Tips Komunikasi Efektif Pendamping Desa
Pengertian komunikasi efektif (effective communications) merupakan komunikasi yg tepat target, berasil guna, atau mencapai tujuan membicarakan pesan (to inform), menghibur (to entertain), atau membujuk (to persuade).
Dilaman livestrong.com, Barbara Brown dalam "What is Effective Communication" menyebutkan, komunikasi efektif itu melibatkan kejelasan, perkataan langsung, dan aktif mendengarkan (clear, direct speech, active listerning).
Munurut Dedy Mulyana, istilah “komunikasi” atau dalam bahasa Inggris yaitu “communication”, berasal dari bahasa latin “communis” yang berarti sama,communico, communication, atau communicare yang berarti membuat sama “to make common” (Dedy Mulyana, 2005:41).
Definisi berdasarkan segi bahasa ini menyatakan bahwa suatu komunikasi yang efektif hanya dapat tercapai apabila terjadi kesamaan makna antara komunikator menggunakan komunikan.
Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian pesan (ilham, gagasan) berdasarkan satu pihak kepada pihak lain supaya terjadi saling mensugesti diantara keduanya.
Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain. Akan tetapi, komunikasi hanya akan efektif apabila pesan yang disampaikan dapat ditafsirkan sama oleh penerima pesan tersebut.
Bagi seorang pendamping desa wajib berkomunikasi menggunakan baik agar informasi yang disampaikan dalam setiap pendampingan dapat dipahami dan dimegerti menggunakan baik sang rakyat desa, sehingga terwujud kesamaan persepsi dalam membangun desa, sinkron jujur UU Desa.
Terkait menggunakan pendampingan desa, komunikasi itu pada dasarnya adalah upaya bagaimana pendamping desa (komunikator) meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif dari masyarakat & pemerintah desa (komunikan).
Komunikasi dapat efektif apabila terjadi saling memberi respon antara pendamping desa dan masyarakat desa secara timbal balik, sehingga apa yang dipesankan oleh pendamping desa selaku komunikator, dapat dipahami oleh masyarakat selaku komunikan secara utuh dan sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, menjadi hal penting bagi pendamping desa untuk mengetahui karakteristik dari komunikasi efektif.
Lalu, komunikasi seperti apa yang efektif bagi pendamping desa?
Komunikasi yang efektif bagi pendamping desa adalah komunikasi yang berhasil mencapai tujuan, mengesankan dan mampu menghasilkan perubahan sikap pada masyarakat juga pemerintah desa sebagai komunikan. Kata efektif (effective) sering diartikan dengan mencapai hasil yang diinginkan (producing desired result) dan menyenangkan (having a pleasing effect).
Berikut 9 Tips Komunisikasi Efekti Pendamping Desa, yang bisa diterapkan pada melakukan pendampingan.
1. Berikan kesan antusias saat berbicara dengan warga desa
Beri mereka kesan bahwa kita lebih senang berbicara menggunakan mereka daripada orang lain pada muka bumi ini. Ketika kita memberi mereka kesan bahwa kita sangat antusias berbicara dan peduli pada mereka, kita akan menciptakan perasaan mereka lebih positif & percaya diri. Mereka akan lebih terbuka kepada kita & sangat mungkin memiliki percakapan yg mendalam dengan kita.
2. Ajukan pertanyaan tentang minat mereka!
Ajukan pertanyaan terbuka yang akan menciptakan mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Gali sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru mengenai diri mereka sendiri dan tujuan hidupnya.
3. Beradaptasi menggunakan bahasa tubuh dan perasaan mereka!
Rasakan bagaimana perasaan mereka pada waktu ini menggunakan mengamati bahasa tubuh dan nada suara. Dari sudut pandang ini, kita dapat menyesuaikan kata-kata, bahasa tubuh, dan nada suara kita sebagai akibatnya mereka akan merespon lebih positif.
4. Tunjukkan rasa persetujuan!
Katakan pada mereka apa yang kita kagumi tentang mereka & mengapa? Salah satu cara terbaik buat segera herbi orang merupakan dengan menjadi amanah dan memberitahu mereka mengapa kita menyukai atau mengagumi mereka. Jika menyatakan secara langsung dirasakan kurang tepat, cobalah dengan pernyataan tidak langsung. Kedua pendekatan tadi bisa sama-sama efektif.
Lima. Dengarkan dengan penuh perhatian seluruh yang mereka katakan!
Jangan terlalu serius pada apa yg akan kita katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap istilah yg mereka katakan dan responlah serelevan mungkin. Hal ini menerangkan bahwa kita sahih-sahih mendengarkan apa yg mereka katakan & sepenuhnya terlibat pada pada suasana bersama dengan mereka. Juga pastikan buat bertanya setiap kali terdapat sesuatu yg nir mengerti pada hal-hal yang mereka katakan. Kita tentu saja ingin menghindari seluruh defleksi yg mungkin terjadi pada komunikasi jika kita ingin menyebarkan interaksi yg sepenuhnya dengan orang tersebut.
6. Beri mereka hubungan mata yg lama !
Kontak mata yang bertenaga mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa kita tidak hanya terpikat oleh mereka & apa yg mereka katakan namun jua menerangkan bahwa kita dapat dipercaya. Ketika dilakukan menggunakan nir berlebihan, mereka pula akan menganggap kita konfiden dalam diri sendiri lantaran kesediaan kita buat bertemu mereka secara pribadi. Akibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan kita dan apa yang anda katakan.
7. Ungkapkan diri kita sebesar mungkin!
Salah satu cara terbaik buat menerima kepercayaan seorang adalah dengan membicarakan diri seterbuka mungkin. Bercerita tentang peristiwa yg menarik berdasarkan hayati kita atau hanya menggambarkan contoh lucu menurut kehidupan normal sehari-hari. Ketika kita bercerita tentang diri kita, pastikan buat tidak mengungkapkan hal-hal yg menyimpang terlalu jauh berdasarkan minat mereka atau bahkan hiperbola. Kita dapat membiarkan mereka mengetahui lebih jauh mengenai diri kita seiring berjalannya ketika.
8. Menawarkan saran yang bermanfaat!
Kenalkan desa atau daerah yg pernah kita kunjungi, insiden yang dialami, orang-orang yang ditemui, buku yg dibaca, peluang kemajuan desa, atau apa pun yg terpikirkan. Jelaskan apa yang menarik berdasarkan orang, tempat atau hal tersebut. Jika kita memberi inspirasi yg cukup menarik perhatian, mereka akan mencari kita saat mereka memerlukan seorang buat membantu membuat keputusan tentang apa yang wajib dilakukan selanjutnya.
9. Beri mereka motivasi!
Jika orang yg kita hadapi lebih muda atau dalam posisi yg lebih sulit menurut kita, mereka mungkin ingin mendengar beberapa kata motivasi berdasarkan kita karena kita dievaluasi lebih berpengalaman. Yakinkan, bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasannya, sebagai akibatnya mereka akan berharap membuahkan kita menjadi sahabat bicara.
Selain 9 tips diatas, tentu poly tips lain yg wajib dikuasai oleh seseorang pendamping desa. "Pendamping Desa bukan seseorang pembina, akan tetapi berdiri sejajar bersama warga desa & pemerintahan desa untuk menjadikan desa kuat, mandiri, demokratis & sejahteradanquot;.
Sebagai orang yg berdiri sejajar dengan masyarakat desa, seorang pendamping desa harus kaya kreatifitas, berpengetahuan luas, luwes bersahabat, suka kerja keras & kerja tulus minimal harus ada pada seseorang pendampingdanquot;.
Sumber: Diolah berdasarkan modul PPD/dbs