Strategi SEO Dasar (Search Engine Optimization Basic) - Untuk Pemula

SEO (Search Engine Optimization) merupakan cara mempromosikan website atau blog melalui search engine.

Karena hampir semua pengguna internet yang ingin mengetahui dan mencari sesuatu di internet akan memulainya dengan mencari pada Search Engine, misalnya di: Google, Bing atau Yahoo.

Search Engine adalah salah satu metode paling umum yang digunakan oleh pengguna internet dalam menemukan dan mengetahui eksistensi dari blog/ website kita, setelah itu baru berdasarkan media-media sosial.

Untuk itu, peringkat blog/ web di dalam search engine menggunakan istilah kunci/ keyword yg strategis sangat krusial dalam keterlihatan & ditemukannya situs web/ blog kita.

Pengguna internet ingin mencari & mengetahui liputan tertentu di internet, dengan mencari di search engine dan menggunakan kata kunci eksklusif, & hasil pencarian diperingkat teratas search engine menampilkan situs web/ blog kita, sebagai akibatnya pengguna akan membuka dan akhirnya menuju situs web/ blog kita, sesederhana itu.

Strategi SEO Dasar Untuk Pemula

Strategi SEO Dasar Untuk Pemula

Mendapatkan trafik secara alami & terus menerus ke situs web/ blog kita berdasarkan pengguna yg menemukan situs web atau blog kita di search engine, & itulah yang disebut dengan "penelusuran organik".

Hal ini terjadi saat situs web kita menerima peringkat tinggi pada hasil pencarian, lantaran search engine menduga bahwa situs web/ blog kita tersebut untuk istilah kunci yang dipakai sang pengguna dalam mencari suatu berita diinternet, dianggap relevan dan sesuai untuk kata kunci tadi dan berisi fakta yang berguna sang search engine, sehingga blog/ web kitalah yg ditampilkan diperingkat teratas.

Lantaran memiliki imbas yang sangat besar terhadap perkembangan blog/ web, maka SEO mampu dibilang adalah salah satu strategi pemasaran jangka panjang terbaik buat situs web/ blog kita.

Namun, untuk menguasainya tidaklah mudah, membutuhkan waktu & mengikat sumber daya yang poly sebelum kita sahih-sahih mendapatkah hasilnya secara signifikan.

Namun, menilik dan menerapkan SEO berarti kita sudah menanamkan investasi jangka panjang yang akan memiliki laba yg besar kedepannya bagi perkembangan blog/ web kita.

Lantaran trafik yg kontinu ke situs web atau blog kita yang relevan dan nir bergantung pada pengiklanan (perdeo). Dengan mengetahui & menerapkan SEO yg benar itulah yg mampu membantu kita dalam menggapainya.

Tertarik? Mari kita mulai.

Memulai SEO

Pertama kali yg harus anda pikirkan merupakan apa yg anda ingin & harapkan menurut SEO. Tentukan tujuan yg ingin anda capai berdasarkan penerapan teknik SEO tersebut seperti bagaimana tujuan awal anda pada memulai sebuah web/ blog dan aktifitas yg anda lakukan menurut pengembangan web/ blog tersebut.

Tujuan berdasarkan praktik SEO nir lain dan tidak bukan adalah supaya agar situs web atau blog anda terdaftar di page pertama hasil pencarian (search engine).

Pengguna internet saat berselancar pada internet dan dalam mengetahui serta mencari suatu kabar diinternet, sangat jarang melewati laman pertama menurut output pencarian search engine.

Sehingga tujuan utama Anda harusnya merupakan tampil pada sepuluh besar dari output pencarian, atau bahkan diharapkan lebih berdasarkan itu, bisa pada 5 hasil teratas (lima besar ) "GOALdanquot; nya peringkat pertama hasil pencarian search engine.

Tetapi, perlu anda ingat, bahwa yg dimaksud menggunakan hasil pencarian tersebut adalah output pencarian dengan istilah kunci/ keyword yg "spesifikdanquot;, sehingga mengidentifikasikan dan memilih kata kunci strategis akan menjadi bagian primer menurut strategi praktik SEO yang Anda terapkan.

Rekomendasi praktik strategi SEO yg akan kita pelajari ini bukan berarti akan membuahkan anda seseorang ahli SEO, karena kita nir mungkin menguasai semua praktik taktik SEO ketika ini.

Hanya menggunakan satu artikel postingan saja, bahkan buat postingan yg aku buat ini, yang secara khusus membahas topik praktik taktik SEO, tidaklah cukup buat membuahkan Saya seseorang pakar SEO.

Tujuan berdasarkan artikel ini adalah buat membiasakan Anda dengan praktik SEO yang kondusif dan efektif, sehingga Anda sanggup menjadi pemilik blog/ situs web yang mempunyai kemampuan dasar dari praktik SEO yg kondusif dan efektif.

Anda tidak mungkin mengharapkan hasil yang cepat dengan hanya menilik sebagian mini berdasarkan ilmu SEO yg sangat luas & kompleks ini.

Akan tetapi setidaknya apa yang akan anda pelajari (yg aku pelajari jua) akan menaruh pemahaman untuk anda bagaimana praktik dasar strategi SEO yg aman dan efektif pada perkembangan web/ blog yg anda kelola. Kecuali jika Anda memiliki tim ahli SEO yg berdedikasi.

Dasar-dasar Search Engine Yang Harus Anda Ketahui

Sebelum kita menyelam lebih pada mengenai taktik SEO, kita wajib meninjau ulang dan mengetahui dasar menurut search engine dan bagaimana mereka bekerja. Tanpa pengetahuan dasar ini, akan sangat sulit bagi Anda buat tahu strategi SEO yg akan kita pelajari ini.

Berbicara tentang search engine, hampir semua orang pasti akan eksklusif merujuk pada Google, Bing dan Yahoo.

Tiga akbar search engine ini mewakili lebih dari 90% pencarian online menurut semua global. Namun, walaupun begitu, terdapat beberapa search engine yg sebagai search engine utama dan memiliki pangsa pasar yang akbar dinegara-negara eksklusif, misalnya China.

Di China, search engine Baidu adalah mesin pencari paling banyak digunakan dinegara ini, namun bila dipandang secara dunia, ketiga search engine tersebut, Google, Bing & Yahoo merupakan rajanya mesin pencari/ search engine global.

Akan namun, berdasarkan ketiga search engine tersebut, yang sebagai rajanya atau istilahnya "King of the Kingdanquot; menurut search engine tadi adalah Google.

Dan apa yang menciptakan Google mampu sebagai begitu populer adalah karena Goole merevolusi industri mesin pencarian (search engine) menggunakan menggunakan link popularitas buat mengukur relevansi konten. Metode ini terbukti sangat efektif, & menjadikan Google menjadi rumahnya "katadanquot;.

Dan lantaran dari 90% search engine yang dipakai didunia merupakan ketiga search engine diatas, menggunakan lebih dari dua/tiga nya diwakili oleh Googel, maka untuk itu, kita akan penekanan pada Google Search Engine, pada memeriksa & menentukan praktik strategi SEO blog/ web kita.

Cara kerja Google Search Engine

Situs web hingga hari ini terdiri menurut triliunan website yg terdiri: lebih menurut 75 triliun situs web/ blog individu, dan jumlah ini terus bertambah setiap harinya.

Google (dan search engine lainnya) bekerja menggunakan cara menjelajahi/ merayapi Web, mengikuti link menurut laman ke laman.

Memang sahih pemilik situs/ blog dapat meminta Google untuk merayapi (Crawl) blog mereka, namun Google jua dapat melakukan itu sendiri.

Bahkan lebih baik lagi, jadi walaupun kita telah meminta Google buat merayapi (Crawl) blog/ web kita nir konten postingan kita akan selalu & berada di peringkat teratas Google search engine.

Google mengurutkan laman dari konten nya (dan menurut ratusan faktor lainnya), serta mengelola data ini yang kemudian kita sebut menggunakan "indeksdanquot;. Indeks adalah database besar Google dari seluruh meta-data di Web.

Ketika kita mencari sesuatu, Google memakai sejumlah acara dan rumus (yang dikenal menggunakan algoritma google search engine) buat menentukan apa yang kita coba cari dan temukan, dengan melihat ejaan, autocomplete, sinonim, dan banyak lagi.

Berdasarkan petunjuk ini, Google akan menarik page web yang relevan dari indeks google.

Kemudian Google peringkat hasilnya dengan menggunakan lebih menurut 200 faktor, seperti kualitas konten, kesejukan konten, dan sebagainya buat memberikan output yg paling sesuai & relevan (cocok) bagi pengguna (user).

Pentingnya peringkat search engine

Berbicara mengenai search engine optimization (SEO), umumnya mengacu pada peningkatan SERP peringkat situs web/ blog.

SERP yakni singkatan berdasarkan "Search Engine Results Page" yakni halaman hasil pencarian Search Engine, yg merupakan daftar halaman berdasarkan hasil pencarian sang mesin pencari pada menanggapi permintaan istilah kunci/ keyword yang dituliskan sang pengguna pada google search engin.

Peringkat tertinggi dalam laman pencarian tersebut merupakan merupakan "Hadiah Utamadanquot;, & SEO adalah proses cara menerima "Hadiah Utama" tersebut.

Pengguna internet ketika berselancar & mencari sesuatu di internet menggunakan search engine memakai kata kunci eksklusif, sangat sporadis melewati laman pertama hasil dari pencarian google search engine.

Paling-paling hanya hingga pada halam ketiga, apalagi halaman-page berikutnya. Perhatikan distribusi trafik berikut pada Google Search engine dari posisi di output penelusuran:

Pada sebuah studi pada tahun 2011 kemudian sang Slingshot SEO menyampaikan bahwa rasio klik-tayang buat peringkat teratas google search engine adalah:

  • Posisi # 1 menerima 18,2%.
  • Posisi # 2 menerima 10,1%.
  • Posisi # 3 menerima 7,2%.
  • Posisi # 4 menerima 4,8%,
  • Sisanya menerima dibawah 2%.

Sedangkan pada sebuah studi tahun 2017 ini oleh IgniteVisibility, mengungkapkan bahwa rasio klik-tayang untuk peringkat teratas google search engine adalah:

Strategi SEO Dasar

Strategi SEO Dasar Pemula

  • Posisi # 1 - 20,5%
  • Posisi # 2 - 13,32%
  • Posisi # 3 - 13,14%
  • Posisi # 4 - 8,98%
  • Posisi # 5 - 9,21%
  • Posisi # 6 - 6,73%
  • Posisi # 7 - 7,61%
  • Posisi # 8 - 6,92%
  • Posisi # 9 - 5,52%
  • Posisi # 10 - 7,95%

Itu sebabnya peringkat tinggi pada output pencarian sangat penting. Apabila situs web Anda berada di peringkat # 57 buat kata kunci eksklusif, maka telah bisa dipastikan, nir ada yg mampu menemukan blog/ web anda.

Peringkat yg rendah sama seperti tidak memiliki peringkat sama sekali, menggunakan kata lain nir terlihat oleh pengguna, karena tidak terlihat maka tentu saja blog/ web kita sepi pengunjung.

Karena itulah SEO itu hadir, seluruh demi tentang memperbaiki posisi peringkat blog/ web kita pada hasil penelusuran google search engine, menggunakan kata kunci khusus dan kata kunci krusial pastinya.

Cara Google merangking website

Google menggunakan lebih dari 200 kriteria buat memilih peringkat laman web buat setiap istilah kunci.

Algoritma mesin pencari dijaga ketat, selalu berkembang & diupdate sepanjang ketika, lantaran banyak ahli-pakar pemasaran dan profesional SEO yg mencoba merekayasa & memengaruhi peringkat dan output pencarian google.

Salah satu faktor krusial yang berdiri pada atas segalanya adalah link popularity (backlink). Dan inilah yg menciptakan Google menjadi seperti kini ini.

Tautan popularitas mengukur jumlah situs web lain yang relevan yg terhubung dengan situs web/ blog kita. Dengan istilah lain, semakin poly situs-situs lain yang terhubung menggunakan situs Anda, meningkat kemungkinan peringkatnya.

Tetapi, dengan algoritma google yg terkini kini ini, link popularity atau backlink, bagi sebagian akbar blogger/ ahli SEO menganggap backlink nir lagi menjadi faktor utama yg menjadi tolak ukur dalam merangking hasil pencarian google search engine.

Akan tetapi berdasarkan apa yg telah saya lakukan, backlink masih sangat berperan krusial & masih menjadi galat satu faktor primer pada merangking sebuah blog/ situs web, selama link yang menuju situs web/ blog kita relevan dan alami.

Ketika situs web lain yang relevan dan terhubung dengan situs web Anda secara alami, Google melihatnya menjadi frekuwensi bahwa terdapat sesuatu yg berharga di situs Anda.

Bila Anda mempunyai beberapa situs web yang mempunyai popularity yang tinggi yang diukur berdasarkan nilai Page Authority (PA) dan Domain Authority (DA) yg terhubung dengan situs web/ blog Anda secara alami dan relevan, Google meringkas tautan ini sehingga semakin poly tautan relevan & mempunyai popularity tinggi yg Anda dapatkan, semakin baik jua posisi SERP dan popularity blog/ situs web kita.

Namun, nir semua link dihitung sang Google menggunakan nilai sama, link yg paling berharga dari berdasarkan situs web yang memiliki popularitas tautan yang tinggi juga. Jika situs web yang popularity tinggi terhubung dengan situs Anda, maka situs tadi akan memberikan popularity mereka ke situs web/ blog Anda.

Cara Google Menentukan Kata Kunci

Semuanya dimulai dengan kata kunci. Seseorang mengetikkan kata kunci ke pada kotak pencarian & mendapatkan segudang output.

Kita sudah berbicara mengenai pentingnya peringkat tinggi, tapi karena hasil pencarian adalah kata kunci-spesifik, bagaimana Google mengetahui istilah kunci mana yg terkait dengan laman situs Anda?

Google menganalisa isi situs web/ blog Anda buat memilih istilah kunci. Ini terlihat dalam teks pada situs web Anda, judul laman (postingan), sub-sub judul, navigasi & bahkan nama arsip gambar dan dokumen Anda.

Selain itu, Google pula melihat istilah kunci berdasarkan situs yang terhubung dengan situs web/ blog Anda.

Jika situs web ini terkait atau memiliki konten serupa, Google menduga tautan ini sebagai bunyi kepercayaan buat kata kunci tertentu.

Inilah sebabnya mengapa tautan terkait & relevan menurut situs web umumnya lebih baik daripada tautan yg nir terkait & nir relevan menggunakan konten blog/ situs web anda.

Cara Google Meningkatkan Kualitas Search Engine nya

Google bertekad untuk mempertinggi kualitas dan relevansi output pencariannya secara terus menerus. Dan inilah yg dilakukan oleh google atas semuanya.

Google melihat ada yang mencoba menipu sistem dan prosedur pemecahan mereka & menganggapnya menjadi ancaman.

Konten yang menipu, rendah atau tidak relevan, nir sinkron menggunakan visi Google tentang pengalaman pengguna yg baik, mengakibatkan google terus menerus melawan spam menggunakan mendevaluasi (deindex) dan menghapus situs web yang membuat konten jelek atau mencoba memanipulasi sistem mereka.

Google secara terbuka melawan hal-hal berikut dan mengkatagorinya sebagai jenis spam:

  1. Backlink yang tidak wajar/ tidak alami
  2. Situs web yang diretas,
  3. Menampilkan konten yang berbeda ke mesin telusur/ search engine
  4. Konten dengan sedikit atau tanpa nilai tambah,
  5. Domain terparkir,
  6. Teks tersembunyi,
  7. Isian kata kunci dan banyak lagi.

Seperti yang bisa Anda lihat, Google melakukan banyak hal untuk menjaga kualitas & relevansi output penelusuran google search engine mereka, dan Anda wajib menerapkan prioritas yang sama seperti google buat situs web/ blog Anda.

Strategi SEO yang paling efektif & kondusif merupakan bermain sinkron peraturan.

Istilah-istilah SEO Penting yg Harus Anda Ketahui

SEO bisa tentang duduk perkara teknis, dan kata-kata yang terpisah mencakup kata-istilah yg mungkin tidak biasa dan nir pernah anda dengar sebelumnya.

Anda akan melihat beberapa istilah-kata ini nanti pada postingan ini. Berikut adalah beberapa surat keterangan cepat buat beberapa kata-kata teknis SEO buat Anda ketahui:

  1. Link Popularity (Link Juice) – Kredibilitas suatu halaman web melalui link halaman web lain.
  2. PageRank – Metrik Google untuk mengukur popularitas tautan dari laman web yang dinamai dari nama co-founder Google: Larry Page. PageRank diukur dengan angka pada skala 1 sampai 10. Namun sekarang PageRank tidak lagi menjadi tolak ukur, bahkan sekarang tidak lagi digunakan.
  3. MozRank - Metrik alternatif dalam mengukur popularitas suatu halaman web. Dikelola oleh MOZ (alat ukur SEO) dengan skala 1 sampai 100.
  4. Domain Authority (DA) – Metrik lain yang dikelola oleh MOZ yang mengelola kredibilitas seluruh domain (situs web) pada skala 1 sampai 100.
  5. Page Authority (PA) - Metrik lain yang juga dikelola oleh MOZ yang merupakan gambaran rangking pada website maupun blog yang dilihat atau ditemukan di mesin pencarian pada skala 1 sampai 100.
  6. SERP – Search Engine Results Page, Halaman Hasil Pencarian Search Engine adalah halaman daftar hasil yang dikembalikan oleh mesin pencari sebagai jawaban atas permintaan kata kunci dari pengguna.
  7. Inbound Links – Tautan dari situs web pihak ketiga lainnya ke situs web Anda.
  8. Internal Links – Tautan dari dalam situs web Anda sendiri yaitu, satu halaman situs web Anda terhubung ke halaman lain di situs Anda sendiri.
  9. Anchor Text – Mengacu pada teks yang terlihat di dalam tautan yang menjelaskan konten yang ditautkan. Misalnya jika link tersebut mengatakan: Praktik Teknik Dasar SEO, kemungkinan konten yang tertaut adalah tentang Praktik Teknik Dasar SEO yang artinya relevan.
  10. Link Bait (Link Magnet)/ Umpan Tautan -  Konten yang dirancang untuk mendorong orang lain agar menautkannya dari situs web lain dengan menambahkan kredibilitas tautan dan keseluruhan manfaat SEO.
  11. Trackback (Pingback) - Jenis komentar yang dibuat saat posting blog Anda ditautkan dari situs lain.
  12. Authors Rank/ Peringkat Penulis – Sistem kepengarangan untuk memberi peringkat pada kualitas konten yang terkait dengan profil Google Plus (Pengarang konten). Google sekarang melacak pengarang konten dan peringkatnya terutama disusun berdasarkan angka +1 dan bagian konten yang Anda tulis.
  13. Publisher Rank/ Peringkat Penayang - Serupa dengan Peringkat Penulis, namun hanya untuk bisnis di Google+.

Demikian strategi SEO dasar yg harus diketahui sang blogger pemula, lalu akan kita lanjutkan mengenai kesalahan-kesalahan SEO yang mesti dihindari dalam menjalankan praktik strategi dasar SEO buat pemula.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2