Pengertian Anuitas (Annuity)

Pengertian  Anuitas (Annuity) adalah :

Merupakan suatu rangkaian pembayaran atau penerimaan secara cicilan yg pada umumnya sama besarnya serta dibayarkan setiap masa tertentu dan masing-masing jumlahnya terdiri menurut bagian pokok pinjaman dan bunganya.

Perhitungan Anuitas (Annuity) biasanya digunakan untuk :

  • Perhitungan bunga atas suatu pinjaman, yaitu dengan system Anuitas maka bisa diketahui berapa besarnya uang yg wajib dibayarkan buat membayar bunga serta utama pinjaman selama jangka ketika pinjaman.
Misalnya dengan pinjaman sebesar Rp.5.000.000,00  untuk jangka waktu 5 tahun serta bunga sebesar 10 %, maka dengan system Anuitas dapat dihitung berapa total pembayaran bunga dan pokok pinjaman pada tahun ke- 5 tersebut. Setelah diketahui jumlah total bunga dan pokok pinjaman selama 5 tahun, baru kemudian dibuatkan tabel pembayaran cicilan setiap bulan atas pokok dan pinjaman tersebut.
  • Perhitungan bunga atas suatu Deposito/Investasi Jangka Panjang, yaitu dengan system Anuitas maka dapat diketahui berapa besarnya uang yg akan diterima bila kita menyimpan uang pada bentuk deposito/Investasi Jangka Panjang yg memberikan imbalan bunga selama jangka waktu Deposito/Investasi Jangka Panjang tersebut.
Misalnya dengan mendepositokan uang sebesar Rp.20.000.000,00  untuk jangka waktu 10 tahun serta bunga sebesar 5 %, maka dengan system Anuitas dapat dihitung berapa total  bunga yang diterima selama 10 tahun tersebut dan berapa jumlah total uang kita setelah 10 tahun kemudian . Atau yang sering juga digunakan adalah pada tabungan pendidikan, tabungan hari tua dan lain-lain.
Artikel Yang Perlu Diketahui :

 Referensi :

  • Kamus Istilah Akuntansi (Dhanny R Cyssco)

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2