CATAT! Jangan Sampai Keliru - Begini Cara Daftar CPNS 2019

Jika Anda telah mempersiapkan diri Anda buat mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019, Anda wajib buat mengetahui bagaimana cara daftar CPNS 2019.

Catat! Begini Cara Daftar CPNS 2019

Simak dan catat serta baca baik-baik, jangan hingga Anda galat dan gagal pada tahapan paling awal karena nir memahami bagaimana cara daftar CPNS 2019 nanti.

Melalui siaran Pers BKN Nomor: 014/RILIS/BKN/VII/2018, mengungkapkan bahwa jelang pengumuman pembukaan penerimaan CPNS 2019 secara resmi dirilis.

cara daftar cpns 2018

Adapun tentang mekanisme & aplikasi seleksi CPNS 2019 akan dilakukan secara terpusat dan terintegrasi.

Jadi, buat pendaftaran dan seleksi penerimaan CPNS 2019 ini tidak lagi dilaksanakan oleh instansi masing-masing seperti dalam tahun sebelumnya.

Sedangkan buat aplikasi seleksi kompetensi dasar (SKD) & seleksi kompetensi bidang (SKB) akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN).

Selain itu buat registrasi CPNS nya pun akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional http://sscn.Bkn.Go.Id & tidak ada registrasi melalui portal mandiri oleh masing-masing instansi.

Artinya, seluruh proses, baik itu pengumuman, pendaftaran dan seleksi akan diadakan dengan sistem satu pintu, yakni melalui panselnas penerimaan CPNS 2019.

Baca: Cara Jitu Lulus Tes CPNS 2019

Jadi, buat anda yg ngebet banget ingin jadi PNS, jangan sampai termakan oleh aneka macam tipu daya yg menjanjikan akan meluluskan Anda atau memudahkan Anda buat diangkat sebagai CPNS.

Selalu lihat info resmi pengumuman pendaftaran maupun gugusan CPNS 2019 berdasarkan BKN dan Kemenpan RI ya.

#SobatBKN yuk lihat video Mekanisme Seleksi CPNS Terintegrasi yang disampaikan oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara, Iwan Hermanto dalam #Rakornaspeg2018 https://t.co/C0Qdu8K7U2 via @YouTube https://t.co/C0Qdu8K7U2

— BKNgoid (@BKNgoid) 16 Juli 2018

Jangan hingga menerima berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, apalagi hingga ikut menyebarkannya.

Tata Cara dan Mekanisme Pendaftaran CPNS 2019

BKN akan secara resmi merilis tata cara dan prosedur registrasi CPNS 2019.

Tata cara dan mekanisme pendaftaran CPNS 2019 ini telah di posting di akun-akun resmi BKN, yakni di twitter @BKNgoid, dan di channel youtube BKNgoid.

Baca dan Catat Setiap Informasi berdasarkan BKN

Para peserta diharapkan buat membaca & mencatat baik-baik seluruh liputan ini.

Semua tidak lain & nir bukan adalah buat meminimalisir kesalahan menurut para peserta saat melakukan proses registrasi nanti, seperti ketika mengupload kondisi-kondisi yg diperlukan dalam waktu registrasi nanti, & sebagainya.

Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN)

Mekanisme seleksi penerimaan CPNS 2019 terintegrasi, yakni semua proses seleksi CPNS 2019 nanti akan dilakukan melalui satu link saja, yakni SSCN.

Yang adalah calon peserta CPNS 2019 hanya dapat mendaftar melalui link sscn.Bkn.Go.Id

Jangan salah ! Untuk proses seleksi administrasi dilakukan melalui portal SSCN, sedangkan buat seleksi ujian CPNS nya menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) BKN melalui portal cat.Bkn.Go.Id

Baca: Formasi CPNS SMA Untuk Penjaga Tahanan Lapas

Jadi buat semua proses registrasi, mulai menurut daftar, regestrasi hingga mengupload berkas, sampai menerima angka peserta, dilakukan melalui portal SSCN yang ialah paperless, dikirim secara elektronik.

Kemudian tiba ke instansi tempat dimana Anda mendaftar, kemudian nanti akan diverifikasi oleh instansi bersangkutan mengenai berkas yg sudah Anda upload di portal sscn.Bkn.Go.Id dengan yang aslinya.

Computer Assisted Test (CAT) BKN

Untuk seleksi penyaringan penerimaan CPNS 2019 dilakukan dengan sistem CAT atau Computer Assisted Test (CAT) BKN pada portal cat.Bkn.Go.Id

Baca: Latihan Soal CAT CPNS 2019

Jadi jangan hingga Anda galat. Catat baik-baik, buat seleksi administrasi, mulai menurut registrasi, mengupload berkas hingga mendapatkan nomor peserta itu melalui SSCN.

Sedangkan buat seleksi penyaringannya sendiri menggunakan sistem CAT BKN, di portal cat.Bkn.Go.Id

Cara Daftar CPNS 2019

Dalam tahapan ini, Anda wajib sahih-benar memperhatikan & membaca baik-baik apa yang akan disampaikan, karena ini merupakan permulaan langkah Anda buat menjadi CPNS.

Jangan sampai langkah awal ini, yang lantaran alasan teknis atau lantaran ketidaktahuan Anda menciptakan Anda gagal sebelum hingga pada seleksi ujian penyaringan CPNS 2019 nanti.

Bagan Alur Pendaftaran CPNS 2018

Berikut prosedur atau cara mendaftar penerimaan CPNS 2019 melalui link sscn.Bkn.Go.Id:

1. Mendaftar Menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Pertama sekali yg dilakukan dalam mendaftar CPNS 2019, calon peserta diwajibkan buat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pada tahap ini, Anda wajib sudah memastikan terlebih dahulu bahwa NIK anda sudah terdaftar pada sistem dukcapil.

Karena hingga saat ini pemerintah sendiri mengakui bahwa NIK belum 100 persen valid & terdaftar seluruh.

Jadi agar anda nir gagal pada tahap ini, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu, apakah NIK Anda sudah terdaftar atau belum pada sistem kependudukan nasional.

NIK juga digunakan buat log in pada laman sscn.Bkn.Go.Id, apabila NIK Anda terdaftar maka sistem akan mengenalinya, menggunakan istilah lain sistem akan mengecek kevalidan NIK setiap calon peserta.

Dua. Mendapatkan Bukti Daftar Akun

Jika NIK Anda valid & dikenali oleh sistem SSCN, Anda akan menerima bukti daftar akun.

Bukti daftar akun ini nanti akan Anda gunakan buat mendaftar posisi atau gugusan di Instansi dimana Anda akan melamar nanti.

Calon peserta permanen melakukan pendaftaran melalui link SSCN, merupakan di SSCN inilah seleksi admnistrasi para calon peserta CPNS 2019.

Tiga. Upload Dokumen pdf

Setelah Anda mendapatkan bukti daftar akun dan mendaftar di posisi di instansi tempat anda melamar, Anda wajib mengunggah atau mengupload dokumen menggunakan format pdf.

Kemungkinan dokumen yang wajib Anda persiapkan nanti merupakan ijazah, surat lamaran dan KTP.

4. Cetak Kartu Pendaftaran

Setelah Anda mengupload dokumen format pdf yang diharapkan, Anda akan menerima kartu pendaftaran .

Kartu pendaftaran ini diperlukan buat pembuktian ke instansi loka Anda mendaftar.

Jadi, sesudah Anda mencetak kartu pendaftaran CPNS 2019, anda mendatangi instansi dimana anda melamar, dengan membawa dokumen asli yang sudah anda upload dalam tahap 3 upload dokumen pdf tadi.

Panitia seleksi penerimaan CPNS 2019 wilayah/ instansi akan memverifikasi dokumen yg anda upload menggunakan dokumen asli yg Anda bawa.

5. Cetak Kartu Peserta & TMS (Tidak Memenuhi Syarat)

Setelah semua berkas terverifikasi oleh sistem, dan terverifikasi oleh instansi dimana anda melamar, Anda akan mendapatkan kartu peserta ujian seleksi penerimaan CPNS 2019.

Namun untuk anda yg gagal pembuktian di instansi loka anda melamar, maka Anda akan dipercaya TMS atau nir memenuhi syarat, sebagai akibatnya Anda nir dapat mengikuti ujian CAT seleksi penerimaan CPNS 2019.

Kartu peserta ujian seleksi penerimaan CPNS 2019 tadi dapat Anda disimpan dalam penyimpanan ponsel juga dicetak buat dibawa waktu akan melaksanakan ujian.

Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019

Semua yg sudah dijelaskan diatas tentu nir akan berarti apa-apa bila pengumuman registrasi CPNS nya sendiri nir dilakukan pemerintah.

Yang artinya, gimana mau daftar, pengumuman jua belum....

Jadi yg tidak kalah pentingnya merupakan kapan pengumuman registrasi CPNS 2019 dibuka.

Sekali lagi kami tegaskan, pengumuman registrasi akan disampaikan secara resmi oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dan Menteri PAN RB, sendiri sudah memastikan bahwa pengumuman pendaftaran CPNS 2018 paling lambat akhir Juli 2018 ini.

Dan yg paling primer merupakan Pengumuman Pendaftaran CPNS 2019 akan disampaikan melalui website resmi Kemenpan RB, www.Menpan.Go.Id, atau sscn.Bkn.Go.Id bukan portal yang lain.

Jadi jangan sampai Anda terpengaruhi liputan hoax, atau bahkan ikut menyebar warta hoax seputar penerimaan CPNS 2019.

Setelah pengumuman registrasi CPNS 2019 dibuka, Anda dapat mendafatar di website BKN di: http://sscn.Bkn.Go.Id

Jadi, pantau terus dua situs ini:

1. - www.kemenpan.go.id

2. - sscn.bkn.go.id

Formasi Khusus SMA & SMK Sederajat

Masyarakat banyak yg bertanya-tanya, apakah pada tahun ini akan terdapat deretan buat SMU, SMK sederajat? Apakah sanggup mendaftar buat seleksi CPNS 2019 nanti?

Atas pertanyaan ini, akun sosial media resmi BKN pun menjawab diplomatis, "#SobatBKN, mimin infokan masih belum ada info resmi terkait penerimaan CPNS beserta ketentuan & persyaratannya. Jadi u/ yg bertanya lulusan SMA ada tidak, dokumennya apa saja yg dibutuhkan, mimin masih belum bisa jawab. Pantau web & media sosial kami u/ info resmi lebih lanjut."

Simak penjelasan resmi BKN di bawah:

#SobatBKN, mimin infokan masih belum ada info resmi terkait penerimaan CPNS beserta ketentuan & persyaratannya. Jadi u/ yg bertanya lulusan SMA ada tidak, dokumennya apa saja yg dibutuhkan, mimin masih belum bisa jawab. Pantau web & media sosial kami u/ info resmi lebih lanjut.

— BKNgoid (@BKNgoid) 17 Juli 2018

Jadi sabarlah menunggu info resmi pendaftaran dan formasi yang ada.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2