9 Jenis Pinang Varietas Unggul India

Tanaman pinang (Areca Nut) adalah keliru satu tumbuhan yang dapat tumbuh pada banyak sekali syarat tanah, termasuk di tanah yg kering. Tetapi, tanaman pinang sangat baik tumbuh dan berproduksi optimal bila ditanam pada huma atau area yang memiliki kelembaban & kecukupan air.

Pinang Mangala, Sumangala, Subamangala, Mohitnagar, Srimangala, Samruthi (Andaman), Hirehalli dwarf, VTLAH 1, 2 and Thirthahalli dwarf adalah varietas komersial utama yang dibudidayakan di India.

Pinang yang baru ditanam, sangat sensitif jika tersinari matahari secara langsung. Karenanya itu, harus diberikan perlindungan yang memadai. Untuk melindungi dari sinaran matahari secara langsung dapat ditanam tanaman pelindung.

Dalam menentukan flora pelindung pohon pinang. Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan diantaranya morfologi daun, tipe daun, tipe percabangan, daya serap air dan ketahanan pohon terhadap serangan hama & penyakit.

Lantaran itu, pilihlah pohon pelindung yg bernilai hemat sehingga bisa menaruh nilai tambah bagi petani.

Kriteria Pohon Pelindung Tanaman Pinang

Perlu dipahami tidak semua jenis tanaman pohon dapat dimanfaatkan buat pelindung tanaman pinang. Berikut beberapa kriterian pohon pelindung flora pinang, diantaranya :

1. Tidak gampang terjangkit hama dan penyakit

dua. Tahan angin & gampang dimusnahkan bila nir dipakai lagi.

Tiga. Tidak bersaing pada hal kebutuhan akan air dan unsur hara.

4. Tidak sebagai asal inang hama & penyakit.

5. Tanaman cepat tumbuh dan daunya memberikan proteksi yg baik.

Musim Panen Pinang & Hasil yg diperoleh

Musim panen raya flora pinang terjadi pada bulan Februari hingga April dan Bulan Agustus hingga September. Adapun output yang diperoleh sangat tergantung dalam syarat huma, iklim, perawatan & kwalitas bibit.

Pinang Unggul India

Setiap negara memiliki jenis pinang unggul atau varietas yg diunggulkan. Pinang Mangala, Sumangala, Subamangala, Mohitnagar, Srimangala, Samruthi (Andaman), Hirehalli dwarf, VTLAH 1, 2 and Thirthahalli dwarf merupakan varietas komersial primer yg dibudidayakan di India.

Meskipun India sebagai negara penghasil pinang terbesar di dunia. Namun kebutuhan biji pinang untuk bahan industri dan farmasi tidak terpenuhi. Sehingga mereka harus membeli atau mengimpor dari negara - negara penghasil pinang di dunia.

Bangladesh, Indonesia, Myanmar, Nepal, Sri Langka, dan Thailand merupakan negara pemasok pinang terbesar ke India menurut data yang dilansir dari https://www.thehindubusinessline.com.

Demikian informasi tentang 9 jenis pinang varietas unggul India . Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2