Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula

Dalam dunia blogging, hampir semua blogger pasti mengetahui apa itu SEO, jadi aku nir harus menjelaskan lagi apa yang dimaksud dengan SEO itu.

Pada dasarnya SEO mampu dikatakan sangat penting pada perkembangan berdasarkan Blog/ Situs kita.

Karena biar bagaimanapun, artikel berdasarkan blog yg kita posting pastinya dibaca terlebih dahulu sang Robot Mesin Telusur atau Search Engine.

Yang walaupun lalu nantinya, perkembangan menurut artikel yg kita posting akan bertahan lama atau tidak di peringkat atas hasil pencarian search engine tergantung menurut hasil "user exsperience".

Artinya jika artikel kita berguna dan mempunyai nilai lebih bagi pembaca atau pemirsa, serta taraf bounch rate yg rendah berarti artikel menurut blog kita mempunyai user experience yang baik, dan niscaya akan kuat bertahan di SERP atau Search Engine Rank Page (peringkat output pencarian search engine).

Panduan Praktik Teknik Dasar SEO Terbaik untuk Pemula

Dasar-dasar SEO

Tetapi demikian, nir semua blogger memperhatikan atau peduli dengan SEO, bahkan terdapat blogger yg anti SEO, karena menurut pendapat mereka SEO itu sangat memusingkan dan terlalu banyak ketidakpastian.

Dan lagi menurut pengalaman mereka tanpa memperhatikan & mempraktekkan teknik-teknik SEO kedalam postingan blog mereka, tetap saja artikel yg mereka posting berada di peringkat atas dihasil pencarian search engine terkemuka semisal Google, Bing, Yandex & sebagainya.

Namun, walaupun demikian apabila kita ingin perkembangan blog kita semakin meningkat setiap waktunya serta memiliki reputasi serta peringkat yang baik pada Search Engine, setidaknya kita wajib mengetahui teknik dasar dari SEO.

Sehingga dalam prakteknya nanti, waktu kita menciptakan sebuah postingan blog, kita tidak lagi berasal untuk & dari posting. Lantaran SEO berkembang seiring perkembangan berdasarkan Algoritma Search Engine itu sendiri.

Dalam hal ini, saya bukanlah orang yg tidak/ atau anti atas SEO dan jua bukan lah orang yg selalu memperhatikan SEO juga. Saya belajar SEO sejalan dengan perkembangan blog aku .

Pertama kali saya mendalami dunia Blogging, aku sama sekali nir mengetahui apa itu SEO, namun seiring perkembangan blog ini, sedikit-sedikit aku mulai memahaminya.

Bahwa teknik dasar berdasarkan SEO memang sangat krusial & harus diketahui sang seseorang Blogger Pemula seperti saya, & untuk tahap selanjutnya bisa kita pelajari seiring menggunakan perkembangan blog kita nantinya.

Dalam membuat sebuah postingan blog, kita wajib selalu merancang terlebih dahulu konten yang akan kita buat, lalu lalu baru kita praktik teknik dasar menurut SEO tersebut.

Apa yang akan aku bagikan ini, adalah dari apa yg aku pelajari selama saya menggeluti dunia Blogging, dan mungkin panduan yang nanti akan aku sampaikan mungkin impak yg dihasilkannya nir terlalu besar atau cepat seperti yang kita harapkan.

Yakni peringkat blog kita secara individu, karena dalam dasarnya mesin telusur ternama semacam Google, memakai lebih berdasarkan 200 faktor dalam memberi peringkat dalam sebuah situs web/ blog bahkan bertambah semakin cepat dan semakin poly lagi.

Peringkat postingan blog kita akan sangat berpengaruh menurut jumlah visitor yg akan berkunjung ke blog kita nantinya.

Sehingga semakin baik teknik SEO yg kita terapkan maka semakin baik jua posisi SERP kita pada search engine, & tentu saja akan semakin semakin tinggi pula jumlah visitor yang akan mengunjungi blog kita.

Dan dalam akhirnya akan menaikkan penghasilan kita baik menurut hasil penjualan produk secara langsung maupun menurut output monetisasi blog itu sendiri. Jadi, yuk kita mulai!

Panduan Dasar Praktek Teknik SEO Terbaik Untuk Pemula:

Mempersiapkan Konten/ Artikel Postingan yang Baik

Setiap halaman postingan yg akan kita optimalkan harus mempunyai sasaran kata kunci (keyword), & setiap kata kunci/ keyword yg kita pilih harus mewakili page khusus yg dioptimalkan darinya.

Halaman postingan blog/ konten yg secara khusus kita fokuskan dan dedikasikan dalam suatu topik yg sama.

Lantaran Search Engine tidak memberikan & memilih peringkat situs web/ blog menurut nama situs atau keseluruhan situs/ blog kita, akan namun memberi peringkat pada laman artilel atau konten postingan blog.

Jadi, pastikan kita memiliki satu laman buat konten postingan per topik yang penekanan dalam grup istilah kunci/ keyword eksklusif dalam topik tadi.

Setiap halaman yg akan kita optimalkan harus mempunyai kata kunci yg gampang, & setiap istilah kunci yang kita pilih wajib mempunyai artikel atau konten postingan spesifik yg dioptimalkan menurut keyword tadi

Pada waktu menciptakan sebuah konten/ artikel, buatlah terlebih dahulu di Notepad atau Word Processor.

Tulislah artikel anda sesuai dengan apa yang anda kuasai & sukai, dan fokuslah pada pemirsa/ pembaca anda.

Dengan istilah lain, lupakan terlebih dahulu teknik SEO, jangan terlalu penekanan pada SEO, namun fokus lah dalam pembaca.

Buatlah konten/ artikel yang terbaik buat menciptakan halaman postingan yg memberikan informasi yg indah, memiliki nilai lebih dan berguna bagi pembaca mengenai topik yang akan anda bahas.

Luangkan saat anda dengan membuat sedikit studi masalah, menggunakan cara membaca & meneliti blog atau situs lain yang membahas topik yang serupa dengan anda, yg berada di peringkat teratas search engine.

Posisikan diri anda menjadi sebuah Robot Mesin Pencari (Robot Google), yg pada hal ini membaca konten/ artikel sebuah postingan menggunakan prosedur pemecahan yg telah ditanamkan pada robot search engine tadi.

Yang artinya, teliti & ketahui bagaimana sebuah mesin pencari (google search engine) membaca dan menampilkan hasil pencarian di mesin pencari.

Kemudian periksa detail dari halaman postingan artikel blog yang se topik menggunakan yg akan kita buat yang ditampilkan menurut output pencari google tersebut. Seperti:

  • Judul Postingan
  • URL Postingan/ URL Artikel nya
  • Deskripsi dari postingan nya, dan sebagainya.

Setelah melihat lebih jelasnya postingan blog dari output pencarian google yg setopik dengan kita, lalu kita bisa menaikkan konten/ artikel kita menggunakan memberikan beberapa kutipan atau tambahan didalam artikel/ konten dengan memperhatikan:

  1. Tren saat ini
  2. Studi kasus
  3. Kutipan dari pakar
  4. Ulasan atau materi lain yang akan membantu mendukung isi atau pesan dari konten/ artikel kita nantinya.

Jadi pertama kali pada menciptakan sebuah artikel/ konten, fokuslah dalam pembaca, lalu lihat situs/ blog lain yg berada pada peringkat pertama output pencarian google yang setopik menggunakan kita, lalu teliti & pelajari detail output pencarian google search engine, dan menambahkan kutipan-kutipan yg akan membantu dan mendukung isi atau pesan dari konten/ artikel yang kita posting.

Jangan terlalu fokus dalam SEO. Fokus pada pembaca dan lalu cari cara buat mengoptimalkan konten Anda

Setelah selesai menciptakan sebuah konten/ artikel, dan melakukan penelitian dan studi masalah terhadap topik artikel yg kita buat dengan melihat artikel berdasarkan blog lain yang se topik dengan kita dan tanpa memperhatikan SEO terlebih dahulu akan tetapi lebih memperhatikan cita-cita dan kebutuhan menurut pembaca, baru lalu fokus pada teknik dasar SEO. Yakni:

Tag Header

Tag Header (<h1>, <h2>, <h3>, dan seterusnya) harus digunakan sebagai penanda dan pemisah dari konten/ artikel postingan blog kita.

Yang terutama adalah Tag <h1>, yang harus digunakan untuk semua judul halaman dan yang terpenting adalah sangat penting untuk dimasukkan kata kunci target artikel untuk postingan blog tersebut.

Namun untuk tag Judul <h1> ini di templates-templates sekarang yang banyak dijual, apalagi templates blog yang responsif, mobile friendly dan telah SEO Friendly telah membuat judul dari postingan kita menjadi tag header/ judul <h1> secara otomatis.

Kita tinggal menanamkan kata kunci (keyword/ kw) sasaran buat postingan artikel kita saja pada judul postinga. Tetapi, walaupun demikian, kita cukup menanamkan hanya satu kali saja.

Lalu kemudian di dalam artikel, sub judul dan sub sub judul lainnya kita bisa memasukkan tag <h2> dan <h3> dan seterusnya.

Seperti dalam artikel ini, untuk sub judul diatas yakni "Panduan Dasar Praktek SEO Terbaik Untuk Pemula:" saya menggunakan tag <h2> dan untuk sub judul "Mempersiapkan Artikel Postingan yang Baik" saya menggunakan tag <h3> begitu juga dengan sub judul Tag Header.

Kita  bisa menyertakan beberapa kata kunci turunan dari kata kunci target utama kita, namun jangan sampai berlebihan, karena algoritma google yang sekarang akan menganggap sebuah artikel yang didalamnya terdapat banyak kata kunci yang sama, akan dianggap sebagai SPAM.

Anda mampu memakai sajian berdasarkan Blogger.Com yakni:

Teknik dasar SEO untuk pemula

  1. Heading (tag <h2>)
  2. Sub heading (tag <h3>)
  3. Minor Heading (tag <h4>)
  4. Normal

Untuk sub-sub judul konten/ artikel postingan blog kita.

Buat Tag TITLE yg Efektif & Bernuansa Clickbait

Tag judul konten/ artikel postingan(<title>) sama pentingnya bagi robot mesin pencari dan juga pengunjung/ pemirsa situs web/ blog.

Lantaran Judul Artikel Postingan ini lah yg ditampilkan di hasil pencarian browser pengguna, & yang disimpan waktu mem bookmark page postingan dan yg ditampilkan di hasil pencarian. Mesin pencari pula melihat judul buat memilih subjek berdasarkan postingan blog.

Untuk memaksimalkan praktek dasar SEO Tag Title atau Judul Postingan, lakukan hal-hal berikut:

1. Letakkan kata kunci/ keyword target penting di awal judul. Mesin pencari akan menentukan nya untuk menerima peringkat & akan menampilkan kata kunci tersebut yg tulisannya ditebalkan (bold) di hasil pencarian.

Dua. Gunakan Nama Merk Blog/ Branding Blog pada judul. Hal ini dilakukan dengan maksud membuat/ membentuk branding dari blog kita supaya mudah diingat sang user/ pengguna sebagai akibatnya memudahkan pengguna buat balik lagi ke blog kita. Dengan begitu, akan dapat mempertinggi pengunjung dari blog kita, karena mereka telah mengenali merek kita. Selain memudahkan pengunjung/ pemerisa mengingat nama blog kita, pula akan menaikkan reputasi dari blog kita, lantaran pengguna jika mencari di mesin pencarian, cukup dengan mengetik keyword dari merk/ brand/ Judul saja. Seperti contohnya Awam Bicara ini, didalam hasil laporan google analytic, dalam satu hari pada google search engine terdapat beberapa kali hasil pencarian menggunakan istilah kunci "Awam Bicaradanquot;.

3. Perlakukan judul menjadi ajakan bertindak (clickbait). Buatlah judul Artikel postingan blog kita lebih deskriptif & lebih menarik lagi. Bahkan sebisa mungkin "gelitikdanquot; rasa ingin memahami (kepo) berdasarkan pengguna/ user untuk mengetahui lebih lanjut menurut artikel atau postingan blog kita. Namun, sekali lagi disini jangan hingga kita membuat judul yg bertentangan dengan isi artikel, selain jelek buat SEO dan Search Engine, pula buruk buat user experience, yg terjadi malah situs/ blog kita akan menerima reputasi tidak baik, & akan menaikkan bounce rate atau rasio pentalan berdasarkan blog kita.

4. Jaga supaya judul Anda permanen pendek. Judul harus tidak lebih berdasarkan 60-75 karakter (kurang lebih 10-15 kata). Karena mesin pencari akan memotong judul yg mempunyai panjang lebih berdasarkan 60-75 karakter. Sebagian akbar Sistem Manajemen Konten akan membuat tag judul secara default, namun kita dapat memodifikasinya. Sesuaikan judul buat seluruh halaman postingan berdasarkan blog menggunakan isi dari konten/ artikel.

Tip untuk tag <title>: Tempatkan kata kunci penting di bagian awal judul, gunakan nama merek/ membranding nama blog, pendek, dan tetap selaras serta menggambarkan isi artikel/ konten postingan blog/ web.

Membuat Meta Deskripsi

Pada mulanya, Meta tag atau Meta Deskripsi, dibentuk untuk membantu mesin pencari menyediakan segala macam informasi tentang konten/ artikel postingan blog/ web.

Tetapi, kini search engine nir lagi mengutamakan sebagian besar berdasarkan meta deskripsi ini.

Misalnya, Meta Tag Keyword/ Meta Keyword kini tidak lagi sebagai faktor yg digunakan sang google search engine dalam menentukan peringkat sebuah konten postingan blog.

Bahkan sebenarnya, dengan memberikan Meta Keyword berarti kita menaruh liputan mengenai istilah kunci/ keyword target blog/ web kita pada web/ blog saingan kita.

Memang terdapat sebagian akbar blogger yg beranggapan bahwa menaruh meta keyword masih sangat relevan dan bermanfaat buat mempertinggi peringkat menurut blog/ situs web pada hasil pencarian google.

Namun google sendiri telah menyatakan bahwa pemberian meta keyword disebuah blog/ situs web nir lagi berpengaruh terhadap output pencarian pada google search engine.

Yang masih mempunyai kiprah krusial dan impak besar terhadap peringkat output pencarian menurut google search engine sekarang ini hanyalah Meta Deskripsi.

Memberikan meta pelukisan didalam setiap postingan blog akan berpengaruh terhadap user experience (pengalaman pengguna), dan lebih mendorong pengguna untuk meng klik blog/ situs web kita, karena dari Meta Deskripsi yg ditampilkan pada hasil pencarian google search engine, yg mana meta pelukisan ini akan ditampilkan tepat dibawah judul berdasarkan artikel postingan berdasarkan blog/ situs web.

Uraian page postingan blog/ situs web yg kita buat pada Meta Deskripsi akan ditampilkan di bawah judul page postingan, dan sama halnya dengan tag judul misalnya yang dibahas diatas, mesin pencari/ google search engine akan menyoroti kata kunci yang diketik pengguna dengan menciptakan goresan pena dari istilah kunci yg diketik pengguna dicetak tebal (Bold) di hasil pencarian.

Demi mendapatkan hasil terbaik di peringkat search engine dan meningkatkan pageview dari pengguna, buatlah deskripsi Meta yang menarik dengan menggunakan prinsip yang sama seperti pembahasan pembuatan tag judul <title> diatas, dengan panjang kalimat 150-160 karakter dan dengan menyisipkan kata kunci target serta turunannya, namun sekali lagi jangan sampai berlebihan, berpikirlah bahwa anda seorang user, dan robot mesin pencari maka meta deskripsi yang dibuat harus benar-benar menyampaikan ringkasan dari isi artikel postingan dari blog/ situs web anda. Selain itu, hindari menggunakan tag Meta duplikat.

Gunakan atribut ALT & TITLE pada gambar postingan

Jika Anda menempatkan diri anda sebagai user, dan anda sedang membaca sebuah artikel tentang iPhone X atau Samsung S9 yg baru dan menemukan gambar rupawan berdasarkan iPhone X dan Samsung S9 menggunakan tampilan yang futuristik dan menarik, anda tahu bahwa itulah gambar menurut iPhone X & Samsung S9 keluaran terkini.

Dalam hal ini anda atau user adalah seseorang manusia, yang menggunakan hanya melihat gambar saja telah mengenal dan mengetahuinya.

Tetapi nir bagi robot mesin telusur (search engine), robot google search engine nir melihat gambar misalnya halnya kita melihat gambar dalam sebuah postingan blog, robot search engine mengandalkan atribut ALT & TITLE yang menggambarkan rincian & penjelasan tentang gambar tadi.

Dengan memakai atribut ALT dan TITLE "iPhone X Terbaru 2018" "New Samsung S9danquot;, dalam dasarnya adalah Anda memberitahukan kepada robot mesin telusur (robot search engine google) tentang tentang gambar itu.

Atribut ALT & TITLE gambar adalah merupakan salah satu loka yang baik buat anda tanamkan istilah kunci/ keyword target anda.

Buatlah ALT dan TITLE dalam gambar dengan lebih naratif, teliti & seksama. Hal ini tidak hanya dapat membantu pencarian blog oleh pengguna/ konsumen, tetapi ini jua akan sangat bermanfaat pada hal gambar Anda dapat dicari pada pencarian gambar, yg dalam akhirnya akan membuat kemudian lintas atau traffik yang tinggi.

Lantaran itu, selalu pakai atribut ALT & TITLE untuk gambar penting pada situs Web/ blog Anda, lantaran selain ramah dan disukai robot search engine google, juga sangat SEO friendly & adalah teknik dasar SEO bagi seseorang blogger pemula.

Buat URL yang user & SEO Friendly

Seperti halnya dalam menciptakan judul artikel postingan & meta pelukisan, URL (atau alamat web) postingan sangat krusial dalam praktek dasar teknik SEO buat pemula. Lantaran, URL Postingan Blog muncul dibanyak loka, seperti:

  1. Pada halaman hasil pencarian google yang terletak diantara judul dan deskripsi.
  2. Dibilah URL browser
  3. Sebagai postingan blog rujukan dari seseorang (contohnya: dalam e-mail)
  4. Saat anda share ke media-media sosial.

Membuat URL yang user dan SEO frienly (Ramah bagi pengguna, dan SEO) adalah sebuah praktik yang baik buat menciptakan URL Postingan Blog yg rapih dan naratif.

Memberikan pengguna pemahaman yg baik tentang isi berdasarkan postingan blog kita tanpa sahih-sahih harus mengunjungi halaman postingan blog tersebut.

URL yang rapih, higienis & deskriptif pula menyiratkan struktur situs web/ blog Anda. URL terbaik merupakan URL yang memungkinkan pengguna memprediksi isi konten

(contoh: https://www.Awambicara.Id/2017/12/tips-seo-terbaik-pemula.Html).

Sedapat mungkin, buatlah URL postingan blog anda sesingkat mungkin, selain mudah terbaca sang pengguna karena dihasil pencarian google nir terpotong atau tertutupi, pula akan lebih mudah buat dibagikan/ share pada pesan singat (SMS), Messenger misalnya Whatsapp, BBM, Line, email, & yang paling krusial buat dibagikan di media-media sosial.

Dalam membuat URL Postingan Blog, sematkan istilah kunci/ keyword sasaran anda, tetapi sekali lagi misalnya yang dibahas sebelumnya, jangan hiperbola, agar terlihat alami/ natural, lantaran bila kata kunci yg disematkan hiperbola maka akan memicu filter spam.

Terakhir, dalam menciptakan URL postingan blog, sisihkan istilah dari URL postingan blog dengan tanda hubung (-), hindari penggunaan garis bawah ( _ ), & karakter-karakter lainnya. Sebagian akbar CMS membuat URL postingan blog baru secara otomatis, tetapi kita sanggup memodifikasinya, supaya lebih user friendly, SEO friendly & lebih pendek.

Jika anda menggunakan wordpress, fitur ini yakni mengubah URL postingan blog adalah fitur lanjutan atau fitur premium, yg baru bisa digunakan jika kita membayar buat memakai fitur ini, tetapi bagi yang menggunakan hosting blogspot, fitur ini dapat diakses & digunakan secara GRATIS.

Tetapkan Tautan Internal (Internal Link)

Taktik ini dibuat untuk menaikkan peringkat laman postingan eksklusif dengan menaruh rujukan kepada pengguna ke laman postingan lain, akan tetapi masih dalam page blog kita sendiri.

Dalam menciptakan sebuah tautan internal, haruslah adalah link keluar yang relevan, yang sinkron menggunakan artikel yg kita bahas.

Artinya menaruh sebuah acum link keluar yg walaupun masih pada blog/ web kita sendiri namun harus tetap masih berhubungan dengan artikel dari perujuk. Sebagai catatan, strategi ini nir menambahkan dapat dipercaya, tapi hanya mentransfernya saja.

Hal ini bekerja menggunakan menautkan postingan blog terkait menggunakan tautan kontekstual yaitu, merujuk dalam page postingan "target" menurut laman "donordanquot; di dalam badan artikel. Anda mampu melakukan ini menggunakan empat langkah gampang:

Tentukan Halaman Postingan Donor

Kunci taktik ini adalah menemukan page postingan yg ingin Anda tautkan. Halaman postingan yg ingin Anda tautkan (page postingan donor) merupakan halaman yang paling seringkali dihubungkan berdasarkan situs-situs lain.

Tentukan Target Pages

Langkah selanjutnya merupakan mencari laman postingan yang ingin Anda linkkan (halaman postingan sasaran). Halaman-page postingan yang membutuhkan kredibilitas link paling banyak merupakan page postingan yg "hampir masuk peringkat pertamadanquot; dalam hasil pencarian & memerlukan tambahan "dorongan" buat sampai ke peringkat atau page pertama hasil pencarian.

Buat Link

Setelah siap buat menautkan halaman postingan, Anda harus membuat tautan di dalam teks halaman postingan menggunakan memakai kata kunci/ keyword yang paling menggambarkan subjek atau isi menurut laman postingan yg sedang Anda tautkan.

Ingat, Anda terhubung agar sanggup melewati kredibilitas link.

Dalam contoh ini, tautan buat "kredibilitas tautan" digunakan secara kontekstual.

Ini serius pada kata kunci target & harus ditetapkan ke halaman lain di situs Anda yg berisi subjek ini.

Apabila Anda menghubungkan dari lebih berdasarkan satu page donor, gunakan istilah kunci yg tidak sinkron dan campurkanlah.

Jangan Membuat Internal Link yang Berlebihan

Gunakan interaksi internal link sebaik & sehemat mungkin, dan jangan hiperbola.

Tautan Internal (Internal Link) paling poly dibuat pada suatu laman postingan blog merupakan lima-6 tautan, yang pada hal ini tautan buat navigasi nir masuk hitungan.

Serta anda harus acapkali menyelidiki kesehatan internal link halaman postingan anda, jangan sampai anda menautkan link yg rusak baik internal maupun eksternal, lantaran hal ini sangat buruk buat SEO.

Untuk itu, praktek dasar SEO terbaik adalah anda secara teratur wajib mempelajari situs web atau blog anda dengan sangat cermat dan teliti, tentang tautan yg rusak & segera memperbaikinya.

Anda mampu menggunakan banyak sekali tool-tool yg terbesar di internet, bagaimana cara mencari dan menyelidiki tautan internal dan eksternal link yang rusak.

Anchor Text di Links

Tautan ke situs web Anda & juga tautan internal sangat bagus buat SEO karena mereka mentransfer popularitas tautan.

Dan keliru satu yg sangat berperan penting dan yang banyak menciptakan perbedaan merupakan anchor text berdasarkan link tadi.

Teks jangkar adalah teks yg terlihat pada pada tautan yg mengungkapkan konten yg ditautkan.

Misalnya, anchor text, 11+1 Tips SEO Terbaik Untuk Blogger Pemula, jelas menggambarkan isi halaman yang terhubung.

Begitulah cara search engine melihatnya, jadi pakai jangkar atau Anchor Text yg deskriptif & sertakan istilah kunci/ keyword sasaran Anda, ini lebih baik buat Praktek Dasar Teknik SEO buat pemula menurut pada memakai Anchor Text "klik di sini" atau "baca lebih lanjutdanquot; & sebagainya.

Membuat tautan/ link internal atau eksternal yg menyertakan kata kunci target sangat baik dalam Praktek Dasar Teknik SEO bagi Pemula, namun sekali lagi dalam menerapkan SEO jangan hiperbola.

Memiliki terlalu banyak tautan keluar dengan Anchor Text menggunakan istilah kunci yang sama akan terlihat "spamdanquot; dan bisa dipercaya "tidak alami/ natural."

Sebagai gantinya, gunakan kreativitas anda bahkan terkadang anda sanggup nir mengikut sertakan kata kunci/ keyword sasaran.

Mengubah Konten Lama sebagai Magnet Tautan

Terkadang kebanyakan para blogger lebih memfokuskan usaha penerapan SEO pada posting blog terkini mereka.

Mereka mempromosikan konten di media-media sosial selama beberapa hari dan kemudian lalu beralih ke topik konten.

Strategi ini memang tidak keliru dan baik buat dilakukan, tetapi masalahnya adalah mungkin diperlukan ketika lebih lama dari apa yg kita harapkan.

Terkadang aku pun acapkali lupa akan hal ini, bahwa SEO merupakan suatu proses yang membutuhkan waktu, kerja, eksperimen & pengukuran, dan sering mengabaikan usaha SEO yang diterapkan dalam postingan-postingan lama .

Dengan mengabaikan usaha SEO dalam posting lama , berarti kita sudah mencegah diri kita untuk merogoh potensi yang terpendam didalam praktek teknik SEO pada postingan-postingan usang kita.

Jadi bagaimanakah cara buat memanfaatkannya teknik SEO dalam posting lama ?

Caranya adalah menggunakan membuat magnet link.

Link magnet melibatkan pembuatan konten yang dirancang buat mendorong orang lain buat menautkannya dari situs-situs lain.

Teorinya terdengar gampang & rupawan, namun bagaimana cara membuat orang lain buat melakukannya dengan menautkan postingan lama kita kedalam situs-situs lain, atau menautkan postingan usang kita kedalam postingan baru untuk menaikkan peringkat postingan, itu yg tidak gampang.

Untuk mewujudkan itu, kita sanggup melakukan 5 langkah berikut:

1. Pertama, kenali terlebih dahulu postingan yg memiliki potensi paling SEO.

Postingan ini merupakan postingan yang dekat dengan laman pertama SERP atau yang sudah berada pada peringkat atas SERP untuk istilah kunci yang cantik, yakni kata kunci dengan volume pencarian tinggi serta tingkat persaingannya pula tinggi. Gunakan jua pendekatan ini untuk membuat tautan internal.

Dua. Periksa seluruh prinsip SEO yang sudah aku uraikan di sini & lakukanlah pengoptimalan tambahan sinkron kebutuhan.

Ingatlah, dalam praktek SEO, perbedaan peringkat di halaman pertama dan kedua search engine terkadang hanyalah pada detail-detail kecil saja, seperti tidak ada tag header <h1>, <h2> dan seterusnya atau kata kunci yang tidak mencukupi di badan teks (dalam artikel postingan).

Tiga. Tautkan postingan menurut postingan yg lebih usang & berperingkat tinggi.

Dengan cara ini, Anda sanggup mengirimkan beberapa juz tautan buat pos berkinerja tinggi ke pos lainnya yg memiliki potensi yg sama.

4. Cari cara buat memperbaiki isi posting Anda.

Apabila Anda pikir Anda memiliki topik yg rupawan, menentukan kata kunci yang sempurna & mengikuti semua praktik yang dijelaskan pada sini, tetapi bagaimanapun juga Anda masih belum menerima cukup daya tarik, mampu jadi isinya bagus, namun belum cukup hebat. Jadi, cari cara buat memperbaikinya: masukkan ilustrasi, grafik, bukti, screenshoot, model, statistik, kutipan, studi masalah, & sebagainya.

5. Setelah Anda mengikuti seluruh langkah ini, kini saatnya memberi postingan Anda kehidupan baru.

Jalankan kenaikan pangkat -promosi lain menggunakan intensitas yg lebih tinggi: bagikan balik pada media umum, sertakan pada milis Anda, masukkan tautan ke signature e-mail.

Bila perlu kampanyekan konten postingan blog menggunakan mengiklankannya di Facebook, LinkedIn, Twitter, Adword, dan sebagainya buat menjangkau pengguna & blogger lain buat melihat apakah mereka ingin mereferensi konten postingan blog kita.

Tinjau Teknis SEO

Terkadang, sehabis semua Praktek Dasar Teknik SEO buat pemula ini sudah kita terapkan, tetapi jika postingan yang kita buat tidak terindeks sang search engine, maka konten postingan blog kita tidak akan pernah muncul pada hasil pencarian search engine.

Untuk itu, sangat perlu diperhatikan buat meninjau ulang aspek-aspek teknis SEO dalam hal agar bisa dibaca oleh robot search engine.

Ada beberapa aspek teknis yg dapat anda lakukan buat membantu atau pun mencegah pengindeksan situs/ blog kita oleh search engine.

Berikut ini adalah beberapa item yg harus Anda tinjau & perhatikan dalam pengembang web atau blog Anda buat memastikan bahwa situs web/ blog Anda dioptimalkan menurut sudut pandang teknis nya.

1. Google Search Console

Sebagai seorang blogger, dan pengembang situs web/ blog, Anda harus menyiapkan akun untuk situs web/ blog Anda di Google Search Console. Google Search Console ini merupakan layanan google untuk para webmaster yang diberikan secara gratis, yg akan membantu Anda memahami bagaimana Google melihat dan merayapi situs web/ blog anda. Serta memberikan petunjuk dan rekomendasi terbaik yang harus diterapkan apabila ada suatu masalah didalam tinjauan teknis SEO blog anda.

Dua. Peta situs

Situs web/ blog Anda wajib mempunyai peta situs dalam format XML yang mencakup holistik struktur data menurut situs web/ blog Anda (termasuk entri blog Anda) yang lalu harus didaftarkan dan dimasukkan ke pada Google memakai Search Console. Hal ini diharapkan guna membantu Google dalam mengindeks atau merayapi situs web/ blog Anda dan menginformasikannya tentang pembaruan-pembaruan yg diharapkan.

Tiga. Pengalihan Permanen

Jika struktur URL situs/ blog Anda berubah (contohnya waktu mengulang situs web atau merubah berdasarkan HTTP ke HTTPS), Anda harus menyiapkan pengalihan permanen (kode 301) menurut halaman usang Anda ke page baru. Begitulah cara mesin pencari (dan juga pengguna) akan diarahkan ke versi baru menurut halaman-page usang anda.

4. Nofollow / Noindex

Pastikan halaman situs Anda "terbuka" untuk diindeks oleh mesin pencari. Ada satu tag yang secara khusus akan menghentikan search engine untuk merayapi atau mengindeks situs web/ bloga anda yakni: <meta name = "robots" content = "noindex, nofollow">. dan pastikan Anda tidak memiliki tag itu didalam HTML anda, jika Anda ingin agar situs web Anda terindeks. Anda bisa mencegah robot google search engine untuk merayapi situs web/ blog anda sebatas pada:

  • Arsip
  • Label
  • search

lima. Robots.Txt

Robots.Txt adalah file pada server web Anda yg bisa membatasi akses ke situs web Anda buat mesin telusur. Ini bekerja menggunakan cara yg sama seperti tag "noindex, nofollow", jadi pastikan itu tidak mencegah mesin pencari mengindeks situs Anda.

Artikel Dasar-dasar SEO - Panduan Praktik Terbaik SEO buat Pemula ini adalah merupakan studi kasus saya pada mempraktekkan teknik dasar SEO buat pemula, dimana artikel ini saya untuk dalam tanggal 15 Desember 2017, tanpa aku lakukan submit URL atau Fetch As Google pada Search Console Google.

Jika anda melihat artikel ini dihalaman peringkat pertama google maka anda pun harus mengikuti tahap-tahap praktek dasar teknik SEO buat pemula ini.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2