Suara Kentut dan Penyebab Kentut Bau

Suara Kentut dan Penyebab Kentut Bau Suara kentut dan penyebab kentut bau. Kentut sembarangan tentu tidaklah sopan, namun menahan kentut juga bukanlah hal yang dianjurkan dan sebaliknya pasti akan jadi pertanyaan jika orang kentut terus menerus. Tentunya, tetap ada risiko jika gas berlebih di saluran pencernaan tidak dibebaskan melalui apa yang dinamakan dengan kentut.

Dr Ari Fahrian Syam, SpPD-KGEH, ahli penyakit pada berdasarkan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo mengatakan "Secara nir pribadi tidak berbahaya sebenarnya jika kentut ditahan," Meskipun demikian, diingatkan bahwa hakekatnya kentut adalah deretan gas output metabolisme dalam usus yg secara alami akan didorong ke bawah sang tubuh. Jika kentut ini ditahan-tahan, otomatis akan terakumulasi dan mengakibatkan rasa nir nyaman akibat kentut.

 Dari tinjauan kesehatan, munculnya kentut menandakan aktivitas usus yang baik. Seseorang yg baru menjalani operasi dengan bius menyeluruh (total) perlu menunggu sampai beliau bisa mengeluarkan kentut sebelum dirinya diizinkan oleh dokter untuk mulai makan & minum misalnya biasa. Kentut dalam hal ini tak jarang menjadi petunjuk dokter bahwa usus yang bersangkutan sudah pulang berfungsi normal.

Seseorang yang cukup seringkali kentut atau mungkin tidak bisa kentut sama sekali mengindikasikan adanya kelainan dalam saluran pencernaannya. Adanya gangguan pada divestasi gas pencernaan yg diikuti dengan timbulnya tanda-tanda lain adalah galat satu alasan buat dilakukannya pemeriksaan lebih lanjut sang dokter. Berapa sih berukuran kentut yg normal? Bagaimana mengukur kentut ?

Untuk normalnya berdasarkan para ahli, yang dikuatkan melalui penelitian pada sub-departement of Human Gastrointestinal Physiology and Nutrition menurut Rumah Sakit Royal Hallamshire, volume gas yg dikeluarkan waktu kentut dalam keadaan normal bisa mencapai kira-kira 476-1490 mililiter (rat-homogen 705 ml) dalam 24 jam. Waah, kayaknya relatif repot nih buat menakarnya...

Untuk memudahkan pengukuran kentut, para pakar telah menentukan kisaran frekuensi kentut yg memenuhi berukuran normal tadi yg sebesar 14 kali kentut. Jadi, apabila ada yang kentutnya sudah diatas 14 kali atau bahkan kentut terus menerus hingga sudah tidak bisa terhitung, itu berarti harus segera ke dokter. Karena niscaya sudah ada gangguan pencernaannya tuh..... Gampang kan!

Lalu kenapa kentut bau & makanan pemicu orang kentut ?

Penyebab kentut bau begini ceritanya, saat orang kentut, gas yang dikeluarkan terutama mengandung gas nitrogen dan karbon dioksida. Gas lainnya antara lain : oksigen, hidrogen, methana, dan lain-lain. Melalui pemeriksaan berkelanjutan dari para ahli, penyebab kentut bau telah diketahui berasal dari gas kentut yang mengandung sulfur seperti hidrogen sulfida, dimethyl sulfida dan methanethiol. Disamping itu penyebab kentut bau juga berasal dari bakteri mikroflora yang ada dalam usus serta adanya feses (e..ek.) yang tertahan di dalam rektum.

Makanan pemicu orang kentut yg bisa mempertinggi produksi gas pada usus, kuliner tersebut diantaranya yang banyak mengandung polisakarida terutama oligosakarida, misalnya ubi jalar, kacang-kacangan, aneka produk susu, bawang putih, daun bawang, , terigu, ragi yg terdapat pada roti, lobak dan sebagian aneka sayuran.

Bagaimana dengan bunyi kentut alias suara kentut. Kenapa terdapat suara kentut? Beda-beda lagi. Ada yang keras, lembut, sampai ada yang nyaris tidak terdengar ...He..He..He...

Kronologinya begini, kentut akan dikeluarkan lewat anus secara nir sengaja dalam saat tekanan dalam rektum lebih akbar dibandingkan dengan kekuatan sphincter anus, contohnya dalam ketika batuk atau bersin bahkan saat orgasme dapat secara sengaja atau nir sengaja meningkatkan tekanan rektum dan mengurangi tekanan spincter anus sebagai akibatnya akhirnya orang kentut. Keluarnya gas melalui sphincter anus umumnya akan menimbulkan bunyi yang khas akibat adanya getaran atau vibrasi atau dampak gerakan waktu menutup pantat. Suara kentut yg terjadi akan beragam atau bervariasi, tergantung kekuatan sphincter anus tersebut, besarnya kecepatan pelepasan gas kentut & faktor-faktor lain seperi air termasuk syarat lemak dalam tubuh. Jelas kan...

Demikian uraian soal suara kentut dan penyebab kentut bau. Jika kentut anda sudah aneh, tidak kentut atau kentut berlebihan! Segeralah periksakan diri ke dokter!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2