Kenapa BUMDes Harus Menyusun Perencanaan Usaha?

Menemukan bisnis apa yang paling ideal dan cocok buat dikembangkan di desa memang bukan hal yang mudah. Buktinya banyak desa masih kesulitan dalam menemukan potensi apa yang berpeluang & menjanjikan buat dikembangkan dan jalankan.

Menyusun Rencana Usaha BUMDes/Ilustrasi

Pun demikian, bukan berarti desa tidak dapat menemukan potensi di desanya. Buktinya banyak desa telah berasil dan mampu dalam mengembangkan potensi dan membuat produk unggulan desa hingga usahanya sukses tidak hanya di pasar lokal bahkan ada yang sudah dipasarkan ke pasar internasional. Maka tak heran jika BUMDes berpotensi jadi perusahaan kelas dunia di era industri 4.0

Saat ini pada membangun bisnis desa masalah kapital bukan lagi sebuah hambatan, bila bisnis desa itu dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa, lantaran dana desa yg diterima setiap desa bisa disertakan buat kapital pemberdayaan ekonomi rakyat desa termasuk buat modal BUM Desa.

Nah, jika modal bukan sebuah kendala, maka langkah selanjutnya yang dibutuhkan adalah keberanian dan tekat untuk memulai sebuah usaha. Sebab, banyak BUMDes sukses diawali dari keberanian pendiri berpikir besar.

Keberanian & tekat yg kuat saja tidaklah cukup, apabila tidak diikuti dengan perencanaan bisnis yang baik. Oleh karenanya, para pengurus BUM Desa harus menyusun & membuat perencanaan bisnis BUMDes terhadap unit-unit usaha yg akan dijalankan & dikembangkan.

Dengan adanya perencanaan bisnis yg matang dapat mencegah usaha BUMDes terhindar berdasarkan resiko kegagalan.

Selanjutnya dengan adanya perencanaan bisnis yang kuat dan mantang memudahkan BUMDes untuk menawarkan ide-ide kegiatan usaha kepada masyarakat desa maupun dalam melakukan kerjasama usaha antar desa serta dengan pihak-pihak lain.

Yang perlu dicatat adalah apapun kerjasama usaha atau kemitraan usaha yang dilakukan oleh BUM Desa harus bertujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat desa dan memperkuat sumber pendapatan desa.

Nah, bagi desa - desa yang belum mendirikan BUM Desa jangan takut untuk memulai. Karena cara mendirikan BUMDes mudah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2