Memahami Perkembangan Anak Usia Dini
Perkembangan Anak Usia Dini - Periode ini merupakan kelanjutan dari masa bayi (lahir sampai usia 4 tahun) yang ditandai dengan terjadinya perkembangan fisik, motorik dan kognitif (perubahan dalam sikap, nilai, dan perilaku) dan psikososial serta diikuti oleh perubahan-perubahan yang lain.
Perkembangan anak usia dini secara umum terdiri menurut lima aspek perkembangan yang dapat diuraikan menjadi berikut :
1) Perkembangan Fisik dan Motorik
Pertumbuhan fisik dalam masa ini (sekitar usia 4 tahun) lambat dan relative seimbang. Peningkatan berat badan anak lebih banyak daripada panjang badannya. Peningkatan berat badan anak terjadi terutama lantaran bertambahnya ukuran system rangka, otot dan berukuran beberapa organ tubuh lainnya.
Perkembangan motorik pada usia ini menjadi lebih halus & lebih terkoordinasi dibandingkan dengan masa bayi. Pada masa ini anak bersifat spontan & selalu aktif. Mereka mulai menyukai alat?Indera tulis & mereka telah mampu membuat desain juga goresan pena dalam gambarnya. Mereka pula sudah mampu memakai alat manipulasi & konstruktif.
Dua) Perkembangan Kognitif
Pikiran anak berkembang secara berangsur-angsur dalam periode ini. Daya pikir anak yang masih bersifat imajinatif dan egosentris dalam masa sebelumnya maka pada periode ini daya pikir anak sudah berkembang kearah yg lebih konkrit, rasional & objektif. Daya ingat anak menjadi sangat kuat, sebagai akibatnya anak sahih-benar berada pada stadium belajar.
3) Perkembangan Bahasa
Hal yang penting dalam perkembangan anak usia dini dalam aspek bahasa adalah persepsi, pengertian adaptasi, imitasi dan ekspresi. Anak harus belajar mengerti semua proses ini, berusaha meniru dan kemudian baru mencoba mengekspresikan keinginan dan perasaannya. Perkembangan bahasa pada anak meliputi perkembangan fonologis, perkembangan kosakata, perkembangan makna kata, perkembangan penyusunan kalimat dan perkembangan pragmatik.
4) Perkembangan Sosial
Dari aspek perkembangan sosial, anak-anak mulai mendekatkan diri pada orang lain disamping anggota keluarganya. Meluasnya lingkungan sosial anak mengakibatkan mereka berhadapan dengan imbas?Pengaruh menurut luar. Anak juga akan menemukan guru sebagai sosok yg berpengaruh.
5) Perkembangan Moral
Perkembangan moral berlangsung secara berangsur?Angsur, termin demi termin. Terdapat tiga termin utama pada pertumbuhan ini, tahap amoral (nir memiliki rasa benar atau galat), tahap konvesional (anak menerima nilai & moral berdasarkan orang tua & masyarakat), tahap otonomi (anak menciptakan pilihan sendiri secara bebas) (Tadkiroatun Musfiroh, 2005: 6).
Demikian perkembangan anak usia dini dan aspek-aspek perkembangannya. Memahami lebih lanjut tentang hal ini dapat dibaca pada pengertian & karakteristik anak usia dini.