Opini - Menteri Rakyat Awam

Menteri merupakan jabatan politik yang memegang suatu jabatan publik signifikan pada pemerintah.

Menteri umumnya memimpin suatu kementerian dan dapat adalah anggota dari suatu kabinet, yg umumnya dipimpin sang seorang raja/ratu, gubernur jenderal, presiden, atau perdana menteri.

Di Indonesia, menteri adalah pembantu presiden yang memimpin kementerian. Menteri-menteri tergabung dalam kabinet.

Setiap menteri membidangi urusan eksklusif pada pemerintahan, kecuali menteri ketua yang bertugas melakukan sinkronisasi & koordinasi urusan menteri-menteri yg berada di pada lingkup tugasnya.

menteri orang awam

Presiden juga dapat mengangkat wakil menteri dalam kementerian tertentu bila terdapat beban kerja yg membutuhkan penanganan secara spesifik.

Opini - Menteri Orang Awam

Pada beberapa kabinet terdahulu, terdapat menteri menggunakan nomenklatur "menteri mudadanquot; dan "menteri negara".

Syarat Jadi Menteri :

  1. Warga negara Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan cita-cita proklamasi kemerdekaan
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Memiliki integritas dan kepribadian yang baik
  6. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.

Sebagai masyarakat awam, parameter berhasilnya seorang Menteri dalam suatu kabinet Pemerintahan apabila Menteri yang membidangi bidangnya membuat berkeadilan bagi masyarakat secara langsung, misalnya sebagai berikut:

1. Menteri Pertanian (Mentan).

Bagi aku menjadi umum , suksesnya Mentan apabila sanggup membuat harga karet mentah jadi tinggi, harga sawit mentah tinggi, harga padi tinggi, harga tebu tinggi, lada dll, tetapi waktu telah diproduksi jadi murah, harga ban motor, kendaraan beroda empat dll murah, harga beras murah, harga minyak goreng, gula dll murah, pungkasnya negara ini negara agraris tanahnya subur org Jawa bilang negara ini GEMAH RIPAH LOH JINAWI tongkat batu jadi tanaman , batang ubi lempar kebelakang saja besoknya tumbuh meski sungsang heheheh akan tetapi ternyata apa saja mahal di negara ini.

2. Menteri Kelautan dan Perikanan.

Saya yang awam, suksesnya Menteri kelautan dan perikanan bila harga ikan yang diekspor mahal akan tetapi yang dijual dipasaran negara ini murah, negara ini dilingkupi bahari, ikan melimpah tapi harga ikan buat rakyatnya sendiri mahal sekali, saya tidak butuh kapal asing pencuri ikan dibom atau diledakkan yang penting bagi saya, semua warga sanggup makan ikan dan harga ikannya nir mahal, kalau harga ikan masih mahal bagi rakyat apa gunanya kapal asing dibom hehehhe.

3. Menteri Ketenagakerjaan

Selama masih poly TKI bekerja diluar negeri maka negara ini dipimpin oleh org yg kurang beres, sampai masyarakat kita bekerja keluar negeri meninggalkan suami/istri, anak dan keluarganya banting tulang hanya demi sesuap nasi padahal negara ini negara kaya negara ini tidak bisa membuka lapangan pekerjaan bagi rakyatnya.

Ini pandangan umum bukan pandangan orang yg pintar dan bukan pandangan akademisi...

Bersambung.....

RizalF

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2