Cara dan Prosedur Perpanjangan STNK di Kantor SAMSAT

Perpanjangan STNK - Surat Tanda Nomor Kendaraan, atau biasa disingkat STNK, merupakan tanda bukti registrasi dan pengesahan suatu tunggangan bermotor.

Tanda bukti registrasi dan pengesahan tunggangan bermotor ini didasarkan pada bukti diri kendaraan serta bukti diri kepemilikannya.

cara dan prosedur perpanjangan stnk di samsat

STNK diterbitkan sang Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT), yakni suatu tempat pelayanan sistem administrasi buat memperlancar & mempercepat kepentingan warga umum pada satu loka (gedung).

Prosedur Perpanjangan STNK di SAMSAT

Penerbitan atau ratifikasi STNK di SAMSAT ini dilakukan oleh 3 instansi, yakni:

  1. Polri
  2. Dinas Pendapatan Provinsi
  3. PT Jasa Raharja
STNK berisi identitas kepemilikan seperti:

  • Nomor polisi,
  • nama pemilik,
  • alamat pemilik
Dan identitas kendaraan bermotor, seperti:

  • Merk/ tipe,
  • Jenis/ model,
  • Tahun pembuatan,
  • Tahun perakitan,
  • Isi silinder,
  • Warna,
  • Nomor rangka/ NIK,
  • Nomor mesin,
  • Nomor BPKB,
  • Warna TNKB,
  • Bahan bakar,
  • Kode lokasi, dsb
Nomor polisi dan masa berlaku yang tertera dalam STNK kemudian dicetak pada plat nomor untuk dipasang pada kendaraan bermotor bersangkutan.

STNK harus selalu dibawa dan ketika kita mengendarai tunggangan bermotor, baik sekedar untuk bepergian singkat juga buat bepergian jauh.

Kewajiban membawa STNK selama bepergian ini pada dasarnya merupakan buat kenyamanan & keamanan kita pada mengendarai kendaraan.

Lantaran dari undang-undang yg berlaku, selain SIM, STNK wajib (harus) dibawa & sanggup ditunjukkan apabila terdapat inspeksi menurut pihak yang berwajib.

Nah, karena itu selalu perhatikan & lihat apakah masa berlaku STNK Anda masih lama atau sudah mau habis.

Sebenarnya, Anda sanggup mengecek masa berlaku STNK ini dengan gampang, yakni berdasarkan Plat Nomor kendaraan bermotor Anda.

Lantaran didalam plat nomor tunggangan bermotor terdapat bulan & tahun masa berlaku STNK, jadi Anda sanggup melihatnya disana.

Sekarang, coba cek status STNK Anda, apakah masa berlakunya sudah habis, atau belum. Jika sudah habis, maka segeralah urus perpanjangan STNK Anda, jangan sampai ketemu razia di jalan hingga Anda bisa di tilang.

Jangan tunggu lama , apalagi sampe lewat sampai berbulan-bulan, segera perpanjang masa berlaku STNK Anda sebelum terlambat.

Jika telah terlambat, yg terdapat Anda akan malas buat mengurus perpanjangannya, selain itu, kendaraan bermotor Anda akan dipercaya sebagai kendaraan BODONG, tanpa surat menyurat.

Cara Memperpanjang STNK di SAMSAT

Untuk memperpanjang STNK Anda bisa pribadi mendatangi Kantor Samsat terdekat, spesifik bagian SIM dan STNK, & ikuti semua proses, & langkah-langkah perpanjangan STNK yg terdapat.

Berikut ini kami informasikan pada Anda hal-hal yang harus Anda ketahui dan lakukan waktu ingin memperpanjang STNK.

1. Membayar Pajak STNK

Untuk Anda ketahui, pada Surat Tanda Nomor Kendaraan masih ada 2 lembar atau halaman, yakni:

Lembar pertama: adalah laman bukti diri bukti angka surat tunggangan & berlaku 5 tahun

Lembar kedua: adalah identitas bukti pembayaran pajak, berlaku selama 1 tahun. (lihat: Cara Menghitung Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) beserta Dendanya)

cara dan prosedur perpanjangan stnk di samsat

Sehingga, ada dua jenis pajak yang terdapat didalam STNK & harus Anda bayar, yakni Pajak STNK tahunan dan pajak STNK lima tahunan.

Perbedaanya hanya terletak dalam pengesahan & penggantian lbr Pajak STNK saja.

Apabila Anda membayar Pajak tahunan STNK, maka dalam lbr atau page pertama STNK, hanya akan disahkan & diberi Paraf serta cap menurut kepolisian.

Sedangkan buat lbr atau laman kedua, akan dibentuk atau diganti dengan lbr pajak STNK yg baru.

Sementara itu, buat pajak STNK lima tahunan, lembar atau page pertama dan kedua STNK akan diganti dengan STNK yang baru menggunakan masa berlaku selama lima tahun pula.

2. Biaya Penggantian STNK

Biaya penggantian STNK, menurut peraturan pemerintah angka 60 tahun 2016, mengenai jenis dan tarif penerimaan Negara bukan pajak (PNBP), buat biaya perpanjang STNK ini sebesar:

Biaya Penerbitan STNK:

  • Untuk biaya Administrasi pembuatan baru juga perpanjang baru sebesar Rp100.000
  • Biaya Penerbitan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan) atau Plat Nomor sebesar Rp60.000
  • Biaya Penerbitan BPKB sebesar Rp225.000
  • Dan biaya penerbitan Surat Mutasi Kendaraan bermotor ke luar daerah sebesar Rp150.000

Biaya Perpanjang STNK Kendaraan roda empat:

  • Biaya admin STNK untuk pembuatan baru dan perpanjang STNK sebesar Rp200.000
  • Biaya Penerbitan TNKB atau Plat Nomor kendaraan sebesar Rp100.000
  • Biaya penerbitan BPKB sebesar Rp375.000
  • Biaya penerbitan surat mutasi ke luar daerah Rp. 250.000

tiga. Dokumen Persyaratan Perpanjangan STNK

Jika masa belaku STNK Anda telah akan habis atau kadaluarsa, maka Anda sanggup memperpanjang STNK sekaligus membayar pajaknya dengan melengkapi dokumen persyaratan memperpanjang STNK.

Dokumen perpanjangan STNK ini terdiri dari:

  • STNK lama Asli dan Fotokopinya
  • Fotokopi BPKB
  • Membawa KTP Asli dan Fotokopianya sesuai nama yang tercantum di STNK dan BPKB
  • Cek Fisik Kendaraan (untuk syarat perpanjang STNK setiap 5 Tahun)
Untuk cek fisik kendaraan, biasanya ada blanko tersendiri yang telah disiapkan oleh instansi terkait, dan bisa Anda mintakan di kantor SAMSAT terdekat.

4. Prosedur Perpanjangan STNK pada Kantor SAMSAT

Jika dirasa semua persyaratan sudah siap dan lengkap, Anda bisa langsung mendatangi tempat kerja Samsat diwilayah Anda & membawa persyaratan-persyaratan yg sudah dipersiapkan sebelumnya.

Adapun tahapan atau prosedur pengajuan perpanjangan STNK di kantor Samsat adalah menjadi berikut:

Mendatangi loket pendaftaran pembayaran pajak & perpanjangan STNK dan mengisi formulir permohonan untuk perpanjangan STNK kendaraan bermotor.

Selanjutnya menuju ke Loket Penyerahan Berkas, dan menyerahkan seluruh dokumen permohonan perpanjang STNK pada petugas, dan tunggu hingga dipanggil kembali sang petugas.

Selanjutnya Anda akan mendapat slip pembayaran pajak, serta Anda bisa mengetahui dari sana berapa jumlah pajak yg wajib Anda bayar.

Selanjutnya adalah mendatangi Loket Kasir dan melakukan pembayaran pajak STNK tadi sinkron menggunakan jumlah yg tertuang dalam slip pembayaran pajak STNK yang sudah Anda terima sebelumnya.

Selanjutnya Anda akan menerima bukti pelunasan pembayaran pajak STNK tersebut.

Sampai disini, Anda sudah selesai melakukan pembayaran pajak STNK, yang harus Anda lakukan selanjutnya merupakan menunggu, sampai nama Anda dipanggil pulang.

Lihat juga: Apa itu Leasing? Praktik Leasing yang Salah di Indonesia

Setelah itu Anda bisa membawa dan menyerahkan bukti pelunasan pajak ke loket TNKB buat lalu menerima lbr pertama STNK, dan lembar ke 2 bukti pembayaran pajak STNK tahunan, dan plat angka tunggangan yg baru.

Demikianlah, menurut kami bagaimana cara membayar pajak STNK, biaya perpanjangan STNK, serta langkah-langkah & prosedur perpanjangan STNK pada tempat kerja Samsat.

Hindari membayar pajak & perpanjangan STNK melalui calo, karena selain Anda wajib mengeluarkan porto lebih, Anda jua membuka peluang buat terjadinya pungli atau pungutan liar.

Mulailah berdasarkan sekarang dan dari diri sendiri, menggunakan menjadi warganegara yang taat pajak, dan mencegah pungli, yang juga adalah bagian dari tindak pidana korupsi.

Tata cara dan prosedur membayar pajak kendaraan bermotor, serta perpanjangan STNK tidaklah serumit dan seribet yang Anda pikirkan.

Asalkan semua dokumen persyaratan pembayaran pajak dan perpanjangan STNK telah siap, Anda bisa membayarnya sendiri dan tidak memerlukan ketika yang lama . Terimakasih!

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2