5 Fungsi Oli Mesin Mobil yang Wajib Anda Ketahui! Simak Penjelasannya

Salah satu komponen yg memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mesin tunggangan baik motor maupun mobil adalah Oli Mesin.

Oli mesin merupakan cairan yg dimasukkan kedalam ruang mesin.

Oli mesin bersikulasi kedalam seluruh komponen mesin yang dilakukan oleh pompa oli waktu mesin dinyalakan, serta sebagai galat satu bagian yang sangat krusial pada mendongkrak performas & kinerja mesin.

fungsi oli mesin mobil yang wajib Anda ketahui

Seiring menggunakan pemakaian kendaraan, kualitas & fungsi dari oli mesin akan mengalami penurunan, & sang karena itu harus dan harus dilakukan penggantian secara bersiklus.

Baca: Lakukan ini Ketika Mobil Overheat di Jalan

Peran Penting Oli Mesin Mobil

Karena oli mesin adalah galat satu komponen yg membantu menaikkan performa dan kesehatan mesin, maka bila terjadi kesalahan pemakaian oli, mobil akan terasa kurang bertenaga dan jika dibiarkan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerusakan mesin.

Apabila kita perhatikan, setiap produk oli mesin mempunyai majemuk kode pada kemasannya dan ini adalah petunjuk yg dipakai buat tipe-tipe mobil menggunakan teknologi mesin yg berbeda-beda.

Oleh karena itu, berhati-hatilah pada memilih tingkat kekentalan oli atau diklaim jua tingkat viskositas oli.

Apabila Anda salah memilih jenis & tipe oli mesin & tidak sesuai menggunakan spesifikasi mesin tunggangan Anda, maka oli mesin tersebut bukannya memelihara & menaikkan performa mesin, namun justru akan Mengganggu mesin kendaraan beroda empat Anda.

Simak penerangan dari awambicara otomotif kali ini tentang fungsi dan peran penting oli mesin mobil pada memelihara & meningkatkan performa mesin kendaraan beroda empat Anda.

Berikut ini fungsi berdasarkan oli mesin mobil buat Anda ketahui! Simak penjelasannya bawah ini.

1. Oli Mesin Berfungsi menjadi Pelumas

Ketika mesin kendaraan beroda empat dinyalakan, pompa oli akan mensirkulasikan oli mesin ke pada setiap komponen mesin.

Oli mesin akan melewati bagian-bagian mesin yg berkiprah, & membentuk "lapisan" buat melumasi komponen tersebut.

Keadaan inilah yg menjaga komponen mesin menurut kerusakan dan keausan.

2. Oli Mesin Berfungsi menjadi Perapat

Ketika oli mesin sedang bersirkulasi di pada mesin kendaraan beroda empat, oli mesin akan membangun suatu lapisan tipis.

Lapisan tipis inilah yg akan merapatkan celah antara dua komponen mesin yg berkecimpung.

Sebagai contoh:

Di pada mesin terdapat silinder & ring piston yg berfungsi menjadi bagian penghasil energi di mesin.

Oli mesin pada bagian ini akan merapatkan celah diantara ke 2 komponen mesin tersebut, sehingga kompresi juga energi pembakaran yang dihasilkan tidak akan bocor.

Hasilnya, tenaga yang didapatkan sang mesin akan lebih maksimal .

Nah, disini Anda bisa mendeteksi bila terdapat celah lantaran retakan kecil pada bagian silinder, yakni Anda akan mencium bau terbakar yg menyengat.

Baca: Jangan Lakukan Ini Pada Mobil Bertransmisi Otomatis

3. Oli Mesin Berfungsi menjadi Pembersih

Pada waktu oli mesin bersikulasi didalam area mesin, oli mesin yang telah tersaring pada filter oli akan melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder, metal dan sebagainya.

Jika pada bagian-bagian mesin tersebut masih ada kotoran, misalnya contohnya residu karbon pembakaran, juga partikel logam akibat ukiran, maka oli mesin yang sudah higienis saat disaring didalam filter oli tersebut akan mendorong & membawa kotoran tersebut.

Sehingga bagian yang masih ada partikel logam dan bagian sisa karbon akan higienis balik .

Dan inilah asalan mengapa oli mesin & filter oli wajib dilakukan penggantian secara terpola, karena kualitas oli mesin & filter oli akan menurun setelah tercampur menggunakan endapan karbon & partikel logam lainnya.

Nah, umumnya penggantian oli mesin ini sesuai menggunakan anjuran bengkel yakni sehabis lima.000 km, 10.000 km, 15.000 km, 30.000 km, 50.000km dan seterusnya.

Atau bisa pula menggunakan menggunakan skala ketika, misalnya setiap 3 bulan sekali, ataupun 6 bulan sekali.

4. Oli Mesin Berfungsi menjadi Penyerap Panas

Salah satu fungsi yang paling krusial dari oli mesin merupakan untuk menyerap panas.

Sebagaimana kita ketahui bahwa overheating atau kelebihan panas mesin kendaraan beroda empat adalah keliru satu momok yang angker bagi pemilik kendaraan beroda empat, terutama buat mobil-kendaraan beroda empat yg sudah berumur.

Mesin mobil pada waktu dinyalakan yang terjadi dari proses pembakaran bahan bakar niscaya membuat panas, yang selanjutnya panas inilah yg diubah menjadi tenaga.

Pada ketika yg bersamaan, oli mesin bersirkulasi pada bagian-bagian komponen didalam mesin.

Nah, dalam saat oli mesin melewati bagian komponen mesin yang mempunyai temperatur tinggi misalnya piston, metal dan dinding silinder, maka panas komponen tersebut akan diserap oleh oli mesin.

Sehingga temperatur mesin akan permanen terjaga pada suhu yg sama. Selain itu, bisa pula mencegah keausan yang hiperbola pada bagian mesin yg diakibatkan oleh panas yg berlebihan.

Baca: Tips dan Trik Setir Mobil

lima. Oli Mesin Berfungsi Mencegah Karat

Manfaat dan fungsi berdasarkan oli mesin selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya karatan pada bagian atas logam setiap komponen didalam ruang mesin.

Oli mesin akan menutup bagian atas metal, sehingga metal tersebut terbebas menurut oksidasi penyebab timbulnya zat oksidasi.

Demikianlah lima fungsi krusial oli mesin yang wajib Anda ketahui. Semoga postingan ini bisa menambah wawasan Anda mengenai dunia otomotif. Terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2