Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kementerian/ Lembaga Tahun 2019

Pendaftaran penerimaan siswa-siswi dan taruna-taruni lulusan SMU / SMK sederajat tahun 2018 di delapan Lembaga Pendidikan atau Sekolah Kedinasan pemerintah dibuka mulai hari senin 9 April 2018.

Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN)

Lantaran itu, dihimbau pada para calon pelamar buat segera mempersiapkan diri, karena setiap sekolah kedinasan pemerintah memiliki persyaratan teknis yang berbeda-beda, buat itu agar dibaca secara teliti setiap persyaratan yg di berikan.

Adapun kedelapan K/L tadi, antara lain Kementerian Keuangan (PKN STAN), Kementerian Dalam Negeri (IPDN), Badan Siber & Sandi Negara (STSN), Kementerian Hukum & HAM (POLTEKIP dan POLTEKIM), Badan Intelijen Negara (STIN), Badan Pusat Statistik (POLITEKNIK STATISTIKA), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG), dan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, POLTEK & Akademi).

Kedelapan forum pendidikan kedinasan tersebut memiliki persyaratan umum dan administrasi, tata cara registrasi, tahapan seleksi, format pengiriman berkas, jadwal ketika pelaksanaan, dan warta teknis lainnya masing-masing.

pendaftaran sekolah kedinasan KL 2018

Syarat-syarat tentang nilai rata-rata, tinggi badan, juga usia bhineka di setiap forum pendidikan.

Syarat Umum dan Administrasi

  1. Lulusan SMU/ SMK sederajat (tahun 2017 atau sebelumnya) dengan nilai rata-rata ujian di ijazah 70,00 dengan skala 100,00
  2. Calon lulusan SMU/ SMK sederajat (tahun 2018) dengan nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau 2,80 dengan skala 4,00, dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian yang tertulis pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
  3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 20 tahun.
  4. Usia minimal pada tanggal 1 September 2018 adalah 17 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma I dan
  5. Usia minimal 15 tahun bagi peserta yang memilih Spesialisasi Diploma III.
  6. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika. dan zat adiktif lainnya)
  7. Mampu melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik;
  8. Mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran, dan berdiskusi;
  9. Mampu bergerak tanpa menggunakan alat bantu berjalan atau dengan menggunakan alat bantu berjalan selain kursi roda.
  10. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan.

alokasi spesialisasi pkn stan

Khusus Spesialisasi Kepabeanan dan Cukal dibubuhi syarat sebagai berikut:

1. Spesialisasi Diploma I:

  • Laki-laki tinggi badan minimal 165 cm;
  • Perempuan tinggi badan minimal 155 cm;

2. Spesialisasi Diploma III:

  • Laki-laki menggunakan tinggi badan minimal 165 cm;

3. Tidak cacat badan;

4. Tidak buta rona; dan

lima. Untuk pengguna kacamata/ lensa kontak minus (rabun jauh) dan/ atau plus (rabun dekat) &/ atau silinders bisa diberikan toleransi maksimal hingga ukuran 2 dioptri.

Khusus Program Afirmasi ditambahkan kondisi menjadi berikut:

  1. Dicalonkan oleh SMA/SLTA atau yang sederajat dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/ SLTA mencalonkan hanya 1 (satu) siswa terbaiknya;
  2. Telah menyelesaikan SD atau yang sederajat, SMP/ SLTP atau yang sederajat di wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara TImur atau memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Menyetor biaya pendaftaran sebanyak Rp 300.000,00 (tiga ratus ribu rupiah).

Tata Cara Pendaftaran PKN STAN

  1. Registrasi peserta dan pemilihan sekolah kedinasan: PKN STAN melalui portal http://sscndikdin.bkn.go.id pada tanggal 9-30 April 2018.
  2. Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/ Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur;
  3. Pengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal http://spmb.pknstan.ac.id pada tanggal 9-30 April 2018 yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

  • Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal http://sscndikdin.bkn.go.id:
  • Mengisi data pilihan unit penempatan (Kementerian Keuangan atau Non-Kementerian Keuangan);
  • Mengisi data pilihan spesiaiisasi;
  • Mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah pas foto (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos), dan dokumen yang dipersyaratkan (ijazah/rapor dan identitas diri). Bagi pendaftar calon lulusan tahun 2018 mengunggah Surat Keterangan Mengikuti Ujian Nasional yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah/ pejabat yang berwenang;
  • Mengunci data dan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
  • Menyetor biaya pendaftaran sesuai dengan ketentuan; dan
  • Mengunduh dan mencetak Bukti Peserta Ujian (BPU).

Calon peserta Program Afirmasi mengunggah tambahan dokumen menjadi berikut:

  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah SMU/SLTA dari wilayah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur dengan ketentuan setiap 1 (satu) SMA/SLTA hanya mencalonkan 1 (satu) siswa terbaiknya;
  • Ijazah SO dan Ijazah SMP atau Akta Kelahiran, KTP ayah atau ibu kandung, dan Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/ Kepala Desa.

Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan menjadi berikut:

  • Periode pembayaran adalah 9 April - 3 Mei 2018;
  • Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada situs http://spmb.pknstan.ac.id) dengan menggunakan MVA;
  • Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun;
  • Calon peserta yang telah melakukan pengisian formulir pendaftaran online (e-reglstration) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, dapat mengunduh Bukti Peserta Ujian (BPU) melalui situs http://spmb.pknstan.ac.id dan mencetaknya di kertas HVS warna putih ukuran A4;

Peserta yg telah mengunduh BPU menempelkan pas foto berwarna modern ukuran 4 X6 cm (berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, & bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos) dalam tempat yg sudah disediakan di BPU. Pas foto yg ditempel wajib sama dengan yg diunggah dalam ketika pendaftaran online.

Panduan registrasi secara lengkap bisa ditinjau pada situs http://www.Kemenkeu.Go.Id, http://www.Bppk.Kemenkeu.Qo.Id & http://www.Pknstan.Ac.Id.

Tahapan Seleksi PKN STAN

Jadwal pelaksanaan seleksi PKN STAN

1. Ujian Tertulis

a. Ujian Tertulis menggunakan memakai Computer Assisted Test (CAT) akan diselenggarakan dalam tanggal 27 Juni hingga dengan 7 Jull 2018 pada lokasi sebagai berikut:

  • Jakarta
  • Banda
  • Medan
  • Padang
  • Pekanbaru
  • Batam
  • Jambi
  • Palembang
  • Bandar Lampung
  • Cimahi
  • Semarang
  • Yogyakarta
  • Surabaya
  • Malang
  • Denpasar
  • Mataram
  • Pontianak
  • Banjarmasin
  • Balikpapan
  • Manado
  • Palu
  • Makassar
  • Ambon
  • Sorong
  • Jayapura
  • Bengkulu
  • Kupang
  • Tarempa
  • Ternate
  • Merauke

b.Ujian Tertulis terdiri atas:

1) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) mencakup:

  • Tes Karakteristik Pribadi;
  • Tes Intelegensi Umum; dan
  • Tes Wawasan Kebangsaan.

2) Tes Potensi Akademik (TPA), dan

3) Tes Bahasa Inggris (TBI).

C. Peserta dinyatakan lulus Ujian Tertulis apabila:

  • Memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018 tentang Penerimaan Mahasiswa-Mahasiswi/ Taruna-Taruni Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/ Lembaga Tahun 2018;
  • Memenuhi nilai ambang batas TPA (67) dan TBI (30);
  • Peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia.
  • Pemeringkatan hasil ujian tertulis sebagaimana dimaksud pada poin c nomor 3) dilakukan berdasarkan:
  • Nilai total yang merupakan penjumlahan dari nilai TPA dan TBI;
  • Apabila terdapat peserta dengan jumlah nilai total TPA dan TBI yang sama sehingga mengakibatkan jumlah yang dapat diterima melebihi kebutuhan, nilai peserta tersebut akan diurutkan berdasarkan nilai SKD sesuai dengan PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018.
  • Peserta Program Afirmasi, dinyatakan lulus ujian tertulis apabila memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai PERMENPANRB Nomor 22 Tahun 2018 dan berada di perlngkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan yang tersedia. Pemeringkatan dllakukan berdasarkan nilai SKD.
  • Penentuan speslalisasi bagi peserta yang lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) PKN STAN ditentukan oleh Panitia Pusat berdasarkan nilai total TPA dan TBI dan pilihan peserta pada saat pendaftaran. Pengumuman jadwal dan tempat Ujian Tertulis dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.qo.id. http://www.bppk.kemenkeu.ao.id. dan http://www.pknstan.ac.id pada tanggai 31 Mei 2018.

D. Ujian Tertulis diiaksanakan selama 150 mnt menggunakan pembagian sesi menjadi berikut:

Jadwal Waktu Pelaksanaan PKN STAN

waktu ujian tertulis pkn stan

Informasi Teknis lainnya seleksi penerimaan siswa-siswi/ taruna-taruni PKN STAN

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Syarat Umum & Administrasi IPDN

  1. Warganegara Indonesia
  2. Berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun per 1 September 2018
  3. Tinggi Badan laki-laki minimal 160 cm dan perempuan minimal 155 cm
  4. Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA/IPS termasuk lulusan Paket C dengan ketentuan dengan Nilai rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol) dari masing-masing Nilai Rata-Rata Rapor dan Nilai Ujian Sekolah bagi pendaflar lulusan tahun 2015 s.d 2018;
  5. Khusus bagi Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat Nilai rata-rata ljazah minimal 65,00 (enam puluh lima koma nol-nol) dari masing­masing Nilai Rata-Rala Rapor dan Nilai Ujian Sckolah bagi pendaftar lulusan lahun 2015 s.d 2018;
  6. KTP-el bagi peserta yang berusia diatas 17 Tahun atau Karru Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP-el.
  7. Bagi yang belum memiliki KTP-el atau KK menggunakan Surat Keterangan Kependudukan atau resi permintaan pembuatan KTP-el dengan NIK yang sama pada saat mendaftar pada websice https://sscndikdin.bkn.go.id;
  8. Surat keterangan dari Kepala Sekolah acau pejabat berwenang sebagai peserta Ujian Nasional bagi siswa SMA/MA kelas 3 Tahun Ajaran 2017/2018;
  9. Surat elektronik/ e-mail yang mnsih aktif;
  10. Pas photo

Pendaftaran SPCP IPDN

  1. Pendaftaran dimulai tanggal 9-30 April 2018 melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id;
  2. Selanjutnya menyampaikan kelengkapan berkas dengan cara mengunggah/ mengupload dokumen persyaratan calon peserta IPDN Tahun 2018 ke website https://spcp.ipdn.ac.id mulai tanggal 10 April s.d. 2 Mei 2018;
  3. lnformasi lebih lanjut mengenai pendaftaran SPCP IPDN dapat menghubungi call center IPDN 0804-1-700-700 atau website http://kemendagri.go.id dan http://spcp.ipdn.ac.id.

Tahapan Seleksi SPCP IPDN

  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Kompetensi Dasar;
  3. Tes Kesehatan Daerah;
  4. Tes Psikologi, lntegritas dan Kejujuran;
  5. Penentuan Akhir:

  • Verifikasi Dokumen
  • Tes Kesehatan Pusat
  • Tes Kesemaptaan
  • Tes Wawancara

Untuk persyaratan lainnya dan Jadwal Pelaksaan Seleksi SPCP IPDN dapat dilihat di SPCP IPDN

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (STMKG)

A. JENJANG & PROGRAM STUDI STMKG

  1. Meteorologi (112 Taruna);
  2. Klimatologi (26 Taruna);
  3. Geofisika (24 Taruna);
  4. Instrumentasi-MKG (88 Taruna).

B. PERSYARATAN CALON TARUNA STMKG:

1. Persyaratan Umum STMKG

  • Pria/Wanita, Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dapat berkacamata maksimal minus (-) 2, spheris dan tidak silinder.
  • Umur tidak kurang dari 16 tahun dan tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 September 2018.
  • Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  • Bebas narkoba yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat saat dilakukan Tes Kesehatan.
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
  • Tinggi badan minimal 163 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang.
  • Bersedia bekerja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sesuai ketentuan yang berlaku sejak dinyatakan lulus pendidikan, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Persyaratan Akademik STMKG

  • Lulus / akan lulus SMA/Madrasah Aliyah (MA) jurusan IPA atau SMK dengan kompetensi keahlian Teknik Elektronika Industri, Teknik Mekatronika, Teknik Jaringan Akses, Teknik Transmisi Telekomunikasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan.
  • Lulus / akan lulus SMK dengan kompetensi keahlian pada butir (a) tersebut hanya dapat mendaftar untuk jurusan Instrumentasi-MKG. Kompetensi keahlian selain pada butir (a) tersebut tidak dapat diterima.
  • Bagi yang lulus sebelum tahun 2018, nilai ijazah untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).
  • Bagi yang akan lulus pada tahun 2018, nilai rapor untuk tiga semester terakhir (semester 3, 4, dan 5) pada mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 70 (skala 100).

C. TATACARA PENDAFTARAN STMKG:

  1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman Panitia Seleksi Nasional Pendidikan Kedinasan di https://sscndikdin.bkn.go.id dan dilanjutkan dengan pengisian formulir pendaftaran di laman Penerimaan Taruna Baru STMKG/ PTB-STMKG-2018 di https://ptb.stmkg.ac.id
  2. Pendaftar harus terlebih dahulu yakin memenuhi seluruh syarat di bagian B sebelum melakukan pendaftaran. Apabila ternyata tidak memenuhi syarat tersebut, maka pendaftar tidak dapat diterima/dibatalkan sebagai calon taruna, dan biaya pendaftaran yang telah disetorkan tidak dapat diambil kembali untuk alasan apapun.
  3. Pendaftar hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga dan apabila pelamar diketahui mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.
  4. Tata cara pengisian formulir pendaftaran dapat dilihat pada alamat laman (website) Panitia PTB-STMKG-2018 tersebut di atas.
  5. Biaya Pendaftaran sebesar Rp 75.000,- dan biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebesar Rp 50.000,- . Tata cara pembayaran dapat dibaca pada Ketentuan Pendaftaran PTB-STMKG-2018.

JADWAL PENDAFTARAN STMKG

Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan STMKG

Dalam pendaftaran dan seleksi penerimaan siswa-siswi dan taruna-taruni sekolah kedinasan pemerintah, masih ada beberapa syarat yg mengharuskan adanya surat biar orang tua atau wali, hasil psikotes, surat warta catatan kepolisian (SKCK), & sebagainya.

Kami berharap adik-saudara termuda yg ingin mendaftar & sebagai CPNS berdasarkan jalur sekolah kedinasan ini mempersiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya, menggunakan jalan belajar, berdoa & pantang menyerah.

Dari semua tahapan seleksi penerimaan anak didik-siswi & taruna-taruni sekolah kedinasan pemerintah ini, dalam ujian tertulisnya disebutkan bahwa pelaksanaannya memakai sistem CAT (Computer Assisted Test), berupa tes kompetensi dasar yang terdiri menurut Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Potensi Akademik (TPA), & Tes Bahasa Inggris (TBI).

Untuk itu, portal awambicara ini telah menyediakan banyak sekali bentuk soal beserta simulasi CAT buat anda pada mempersiapkan diri anda supaya mampu lulus dan diterima sebagai taruna-taruni sekolah kedinasan yg dalam akhirnya nanti akan diangkat sebagai CPNS/ PNS.

Anda dapat belajar dan memperkaya perbendaharaan soal anda di postingan kami sebelumnya, yakni Tips Super Lulus Tes CPNS 2018 - Contoh Soal, Kunci Jawaban dan Trik Menjawabnya.

Sedangkan buat simulasi CAT nya bisa anda ikuti tautan ini.

Selamat berjuang, yakinlah anda sanggup. Selalu berusaha, belajar dan berdoa, semoga anda sanggup lulus dan diterima menjadi praja sekolah kedinasan yang dalam akhirnya nanti akan diterima dan diangkat sebagai PNS. Sukses!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2