Pengertian/Definisi Laporan Rugi Laba (Income Statement)

Pengertian/Definisi Laporan Rugi Laba (Income Statement) merupakan :

Merupakan suatu laporan yg disusun secara sistematis tentang pendapatan, dan biaya -biaya yang diperoleh oleh perusahaan dan porto-biaya yang wajib ditanggung sang perusahaan pada menjalankan kegiatannya dalam suatu peiode eksklusif.

Laporan Rugi Laba akan menggambarkan sumber-sumber penghasilan yg diperoleh oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya, dan jenis-jenis biaya yang harus ditanggung oleh perusahaan pada menjalankan kegiatan-kegiatan perusahaan.

Dengan melihat atau memperhatikan selisih antara pendapatan (revenues) menggunakan biaya (expenses), disini akan bisa ditetapkan berapa jumlah laba atau kerugian yg didapat perusahaan dalam suatu periode eksklusif.

Kalau pendapatan (revenues) lebih besar daripada porto (expenses) pada periode eksklusif, berarti perusahaan memperoleh laba.

Kalau pendapatan (revenues) lebih mini daripada biaya (expenses) dalam periode eksklusif, berarti perusahaan menderita kerugian.

Susunan account pada Laporan Rugi Laba (Income Statement) akan bhineka tergantung menurut jenis bisnis suatu perusahaan, meskipun secara umum bentuknya sama.

Untuk keperluan perhitungan pajak penghasilan maka Laporan Rugi Laba (Income Statement) yg sudah dibuat sang perusahaan dilakukan Koreksi Fiskal terlebih dahulu buat mendapatkan Laporan Laba Rugi Pajak/Fiskal, acapkali jua dianggap pula Laba Kena Pajak/Penghasilan Kena Pajak.

Artikel Yang Perlu Diketahui :

Referensi :

  • Kamus Istilah Akuntansi (Dhanny R Cyssco)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2