Kemendes PDTT Dorong Desa Banaran Jadi Model Desa Tangguh Bencana

Ayo Bangun Desa - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyerahkan bantuan berupa mobil operasional dan alat pengisap lumpur untuk Desa Banaran di Kabupaten Ponorogo. Bantuan tersebut sekaligus mendorong Desa Banaran untuk menjadi model Desa Tangguh Bencana.

?Desa Tangguh Bencana adalah acara nasional. Kami juga dorong para pemuda desa dibantu para aktivis untuk menjadi relawan andal bencana. Kita berharap insiden tanah longsor kemarin bisa mempertinggi kesiapsiagaan rakyat. Ke depan, desa bisa berdikari menghadapi banyak sekali kemungkinan bencana,? Ujar Kepala Sub Direktorat Wilayah V, Direktorat Penanganan Daerah Rawan Bencana, Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (PDTU), Kemendes PDTT, Ferry Syahminan, saat menyerahkan donasi buat Desa Banaran, Ponorogo, Minggu (23/4).

Ferry menambahkan, bantuan tadi bukan dari berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kemendes PDTT. Donasi yang terkumpul adalah inisiatif jajaran Kemendes PDTT menjadi bentuk kepedulian & solidaritas kepada Desa Banaran yang tertimpa musibah tanah longsor beberapa saat kemudian.

?Kami pula menyerahkan donasi berupa alat tanggap bencana seperti gergaji mesin dan sepatu boot. Selain itu juga terdapat kebutuhan dasar beribadah buat rakyat diantaranya merupakan sarung, mukena, & baju koko. Hal ini jua telah kami konsultasikan pada pemerintah desa setempat,? Lanjutnya.

Kepala Desa Banaran, Sarnu, mengapresiasi adanya bantuan yg diberikan kepada masyarakatnya. Dirinya pun siap mengajak warganya buat semakin waspada & berdikari terhadap potensi bala pada masa yg akan tiba.

?Desa kami ini sangat rawan longsor. Tentu kami sangat berterima kasih dengan adanya donasi berdasarkan pemerintah. Kami akan terus menggerakkan rakyat buat semakin peduli terhadap lingkungannya supaya benar-sahih bisa menjadi model Desa Tangguh Bencana pada Kabupaten Ponorogo ini,? Ujar Sarnu.

Sebelumnya, para energi pendamping desa di daerah Kabupaten Ponorogo juga telah mendirikan posko siaga bencana pada daerah Desa Banaran. Aksi kepedulian & cepat tanggap tersebut diwujudkan melalui bantuan tenaga dan pos identifikasi pencarian jenazah.[]

Kemendesa PDTT

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2