200 Hari di Ruang Angkasa, 3 Astronot Ungkap Keadaan Bumi Semenjak Diserang Virus Corona

Loading...

Loading...

Para astronot berada di ruang angkasa selama ratusan hari. Mereka terkejut bahwa dunia telah berubah lantaran virus Corona.

Seperti dilansir CNN, sebelum berangkat ke luar angkasa, 3 astronot bernama Jessica Meir, Andrew Morgan & Oleg Skripochka situasi bumi masih jauh menurut Corona. Pesta-pesta meriah masih digelar, konser-konser marak dilaksanakan, berjabat tangan jadi hal yg biasa dan belum terdapat yang berbicara sedikitpun tentang virus Corona.

Selama lebih menurut 200 hari mereka menghabiskan saat pada luar angkasa. Mereka pulang ke bumi Jumat (17/04).

Beberapa hari sebelum mendarat, galat satu astronot, Jessica Meir menunjukkan foto suatu danau di bumi. Dia pun merasa tak tabah untuk cepat hingga.

"Danau Balkhash #Kazakhtastan tidak terlalu jauh berdasarkan loka kita mendarat di #Soyuz pada hari Jumat... Melamun mengenai bagaimana cita rasanya karam dalam air lagi.. #EarthArt,

Dalam konferensi pers, Meir dan Morgan berkata bahwa mereka mengikuti perkembangan virus pada Bumi. Tetapi tak menyangka dampak virus Corona akan begitu akbar.

"Kita dapat menonton keterangan di sini & kami sudah berbicara menggunakan teman & famili buat coba gambarkan, tapi berdasarkan atas sulit buat tahu apa yg telah terjadi dan bagaimana hayati akan tidak selaras waktu kita pulang," ungkapnya.

Morgan yang dipilih sang NASA menjadi astronot dalam 2013. Dia jua berprofesi menjadi dokter darurat dengan Angkatan Darat Alaihi Salam.

"Sebagai dokter darurat, saya memahami bagaimana cita rasanya berada pada tempat tinggal sakit atau menjadi barisan depan tempat tinggal sakit," kata Morgan.

"Saya sangat bangga sebagai galat satu bagian menurut profesi ini. Namun pada waktu yg sama, saya merasa bersalah lantaran harus terpisah dengan mereka di waktu seperti ini," tambah Morgan.

Protokol NASA melakukan inspeksi kesehatan kepada astronot yang tiba pada bumi. Para dokter & tim NASA lainnya membantu para astronot mengikuti keadaan pulang menggunakan gravitasi bumi. Pada minggu-minggu selesainya pendaratan pun kesehatan mereka terus dipantau. Prosedur pemeriksaan kesehatan pun akan dilakukan lebih luas mengingat virus Corona sedang berkeliaran.

"NASA akan mematuhi rekomendasi CDC tentang pengendalian infeksi untuk virus Corona ketika Andrew Morgan & Jessica Meir balik ke Bumi & memulai pengujian medis pasca penerbangan dan periode adaptasi," kata juru bicara NASA, Courtney Beasley.

Segala imbauan pun diberikan kepada para astronot, seperti menjaga jeda sosial, menekankan kebersihan tangan, & menyarankan anggota tim NASA yang sakit buat permanen di rumah dan membatasi hubungan dengan anggota kru.

Sumber :travel.detik.com

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2