Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah Agar Tetap Kinclong

Merawat kendaraan beroda empat nir selalu tentang mesin dan performanya saja, namun jua tentang penampilannya.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Semua pemilik mobil pasti ingin memiliki mobil yg selalu tampil kinclong & menawan, apalagi buat kendaraan beroda empat-mobil yg berwarna cerah seperti merah, kuning, orange, putih, dan sebagainya.

Cara Merawat Mobil Berwarna Cerah Agar Tetap Kinclong

Mobil yg bercat cerah memerlukan perawatan ekstra dan khusus, apalagi apabila oleh pemilik menginginkan mobilnya selalu tampil mewah & menawan.

Mobil yg bercat & berwarna terang, awalnya memang terlihat indah dan elegan, namun bila tidak diiringi menggunakan perawatan yg benar, maka akan sebagai bumerang bagi pemiliknya.

Jika sang pemilik mobil berwarna cerah tadi nir pandai merawat cat mobilnya tersebut.

Indonesia populer menggunakan menjadi negara tropis. Negara yg hanya mempunyai dua animo, yakni ekspresi dominan hujan dan musim panas.

Panas & hujan adalah sebuah deretan alam yang dapat menggunakan sangat cepat membuat mobil bercat cerah sebagai terlihat suram & kusam.

Teriknya sinar mentari akan membuat kendaraan beroda empat bercat cerah terlihat bersinar jelas, mengkilat dan glamor ketika pertama kali keluar berdasarkan showroom mobil.

Lihat: Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) beserta Dendanya

Namun, dengan berjalannya saat, terik sinar matahari dapat membuat kendaraan beroda empat bercat cerah tadi cepat terlihat kusam, bila nir diikuti menggunakan perawatan yang ekstra.

Apalagi apabila menghadapi hujan panas, yang memang sering terjadi pada daerah tropis seperti negara kita ini.

Begitu juga menggunakan mereka yg tinggal pada daerah perkotaan, selain teriknya surya, udara yang panas akibat polusi udara, dan debu & sebagainya tentu nir bisa dihindari bagi pemilik kendaraan beroda empat baik mobil yg bercat cerah juga gelap.

Bahkan, dimusim penghujan debu yg basah terkena air akan melekat dalam body kendaraan beroda empat, sehingga hal tadi mampu menciptakan cat mobil cepat kusam bahkan mampu pula menyebabkan keretakan dalam cat kendaraan beroda empat.

Lantaran itu, buat Anda pemilik kendaraan beroda empat berwarna cerah seperti bercat merah jelas, putih, kuning dan sebagainya, Anda harus menaruh perawatan spesifik serta ekstra buat menjaga kondisi cat & kebersihan mobil Anda dari agresi-agresi alam tersebut.

Sehingga kendaraan beroda empat Anda selalu tampil glamor dan elegan.

Berikut 6 cara menjaga cat kendaraan beroda empat berwarna cerah supaya selalu tampil mewah nan elegan.

1. Hindari parkir mobil dibawah sinar mentari langsung

Kita tinggal pada negara tropis, negara yg memiliki 2 animo saja, yakni isu terkini hujan dan musim panas.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Pada saat musim panas, teriknya sinar surya, dan dampak yang ditimbulkannya nir hanya merugikan makhluk hidup/ manusia saja, namun juga bisa merugikan kendaraan beroda empat Anda.

Sinar mentari langsung dapat mengakibatkan rona cerah cat mobil Anda akan cepat kusam & tampak nir berkilau.

Selain berdampak pada cat kendaraan beroda empat Anda, teriknya sinar mentari pribadi dalam kendaraan beroda empat Anda dapat menyebabkan eksterior dan interior mobil Anda pula berpengaruh.

Seperti karet wiper yg mengeras, yg dapat mengakibatkan ukiran pada kaca kendaraan beroda empat, atau akan menciptakan dashboard mobil Anda akan terlihat lebih cepat kusam.

Karena itu, sedapat mungkin hindari memarkirkan kendaraan beroda empat Anda dibawah sinar matahari eksklusif. Apabila Anda pulang ke Mall, maka carilah tempat parkir didalam Mall, yang umumnya ada pada basement Mall.

Jangan mentang-mentang Anda hanya ingin mampir sebentar di Mall, lalu Anda mencari tempat parkir yang memudahkan Anda buat keluarnya, atau mungkin lantaran Anda ingin menghindari porto parkir yg mahal.

Jadi hindari itu, lebih baik meluangkan ketika dan mengeluarkan sedikit uang berdasarkan dalam mengeluarkan poly uang buat perbaikannya.

Apalagi dalam ketika isu terkini penghujan, jangan hingga Anda membiarkan mobil berwarna cerah Anda terkena guyuran air hujan. Negara kita ini adalah negara tropis, panas dan hujan itu sanggup datang pada sekejab.

Bahkan tidak sporadis ada hujan disaat sinar matahari sedang terik-teriknya bersinar, yg biasa kita sebut menggunakan hujan panas.

Membiarkan kendaraan beroda empat Anda terguyur hujan yang lalu kemarau dengan sendirinya karena angin atau sinar mentari akan menciptakan mobil Anda yg bercat warna cerah terlihat lebih cepat kusam dan hilang kilauannya.

Dua. Perhatikan loka cucian kendaraan beroda empat Anda

apabila Anda memilih mencuci kendaraan beroda empat dengan berlangganan pada satu tempat cucian kendaraan beroda empat, maka pilihlah tempat cucian kendaraan beroda empat yang memahami sepenuhnya bagaimana menjaga kecerahan, kilauan warna mobil Anda.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Jangan memilih loka cucian yang sembarangan, yg tidak memperhatikan kecerahan warna kendaraan beroda empat dan ketidak pahaman mereka dalam memilih bahan buat mencuci mobil Anda.

Saya sendiri acapkali mendapati poly cucian kendaraan beroda empat yang hanya memberikan pelayanan mencuci saja, tanpa memberikan perawatan ekstra dalam mobil yang bercat warna cerah.

Misalnya memakai sabun atau sampo yang sama yg dipakai dalam kendaraan beroda empat-kendaraan beroda empat bercat gelap, atau nir memberikan proteksi ekstra saat terselesaikan mencuci kendaraan beroda empat.

Apabila Anda lebih memilih buat mencuci kendaraan beroda empat sendiri, maka saat Anda mencuci kendaraan beroda empat, hindari mencuci mobil pada loka yg terkena sinar surya secara langsung.

Carilah loka yang teduh, yg nir terkena sinar matahari langsung dalam saat Anda mencuci mobil Anda sendiri.

Lantaran, rona cat kendaraan beroda empat yang cerah, seperti putih, merah, kuning ataupun silver, dalam waktu disiram air, atau pada saat disabun/ sampo, sinar matahari eksklusif berpadu dengan rona cat mobil yg cerah, akan mengakibatkan air ataupun busa sabun/ sampo akan cepat kering.

Sehingga apabila sudah demikian, air, apalagi busa sabun/ sampo yg kemarau pada body kendaraan beroda empat akan membuat cat kendaraan beroda empat yang berwarna cerah maupun gelap akan cepat kusam.

Mencuci di bawah sinar mentari justru bisa mengakibatkan flek & mempercepat kehancuran warna cerah cat pada mobil Anda karena air yg digunakan buat membilas mobil umumnya kering sendiri sebelum Anda keringkan.

Atau sabun/ sampo yg Anda aplikasikan pada semua bagian eksterior kendaraan beroda empat ketika mencuci, akan cepat kering sebelum Anda sempat buat membilasnya.

3. Bersihkan dan bilas mobil Anda pada waktu-waktu tertentu

Sekali lagi, yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa Anda tinggal dinegara tropis, yang mempunyai ekspresi dominan hujan dan animo panas.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Jika dalam trend panas, kendaraan beroda empat Anda rentan terhadap teriknya sinar mentari langsung & debu dan kotoran lainnya.

Dan dalam saat ekspresi dominan hujan, kendaraan beroda empat bercat cerah Anda rentan terhadap lumpur, & air hujan yg kemarau menggunakan sendirinya tanpa Anda bersihkan, yg umumnya dapat menyebabkan keretakan pada cat mobil.

Lantaran itu, waktu Anda menggunakan kendaraan beroda empat Anda dan Anda tidak bisa menghindari genangan air, lumpur atau kotoran burung sekalipun, maka selesainya Anda tiba dirumah atau tempat tujuan Anda, segeralah buat membilas dan mengeringkan kendaraan beroda empat Anda.

Lantaran, jika tidak eksklusif dibilas, bekas air hujan, lumpur & kotoran lainnya sanggup menciptakan syarat mobil terlihat semakin kotor bahkan mampu sebagai noda yg susah dihilangkan.

Sebab, air hujan & kotoran burung mengandung zat asam, yang akibatnya akan membuat rona cat kendaraan beroda empat Anda akan cepat memudar.

Untuk menanganinya, segeralah bilas dengan memakai air higienis setelah mobil Anda kehujanan atau terkena kotoran lainnya.

Jika kotoran sudah terlanjur mengering, bilas menggunakan air dan sikat menggunakan kain lembut secara perlahan supaya nir meninggalkan bekas.

4. Gunakan sabun atau shampo mobil yg berkualitas

Seperti pada tips ke dua kami diatas, saat Anda memilih mencuci kendaraan beroda empat ditempat cucian kendaraan beroda empat, maka carilah tempat cucian kendaraan beroda empat yg sahih-benar memahami bagaimana mereka menentukan bahan (sabun/ sampo) untuk mencuci kendaraan beroda empat Anda.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Karena tempat cucian yang benar-benar memperhatikan konsumennya, maka mereka akan memilih sabun dan/ atau sampo mobil yang berkualitas, yg umumnya mengandung pH yg seimbang, serta pastinya nir mengandung deterjen.

Sehingga menggunakan demikian, kilauan warna cerah cat kendaraan beroda empat Anda akan tetap terjaga & tahan lama .

Sabun atau shampo yg dikhususkan untuk kendaraan beroda empat umumnya nir akan meninggalkan bercak putih yg biasa kita temukan dalam sabun atau shampo yang mengandung deterjen, saat kemarau sebelum sebelum dibilas.

Memang buat harga, umumnya sabun atau shampo khusus kendaraan beroda empat ini terbilang cukup mahal, namun walaupun harganya lebih tinggi menurut sabun atau shampo mobil biasa, memakai sampo yg tepat sangat dianjurkan mengingat kendaraan beroda empat bercat rona cerah lebih rawan memudar.

5. Perhatikan cara Anda mencuci kendaraan beroda empat

apabila Anda lebih memilih mencuci mobil sendiri, selain memperhatikan shampo yang digunakan, cara serta teknik mencuci kendaraan beroda empat jua harus Anda pahami.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Perhatikan rentang waktu waktu Anda mengaplikasikan shampo mobil dengan saat ketika Anda membilasnya.

Karena, bila Anda terlalu lama membilas mobil yg sudah Anda aplikasikan dengan shampo mobil, dapat menyebabkan terdapat bagian-bagian tertentu yg berbusa telah terjadi proses pengeringan.

Nah, disinilah mengapa Anda harus mencuci mobil ditempat teduh, yg tidak terkena sinar matahari secara eksklusif, supaya proses pengeringan tidak cepat terjadi dalam bagian-bagian tertentu mobil Anda ketika dicuci dan diaplikasikan dengan shampo mobil.

Untuk menghindari bagian kendaraan beroda empat yg sudah dishampo & berbusa cepat mengering, ada baiknya Anda membilas bagian yang telah Anda aplikasikan dengan shampo, sebelum Anda pindah buat membersihkan bagian lain kendaraan beroda empat Anda.

Tujuannya, nir lain & nir bukan adalah agar tidak terdapat busa shampo yg tersisa yg menempel serta mengering pada bodi kendaraan beroda empat Anda, yang bisa mengakibatkan rona cerah cat kendaraan beroda empat anda rusak, kusam & hilang kilauannya.

6. Jangan meletakkan benda-benda yang berbahaya dimobil atau kurang lebih mobil Anda

Biasanya, buat menjaga rumah tetap rapi, kita akan menyimpan benda-benda yg jarang atau tidak terpakai didalam garasi kendaraan beroda empat kita.

cara merawat mobil berwarna cerah agar tetap kinclong

Contohnya: Tabung gas, oli bekas, perkakas kebun misalnya mesin rumput, dan lain sebagainya.

Atau lantaran kita tidak ingin ribet, seringkali kali kita menyimpan barang-barang keperluan kita didalam mobil, yang biasanya kita lakukan untuk menghindari lupa atau karena terburu-buru.

Contohnya: korek api gas, parfum, & lain sebagainya.

Singkat kata, jangan jadikan mobil Anda sebagai lemari berjalan Anda.

Barang-barang misalnya tabung gas, mesin rumput (berbahan bakar bensin), korek barah gas dan parfum merupakan bahan-bahan yg sangat gampang terbakar.

Untuk korek api gas, atau parfum yg disimpan dimobil ini contohnya adalah bahan yang sangat berbahaya buat disimpan didalam mobil, lantaran benda-benda ini memiliki titik aporisma panasnya sendiri.

Dan jika sudah melewati titik panasnya maka akan meledak & mengakibatkan kebakaran didalam mobil, sebagai akibatnya tentunya sudah pasti akan menghambat interior kendaraan beroda empat Anda.

Begitu pula dengan tabung gas & mesin rumput atau benda apapun yg sangat mudah terbakar, jangan simpan didalam garasi kendaraan beroda empat Anda.

Oli misalnya, ini sangat mudah tercecer, & melekat didinding, ataupun pada bodi mobil Anda. Dan bila telah demikian, maka sudah barang tentu kilauan cerah cat mobil Anda akan mudah kusam.

Apalagi bahan-bahan yang mudah terbakar tersebut, akibatnya tidak hanya mobil Anda yang terbakar, tempat tinggal Andapun mampu hangus seketika.

Jadi, janganlah meninggalkan benda-benda berbahaya baik didalam mobil maupun disekitar kendaraan beroda empat Anda. Apalagi bahan yg mudah terbakar, misalnya tabung gas, perkakas kebun, korek gas, parfum dan sebagainya.

Menjaga dan Merawat Mobil menggunakan Baik

Ketika Anda tetapkan buat mempunyai kendaraan roda empat (kendaraan beroda empat), maka sudah sebagai tanggung jawab dan kewajiban Anda buat selalu menjaga dan merawatnya.

Untuk menghindari adanya kerusakan baik dalam mesin maupun pada cat kendaraan beroda empat Anda.

Membeli & memiliki sebuah kendaraan beroda empat tentu membutuhkan uang yg nir sedikit, karena itu ingatlah selalu akan hal ini, ketika Anda merasa malas buat merawat mobil Anda.

Anda mengeluarkan sejumlah uang yang akbar buat mempunyai sebuah mobil, jangan hingga uang yang telah Anda keluarkan tersebut tidak menaruh kesan & manfaat yang mendalam akibat menurut cepatnya mobil Anda mengalami kerusakan dan cepat memiliki penampilan yg jelek.

Untuk merawat dan menjaga kondisi warna cerah kendaraan beroda empat Anda, kami sudah menaruh 6 tipsnya, dan semoga bermanfaat buat Anda. Terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2