Perlu Ditumbuhkan Kesadaran Masyarakat Manfaatkan Dana Desa

GampongRT - Dana desa yang berjumlah triliunan rupiah akan memberikan dampak besar bagi masyarakat. Namun, masyarakat juga harus siap untuk menerima dan memanfaatkan dana tersebut.

Paulus Wirutomo, Guru Besar Sosiologi Universitas Indonesia, mengungkapkan kesiapan dan kesadaran warga untuk memanfaatkan dana desa tersebut sangat krusial buat didorong, agar dana desa mempunyai manfaat yg merata. Paulus memperlihatkan contoh-contoh pemberdayaan desa melalui penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Pemerintah daerah harus mengakibatkan BUMDes sebagai motor pembangunan desa yang terkini & menguntungkan, supaya semua masyarakat desa menerima manfaat," katanya di Jakarta, Senin (21/03).

Bagi Paulus, Kabupaten Batang sudah memiliki modal dasar buat menguatkan BUMDes karena memiliki alam yang produktif. "Kami jua ingin menggandeng ketua daerah yg inovatif buat mencapai target program ini," katanya.

Baca jua:

Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo antusias menyambut gagasan Paulus & Lembaga Bina Swadaya. Ia menyatakan mendukung penuh gagasan tadi Ia mengungkapkan akan segara menerapkan gagasan BUMDes dalam ketika dekat. Yoyok jua sangat optimistis dengan efek yang dihasilkan acara tersebut.

"Jika program penguatan BUMDes ini berhasil, Nawa cita yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo akan menaruh pengaruh yang luas bagi warga pedesaan pada Indonesia," tutup Yoyok. [Sumber: Republika]

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2