17 Juta Penduduk Miskin Ada Di Desa, Menteri Marwan Kebut BUMDes

GampongRT - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT) menyatakan 17,9 juta penduduk miskin berada di desa hingga pembangunan harus dimulai dari wilayah tersebut.

Menterin DPDTT Marwan Jafar menuturkan jumlah penduduk miskin ketika ini sekitar 28,lima juta jiwa, dengan 17,9 juta jiwa berada di desa. Oleh karenanya, sambungnya, perekonomian masyarakat desa harus diselamatkan.

Dia menuturkan pertumbuhan ekonomi, khususnya pada daerah tertinggal, masih sangat memprihatinkan. "Bagaimana tidak, menurut 122 wilayah tertinggal pada Indonesia, 73% di antaranya mempunyai pertumbuhan ekonomi pada bawah rata-rata nasional," kata Marwan pada keterangannya yg dikutip Bisnis.Com, Senin (8/2/2016).

Dia menuturkan 28% berdasarkan total penduduk miskin berada di wilayah tertinggal. Dan selama ini, istilah Marwan, perekonomiannya selalu berada pada bawah rata-homogen nasional.

Oleh karena itu, Marwan menegaskan diperlukannya pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Selain itu, sambungnya, diharapkan pula Usaha Bersama Komunitas (UBK).

Marwan mengharapkan menggunakan adanya ke 2 perangkat itu, perekonomian warga desa akan sangat terbantu. Saat ini telah masih ada 200 UBK.

Sumber: bisnis.Com

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2