Jokowi Janji Evaluasi SPJ Pelaporan Dana Desa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengevaluasi format Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dana desa yang dipercaya terlalu rumit.

Laporan pertanggungjawaban dana desa online

Pihaknya dalam ketika dekat akan berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani buat mengungkapkan problem ini.

"Nanti laporan pertanggungjawabannya akan dinilai," kata Jokowi usai menghadiri acara launching peningkatan kapasitas pemerintahan desa di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Rabu (25/7/2018).

Jokowi menyampaikan dia sudah acapkali mendengar keluhan terkait rumitnya format SPJ. Apalagi, sewaktu Jokowi berkunjung ke pelosok-pelosok desa di tanah air.

"Ya, aku sudah mendengar ketika saya ke desa-desa itu keluhannya memang perkara laporan pertanggungjawaban. Keuangan (pada SPJ) terlalu rumit," ungkapnya.

"(Kalau) dalam lingkup desa laporannya seperti di kementerian ya nir bisa nanti. Ini yg mau aku urus menggunakan Menteri Keuangan," lanjutnya.

Menurutnya, SPJ dana desa seharusnya lebih simpel & tidak membingungkan sumber daya manusia (SDM) di desa. Terlebih apabila SDM yang terdapat di desa-desa itu terbatas.

"Agar lebih praktis, lebih sederhana, tapi gampang ngeceknya. Yang paling penting (SPJ) gampang dicek gitu saja," pungkas Jokowi. (detik.Com)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2