PKK Sebagai Motivator Desa Membangun

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang efektif dengan sasaran keluarga-keluarga, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Gerakan ini menjadi sangat strategis dan terus digalakkan pelaksanaanya secara merata di seluruh Indonesia sejak tahun 1972.

Gerakan PKK bertujuan memberdayakan famili buat meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yg maha esa, berakhlak mulia & berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan berdikari, kesetaraan dan keadilan gender dan kesadaran hukum & lingkungan.

Tim Penggerak PKK berperan sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak. Pembinaan tehnis kepada keluarga dan rakyat dilaksanakan pada kerjasama menggunakan unsur dinas instansi pemerintah terkait.

Anggota Tim Penggerak PKK merupakan para relawan, yg nir mendapat honor , baik perempuan maupun pria, yg menyediakan sebagian dari waktunya buat PKK. Walaupun Sasaran PKK adalah famili, khususnya bunda rumahtangga, wanita, menjadi sosok sentral dalam keluarga.

Tapi dialam nyata anggota tim penggerakan PKK tidak hanya mengurus soal kehidupan rumahtangganya dan mengasuh anak. Banyak diantara bunda rumahtangga yg membantu suami disawah, diladang, bahkan berusaha menambah pendapatan famili menggunakan berjualan.

Pengertian PKK

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan pembangunan masyarakat yg tumbuh berdasarkan bawah menggunakan perempuan sebagai motor penggeraknya buat membangun famili sebagai unit atau grup terkecil pada masyarakat, guna menghimpun, mengarahkan, & membina famili sehingga terwujud famili sejahtera.

Keluarga sejahtera merupakan famili yang bisa menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahiriah & batiniah, yaitu famili yang rapikan kehidupan dan penghidupannya diliputi oleh rasa saling pengertian, tenggang rasa, kegotongroyongan pada suasana kekeluargaan yg serasi, keamanan & ketertibannya terjamin, menjunjung tinggi hak-hak asasi & ketentuan hukum dan melaksanakan kewajiban sebagai rakyat yang baik dan insan sosial.

Tim penggerak PKK merupakan unsur pimpinan, pembina, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak PKK dalam masing-masing tingkat pemerintahan buat terlaksananya program PKK.

Sasaran

Sasaran PKK adalah keluarga, baik pada wilayah pedesaan juga pada wilayah perkotaan yang perlu ditingkatkan & dikembangkan kepribadiaan dan kemampuanya pada bidang berikut:

  1. Mental spritual yang meliputi sikap dan perilaku sebagai insan hamba Tuhan, warga masyarakat dan warga negara yang bermanfaat berdasarkan pancasila dan UU Dasar 1945.
  2. Fisik material yang meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

10 Program Pokok PKK

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Keterampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan sehat

Demikian artikel tentang PKK Sebagai Motivator Desa Membangun yang kami olah dari berbagai referensi. Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2