Apa itu Otodidak? dan Bagaimana Cara Belajar Secara Otodidak

Otodidak atau belajar sendiri merupakan orang yg tanpa bantuan guru sanggup mendapatkan poly pengetahuan & dasar empiris yang akbar dalam bidang tertentu. Mereka menerima pengetahuan tadi dengan cara otodidak.

Apa itu Otodidak?

Biasanya, seseorang yg disebut menjadi belajar sendiri bergelut pada bidang eksklusif saja, seperti seni, bahasa, arsitektur, teknologi berita, dan kerajinan tangan.

Cara Belajar Secara Otodidak

Di samping itu, ada beberapa bidang pengetahuan yang bisa jadi sangat sempit sebagai akibatnya pendidikan formal yg sesungguhnya nir ada, sehingga memaksakan seseorang buat mencari & berusaha sendiri.

Kata belajar sendiri acapkali kali berkonotasi negatif, karena banyaknya disematkan dalam orang yang tidak berpendidikan, terpelajar & mudun serta berada dalam intelektual tradisional.

Tetapi sebenarnya, perbandingan seperti ini merupakan salah , karena orang yang bisa menggunakan gampang memenuhi kondisi untuk keahlian pada bidang eksklusif, adalah orang yang luar biasa dan cerdas.

Sedangkan seseorang otodidak adalah seseorang yang mengajar dirinya sendiri mengenai subjek atau sesuatu ilmu pengetahuan di mana dia tidak mempunyai pendidikan formal pada subjek itu.

Tokoh-tokoh belajar sendiri terkemuka dunia adalah termasuk Leonardo da Vinci, Rabindranath Tagore, & Ernest Hemingway. Pembelajaran terus menerus menciptakan satu kompetensi pada menghadapi dunia yang berubah.

Menyelesaikan kursus formal dalam suatu subjek merupakan keliru satu cara buat melakukannya, akan tetapi, sanggup jadi mengeluarkan biaya yang sangat mahal.

Dengan menjamurnya Internet & perkembangan teknologi liputan, Anda dapat menyelidiki apa pun yang Anda inginkan & yg lebih utamanya Gratis.

Sebagai contoh, jika anda mengambil kursus dan bimbingan belajar bagaimana cara mengerjakan soal-soal CPNS secara cepat dan tepat, dan lulus menjadi seorang PNS, tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, Anda bisa belajar secara otodidak diartikel kami tentang tips super lulus tes CPNS 2018. Diartikel itu kami telah membuat dan menyusun berbagai bentuk soal tes CPNS mulai dari Tes Kompetensi Dasar - TKD, yang berupa tes TIU, TWK, TKP dan sebagainya.

Atau jika anda ingin belajar bahasa inggris, anda dapat melihat artikel kami di belajar bahasa inggris secara otodidak, tentang tenses, Verba Bantu Modal, Gerund and Infinitive dan lain sebagainya.

Bahkan anda bisa belajar secara otodidak tentang bagaimana lulus tes SBMPTN dan lulus Tes Sekolah Kedinasan didalam artikel kami yang lainnya.

Cara Belajar Secara Otodidak

Yang perlu Anda lakukan hanya meluangkan ketika Anda satu atau 2 jam sehari. Dengan sedikit bisnis, Anda bisa belajar bagaimana menjadi seorang autodidak.

Memulai Proses

1. Kumpulkan Apa yang Penting

Untuk sebagai dan belajar secara autodidak, Anda memerlukan beberapa persediaan. Pembelajaran tidak terjadi dalam ruang hampa; Anda memerlukan beberapa alat buat membantu Anda di sepanjang jalan bisnis belajar Anda.

Untuk memulainya, miliki notebook, pena, & mungkin secangkir kopi hangat yg enak.

Selalu simpan notebook kecil yang mampu Anda bawa kemana-mana. Lantaran ini akan berguna buat menuliskan pengamatan atau ilham serta topik buat studi lebih lanjut ketika Anda memikirkannya.

Anda pula bisa akses internet jika ingin mudah mendapatkan informasinya. Internet merupakan asal keterangan yg mengagumkan, jadi memiliki smartphone atau gadget yg memungkinkan Anda buat mengakses internet kapan pun dan dimanapun Anda ingin melihat suatu topik akan sangat membantu Anda menjadi & belajar secara belajar sendiri.

2. Tetapkan Target dan Tenggat Waktu

Tanyakan kepada diri anda sendiri mengapa Anda ingin belajar tentang topik tersebut, seberapa banyak Anda berharap buat hasiil belajar Anda, & kapan Anda ingin menyelesaikannya.

Ini adalah langkah krusial lantaran meletakkan liputan ini pada atas kertas akan menciptakan rencana Anda untuk belajar secara otodidak akan menjadi lebih konkrit & mendorong Anda buat terus melakukannya tanpa menyerah.

Bagilah waktu anda berapa jam sehari yg disisihkan buat belajar dan mencoba supaya tetap berpegang dalam jadwal tadi. Anda dapat melakukan penilaian mingguan & melihat apakah jadwal tersebut efektif & mengevaluasinya pulang bila nir berhasil.

3. Putuskan Apa yg Harus Dipelajari

Anda wajib tetapkan dan harus penekanan tentang apa yang ingin anda pelajari. Ilmu pengetahuan itu sangat luas dan nir mungkin Anda mampu mempelajari segalanya.

Pilih bagian topik yg lebih mini buat memulainya, sehingga Anda bisa menggunakan gampang mendapatkan semua pengetahuan mengenai subjek yang diberikan.

Setelah Anda menguasai bagian ini, Anda dapat beralih ke topik lain atau ke tampilan yang lebih inklusif dari subjek yg lebih besar .

Misalnya, jika Anda berencana untuk memeriksa bahasa, maka yang terbaik adalah memilih aksara serta negara tertentu mana yg ingin anda pelajari bahasanya.

Dengan cara ini Anda bisa berkonsentrasi pada aspek-aspek tertentu & nir terhambat oleh besarnya kabar.

4. Identifikasi Sumber Daya

Ada poly sumber daya untuk belajar yg tersedia seperti kitab , Internet, dan dokumenter. Sangat tidak realistis buat mengharapkan diri Anda belajar dengan terus terlibat dengan semua asal daya ini.

Jadi, pilih satu atau kombinasi dari asal daya buat diri sendiri.

Sebagai model: buat belajar Soal Psikotes, Anda dapat memilih satu atau 2 kitab Lulus Tes CPNS. Atau Anda bisa belajar hanya dengan buku saja. Atau Anda mungkin ingin membaca artikel dan esai yang tersedia secara online, seperti pada Contoh Soal Psikotes Masuk Kerja, CPNS, BUMN, SWASTA dan SBMPTN.

Menggunakan Buku buat Belajar

1. Buat Daftar Buku Tentang Topik Itu

Dengan metode ini, Anda dalam dasarnya akan menyelidiki suatu topik menggunakan mempelajarinya dari sudut pandang yang tidak sinkron.

Untuk memulainya, Anda harus menciptakan daftar kitab yg herbi topik eksklusif yg Anda minati.

Anda bisa mulai menyusun daftar buku Anda dengan mencarinya pada internet sesuai topik yg anda pilih di situs web seperti tokopedia atau mencarinya di toko buku misalnya gramedia dan salemba.

Dua. Mulailah menggunakan Buku di Daftar

Tidak perkara kitab mana yg Anda baca terlebih dahulu kecuali Anda mempunyai urutan tertentu pada pikiran anda.

Misalnya, Anda mungkin ingin memulai dengan kitab yg menawarkan pandangan yang lebih luas tentang topik sebelum masuk ke aspek yang lebih bernuansa berdasarkan subjek.

Ketika Anda selesai menggunakan itu, lanjutkan ke kitab berikutnya dalam daftar buku yg telah anda buat. Ini merupakan cara kerja keras. Anda membaca seluruh tentang topik eksklusif dari perspektif penulis yang tidak sinkron.

Jika Anda tetapkan untuk mulai menilik Tes Seleksi Masuk Kerja, Anda mungkin ingin memulai menggunakan sebuah buku yg memberikan gambaran umum tentang bagaimana cara menghadapi tes seleksi masuk kerja secara umum sebelum beralih ke kitab -buku yg membahas aspek-aspek individual berdasarkan tes seleksi masuk kerja seperti Tes Masuk CPNS, Tes Masuk BUMN, atau Tes Masuk SBMPTN.

Tiga. Buat Catatan Saat Anda Membaca

Membuat dan mengambil catatan penting, memungkinkan Anda buat memproses kabar yg Anda kumpulkan ketika membaca.

Dengan cara ini Anda dapat bertanya dalam diri sendiri tentang seberapa baik Anda memahami topik & jua mengingat warta terkait.

Simpan glosarium pada kitab catatan Anda buat istilah-kata dan konsep yang berkaitan dengan subjek yg Anda pelajari.

4. Perluas Daftar Bacaan Anda

Anda harus terus menambahkan daftar bacaan Anda dalam suatu topik saat Anda menemukan asal berita baru. Jika Anda ingin membaca semua yang ditulis mengenai suatu topik, Anda wajib mencari materi baru untuk mencerahkan Anda.

Anda dapat memutuskan apa yg wajib dibaca selanjutnya baik berdasarkan karya yg dikutip dalam kitab yang Anda selesaikan atau dari pencarian Google.

Atau Anda mungkin menentukan apa yg harus dibaca selanjutnya berdasarkan beberapa konsep baru yang Anda baca di buku terakhir.

Belajar Melalui Metode Alternatif

1. Manfaatkan Kursus Online Gratis

Banyak perguruan tinggi dan universitas yg menawarkan Kursus Online Terbuka, yang adalah kursus online perdeo yang bisa Anda daftar buat menyelidiki berbagai topik & subjek.

Mereka umumnya menunjukkan aneka macam topik & waktu buat menjangkau lebih banyak audiens seluas mungkin. Daftarkan sebesar mungkin kursus online gratis yg anda ketahui dan temui pada internet.

Sebanyak yg Anda bisa dalam topik yang Anda inginkan & terlibat sepenuhnya dalam kursus. Lakukan seluruh pembacaan dan berpartisipasi dalam diskusi online. Ini cara yang hebat dan perdeo untuk menilik lebih lanjut tentang subjek.

Atau Anda mampu mendaftar pada lembaga-lembaga eksklusif yg membahas topik yang sedang anda pelajari secara belajar sendiri. Misalnya anda ingin belajar mengenai teknologi berita, anda mampu mengikuti lembaga kaskus atau forum dtk buat belajar dan mengetahui lebih poly tentang teknologi berita.

2. Menonton Film Dokumenter Tentang Topik yg Anda Pilih

Menonton film dokumenter memungkinkan Anda melihat beberapa kabar yang didramatisasi.

Mereka pula dapat memberi Anda lebih banyak kejelasan tentang apa yg telah Anda baca atau mungkin yg akan anda baca di masa yang akan tiba dan dapat membantu Anda mengingatnya menggunakan lebih baik.

Anda mampu menonton film dokumenter saluran televisi langganan Anda, misalnya indihome dengan National Geografic (NGC), History dan lain sebagainya.

Ada poly film dokumenter yang menunjukkan penggambaran visual insiden sejarah yang akan membantu Anda memvisualisasikan topik menggunakan lebih jelas.

Ada pula banyak film historis yang akurat yang bisa Anda saksikan buat memperluas pemahaman Anda mengenai suatu topik.

3. Tonton TED Talks

Cara hebat lain untuk anda dalam belajar secara otodidak tentang subjek atau suatu topik adalah dengan menonton acara TED Talk di https://www.ted.com/talks

TED adalah organisasi nirlaba yg fokus pada bidang Teknologi, Hiburan, dan Desain yg menyelenggarakan pembicaraan yang dimaksudkan untuk membuatkan inspirasi pada subjek yg inovatif.

Pembicara yang diundang umumnya pemimpin di bidangnya masing-masing dan memiliki beberapa hal yang baru mengenai subjek atau beberapa pandangan baru inventif yang mereka bicarakan pada presentasi singkat mereka.

Anda dapat mencari pada situs web TED talks menurut topik, kategori, pembicara, bahasa, tanggal, atau kata kunci. Jadi mudah buat menemukan sesuatu yang informatif mengenai topik yang ingin Anda pelajari.

4. Kunjungi Situs Bersejarah

Salah satu cara terbaik buat belajar tentang suatu topik adalah menggunakan pulang ke tempat pada mana itu benar-benar terjadi atau di mana terdapat semacam monumen atau lokasi resmi yang merayakan subjek tersebut.

Pembelajaran secara belajar sendiri ini, dimaksudkan bagi anda yang ingin belajar mengenai sejarah.

Misalnya, jika Anda tertarik buat belajar mengenai budaya jawa, pertimbangkan buat meluangkan saat ke Yogyakarta agar Anda bisa mengalami budaya secara eksklusif disana daripada hanya membacanya saja.

Anda pula sanggup mengunjungi museum yg didedikasikan buat topik Anda. Misalnya, jika Anda mengusut sejarah kesultanan Jogja, Anda bisa mempertimbangkan mengunjungi keraton Jogja pada Yogyakarta.

Lima. Subscribe Situs Web atau Channel Youtube

Terkadang sebuah situs web, memiliki widget subscribe yg dapat digunakan oleh user mereka agar mereka bisa berlangganan kabar modern yg akan masuk kedalam email mereka sinkron situs web yg mereka subscribe.

Yang umumnya meliput keterangan mengenai topik, program mendatang yang mungkin menarik bagi pengikut, dan pembaruan krusial lainnya yg terkait menggunakan subjek.

Misalnya, jika Anda ingin belajar tentang soal-soal tes CPNS, BUMN dan tes masuk SBMPTN, belajar Hukum dan bahasa inggris Anda dapat mempertimbangkan buat berlangganan/ subscribe awambicara dengan mengisi email anda & memilih tombol subscribe now dibawah artikel ini.

Melacak Hal-Hal yang Anda Pelajari

1. Brainstorming dalam Setiap Tahap Pembelajaran

Tuliskan inspirasi apa pun yang mungkin Anda miliki tentang subjek sebelum Anda mulai belajar. Saat Anda tengah menyelidiki mengenai topik Anda, cobalah untuk bertukar pikiran & rangkum pengetahuan Anda lagi untuk melihat apa yg telah Anda ambil mengenai topik sejauh ini.

Dan waktu Anda sudah selesai membaca semua yang Anda inginkan mengenai subjek, kumpulkan pengetahuan baru Anda dengan melakukan brainstorming lagi.

Ini akan membantu Anda menyintesis seluruh pengetahuan yg Anda peroleh, namun itu juga akan memungkinkan Anda untuk melacak sejauh mana yang Anda peroleh selama proses tersebut.

Dua. Buat Jurnal

Saat Anda mengusut hal-hal baru, krusial bagi Anda buat menulisnya sehingga Anda bisa merujuk balik kepada mereka pada lalu hari.

Ini akan memungkinkan Anda buat mempertahankan pengetahuan baru Anda dengan lebih efektif. Membaca sesuatu tidak akan selalu membuatnya tetap berada pada pada pikiran Anda selamanya.

Tetapi menggunakan menulis nya pada jurnal & meninjau kembali sepotong warta tentang subjek yg anda pelajari secara otodidak akan sangat membantu Anda mencatatnya dalam ingatan jangka panjang Anda.

Tuliskan liputan menarik yg Anda pelajari dan pengamatan Anda tentang mereka. Anda dapat mengambil catatan mengenai berdasarkan mana berita itu berasal, memberi nama buku, angka laman serta mencatat halaman situs web nya bila Anda ingin balik ke asal aslinya nanti.

3. Buat Blog

Cara lain yang baik buat melacak pengetahuan Anda yg baru yang telah Anda capai adalah dengan menjaganya agar tetap eksis & tersusun secara teratur pada semacam warta online.

Dengan cara ini, Anda akan mempunyai akses ke berita yg sudah anda miliki dimanapun Anda berada. Bahkan jika Anda meninggalkan buku jurnal & notebook anda dirumah.

Ajak sahabat Anda untuk membacanya dan mengomentarinya. Anda sanggup memulai diskusi di sana. Cara terbaik buat memeriksa sesuatu adalah berbagi pengetahuan dengan orang lain.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2