda, buat komunitas sendiri di Google , grup bisnis sendiri di Linkedin, & sebagainya.

Hal ini akan sangat membantu dan dapat menciptakan Anda sebagai dikenal sang global online.

8. Update Blog Anda Secara Teratur

Publish artikel atau update blog secara teratur bukan berarti Anda harus membuat artikel setiap harinya, Anda sanggup menjadwalnya.

Misalnya, 2 hari sekali satu artikel, atau 3 hari sekali satu artikel atau bahkan mampu juga satu minggu sekali satu artikel.

Yang pasti buat dan publish artikel Anda pada blog secara teratur.

Buatlah artikel yg disukai sang pembaca Anda. Walaupun terkadang ada blogger yg idealis, tetapi juga terkadang dia menulis sesuatu yg disukai pembacanya.

9. Berkomentar di Blog Lain

Perkenalkan diri Anda pada sesama blogger lainnya.

Mulailah menggunakan jalan berkomentar diblog lain.

Anda nir wajib meninggalkan "jejakdanquot; dengan meletakkan backlink blog Anda disana.

Cukup menggunakan nama Anda saja, apabila Anda aktif berkomentar & berinteraksi di kolom komentar blog lain, maka dengan sendirinya Anda akan mulai dikenal, dan orang akan tiba sendiri ke profil Anda dan dalam akhirnya melihat blog Anda.

Anda bisa meninggalkan backlink dikolom komentar blog lain, akan tetapi tidak melakukan SPAM.

Artinya, Anda berkomentar sinkron topik yg dibahas, & kemudian menaruh link atau tautan pulang ke blog Anda sendiri yang sesuai menggunakan topik yg dibahas.

10. Jangan Terlalu Berharap dan Bermimpi Besar

Berharap dan bermimpi boleh, nir terdapat yang melarang Anda. Tetapi jangan terlalu berharap dan terlalu bermimpi akbar.

Daripada Anda terlalu berharap dan bermimpi, akan lebih baik apabila Anda ciptakan TARGET realistis Anda.

Misalnya: Saya ngeblog awalnya nir berharap akan menghasilkan uang, tetapi seiring waktu & diterimanya aku sebagai publisher Adsense, aku tetapkan target bahwa yg krusial saya bisa membayar langganan paket Indihome aku .

Dan sehabis sasaran tercapai, saya menargetkan bahwa setiap bulan saya PO menurut Google Adsense.

Setelah saya berhasil mengejar target PO setiap bulan, saya menetapkan lagi target PO setiap bulan diatas gaji utama pekerjaan dunia nyata aku , & begitu seterusnya.

Saya menetapkan target, setahap demi setahap.

Kesalahan fatal menurut blogger Indonesia adalah "Ingin Cepat Kaya".

Blogger Indonesia yang kebanyakan menyerah & putus ditengah jalan adalah karena mereka berharap cepat kaya, berharap cepat menghasilkan uang, sehingga saat 2 tiga bulan tidak terlaksana, mereka berhenti, mereka menyerah.

Ingat, nir terdapat yg instan. Mie instan saja wajib dimasak terlebih dahulu, baru mampu dinikmati. Begitu pula dunia blogging, nir terdapat yang namanya sukses instan.

Jika Anda nir percaya silahkan baca pengalaman-pengalaman blogger senior Indonesia yg sudah berhasil.

Mereka mengalami berbagai halangan dan rintangan, sampai akhirnya mereka berhasil sekarang ini.

Intinya bermimpi boleh, tapi jangan terlalu bermimpi besar .

11. Tetaplah Menjadi Blogger yg Sederhana

Baik dalam bersikap, membalas komentar, berinteraksi menggunakan blogger lain atau pembaca.

Begitu juga menggunakan artikel dan tulisan Anda. Tetaplah sederhana.

Menulislah sesuai menggunakan apa yang Anda pikirkan. Menulislah buat manusia, buat pembaca, bukan buat search engine.

Lantaran hanya pembaca yg dapat membuat posting blog Anda menjadi viral, bukan Mesin Pencari.

12. Bersikap Baik Terhadap Pembaca Anda

Jangan sombong. Walaupun Anda sudah sebagai keliru satu blogger terkenal, tetaplah sederhana dan rendah hati.

Jika terdapat pembaca yg berkomentar dan bertanya diblog Anda, jawab mereka dengan santun, selesaikan kasus mereka, berikan mereka segala sesuatunya dengan gratis (apabila sanggup).

Kalaupun terdapat pembaca yang membully atau mencari-cari kesalahan Anda, ataupun sengaja menge-test Anda, jawablah mereka dengan santun, jangan kembali membully atau murka , jangan pula menjelek-jelekkan mereka.

Karena izin bagaimanapun juga, pembaca adalah raja. Kita terdapat lantaran mereka.

13. Blogging Tidak Bisa Sukses Dalam Semalam

Blogging membutuhkan proses, membutuhkan poly waktu, upaya dan kerja keras.

Seperti dalam tips kami angka 10, jangan terlalu bermimpi akbar, global blogging nir mampu sukses pada semalam.

Saya sendiri baru merasakan kenikmatan & menerima hasil sehabis satu tahun terjun kedalam dunia blogging.

Bahkan nir sedikit blogger yang baru sukses sesudah beberapa tahun.

Jadi, jangan terlalu bermimpi akbar, permanen penekanan pada sasaran pertama Anda, & ngebloglah dengan hati.

14. Jangan Bebani Blog Anda menggunakan Widget

Mengapa hal ini aku masukkan? Karena aku dulu pula seperti ini.

Semangat ngblog yg menggebu-gebu, membuat aku tak jarang berganti-ganti templates, menciptakan saya sering dan poly menggunakan widget.

Widget Facebook, Twitter, Instagram, dan sebagainya.

21 Tips Blogging Untuk Pemula

Memang menciptakan tampilan blog aku terlihat manis dan ramai.

Namun sebenarnya terlihat sangat kacau.

Apabila dicermati menurut desktop memang terlihat manis dan ramai, tetapi bila dibuka pada versi mobile maka akan terlalu berat loadingnya, & membuat pembaca cepat meninggalkan blog kita.

15. Buat Blog Anda SEO Friendly

Gunakan tema premium. Paling Anda hanya perlu mengeluarkan kapital lebih kurang 100 sampai 200 ribu saja, buat mendapatkan templates premium yang SEO Friendly.

Tetapi apabila Anda pakar coding & programmer, maka menciptakan templates sendiri yg SEO Friendly akan sangat lebih baik lagi. Bahkan Anda bisa menjualnya & mendapatkan uang dari sana.

16. Menulis di Blog Tamu

Promosikan & perkenalkan blog Anda menggunakan menjadi penulis tamu diblog lain. Banyak blogger lain yg sudah cukup terkenal memberikan ruang buat "guest post".

17. Tanyakan Pendapat Tentang Blog Anda menurut Pembaca

Balas setiap komentar pada blog Anda. Ini krusial!

Tanya pendapat mereka, apa yang dirasa kurang, apa yg harus diperbaiki & ditambahkan pada postingan blog Anda.

Dengan begitu, Anda telah menjalin sebuah interaksi yang erat antara anda dan pembaca blog Anda.

Mengetahui bagaimana tanggapan dan saran dari pembaca, adalah sebuah cara menaikkan kemampuan blogging Anda, menggunakan begitu perlahan tetapi niscaya Anda berada dalam level berikutnya dalam dunia blogging.

18. Jangan Menggunakan Gambar Orang Lain

Ingat, hal ini berlaku sama menggunakan konten atau artikel yg copas.

Bahkan, pinalti yang diberikan Google buat blog yg mengambil gambar orang lain tanpa biar sangat keras.

Anda sanggup menggunakan gambar orang lain, tetapi tentu saja dengan seizin pemilik gambar, & menaruh kredit pada pemiliknya.

Tetapi, bila Anda merasa itu kurang kondusif pula, Anda sanggup menerima dan memakai gambar yang dibagikan secara gratis pada internet.

Saya sendiri melakukan itu.

Saya merogoh dan memakai gambar berdasarkan Pixabay.

19. Kualitas bukan Kuantitas

Tulis konten yg luar biasa dan artikel yang lebih jelasnya.

Mengapa tersebut aku mengatakan Anda bisa saja menciptakan atau mempublish artikel 2 hari sekali, 3 hari sekali atau bahkan seminggu sekali asalkan rutin dan teratur, bukan mengatakannya setiap hari.

Karena aku disini menekankan Anda buat menciptakan konten yang berkualitas, bukan membuat konten yg poly (kuantitas).

20. Subscribes Blog Lain yg se-niche dengan Anda.

Jangan hanya fokus pada blog Anda sendiri, tapi penekanan juga pada blog lain.

Apabila Anda mengikuti & melakukan ini, maka blog Anda akan berhasil dalam ketika singkat.

Karena sanggup jadi blog yg Anda subscribes akan ikut mensubscribes dan mempromosikan blog Anda.

Dan dengan mengikuti blog lain, yang seniche dengan blog Anda besar kemungkinan Anda akan menerima pandangan baru-wangsit baru yg fresh yg mampu Anda tulis dan publish pada blog Anda sendiri.

21. Jangan Berhenti Nge-Blog

Tips terakhir berdasarkan saya, namun bukan paling akhir.

Jangan berhenti ngeblog jika blog Anda belum cukup membentuk uang.

Ingatlah, jangan jadikan blogging menjadi penghasilan utama Anda, namun jadikanlah menjadi penghasilan tambahan dan hobi Anda.

Apabila Anda berorientasi dalam penghasilan, maka waktu blog Anda belum jua menghasilkan seperti yang Anda harapkan, maka Anda akan cepat menyerah, Anda akan cepat putus asa.

Alih-alih menjadikan blog menjadi wahana menghasilkan uang, mengapa tidak jadikan blog sebagai wahana buat belajar.

Mempelajari hal-hal baru buat menciptakan merk nama Anda sendiri. Dan menciptakan blog Anda sebagai sarana buat membantu orang lain bukan buat membuat uang.

Begitulah yang aku tanamkan dalam diri saya sendiri, waktu saya menetapkan buat kembali ngeblog.

Saya ingin membantu orang lain. Hal ini karena dalam dunia nyata, didunia kerja saya, aku seringkali mendapati rakyat kebingungan bila berhubugan menggunakan aturan dan keadilan.

Karena itu, saya menciptakan blog ini.

Saya ingin membantu rakyat bagaimana cara berhadapan dengan aturan. Bagaimana cara beracara di pengadilan. Bagaimana cara mengajukan gugatan, permohonan & lain sebagainya.

Niatnya hanya ingin membantu, dan memberikan pembelajaran mengenai hukum di Indonesia.

Selain itu, ingat buat menambahkan page di blog Anda yg menyebutkan mengenai blog Anda. Halaman kontak dimana pembaca bisa menghubungi Anda, dan halaman tentang privacy policy nya.

Karena semua laman itu penting, dengan adanya page itu, pembaca memahami bahwa blog Anda merupakan blog yg professional & blog yg benar-benar dikelola secara serius oleh Anda.

Apabila Anda, menginginkan lebih banyak Tips Blogging buat Pemula, jangan lupa berlangganan blog awambicara ini. Cukup tambahkan alamat email Anda pada bawah ini, & dapatkan pembaruan eksklusif, asal daya & kiat blogging terbaik untuk pemula eksklusif pada kotak masuk email Anda. (No Spam, Saya Janji!).

Bagaimana menurut Anda? Apakah terdapat yg terlewatkan menurut aku tentang tips blogging buat pemula ini?

Dan Tips blogging buat pemula angka berapa yg paling Anda sukai? Tinggalkan kesan dan komentar Anda dikolom komentar awambicara ini.

Jika Anda memiliki tambahan tips blogging untuk pemula yang lain, silahkan bagikan dikolom komentar kami.

Terakhir, ingat untuk memberikan posting ini lantaran bisa jadi sahabat dan kerabat Anda menyukai & terbantu dengan tips blogging pemula dari aku . Sukses buat Anda!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2