Apa itu Kodi? Semua yang Harus Anda Ketahui Tentang Kodi

Apa itu Kodi?

Kodi secara perlahan tetapi pasti tumbuh dan berkembang memberi pengalaman kepada siapapun juga yang ingin menyebarkan konten menurut rumah.

apa itu kodi

Layanan kodi ini sendiri sebenarnya telah tersedia sejak tahun 2002, yang mana dalam ketika itu dikenal sebagai Xbox Media Player.

Pada tahun 2003 sampai tahun 2014, berubah menjadi Xbox Media Center (XBMC).

Jadi, Kodi ini awalnya dianggap menggunakan XBMC, yakni sebuah sentra media hiburan sreaming video, musik dan games menggunakan sumber terbuka yang tumbuh & berkembang menurut sebuah proyek amatir buat memutar konten pada Xbox orisinil.

Kodi memberikan pengguna akses kedalam konten media streaming online, termasuk video & musik, serta memperlihatkan cara buat menyimpan dan menonton konten itu pada tempat tinggal .

Dan yang lebih hebatnya lagi,  Kodi dapat berjalan di hampir setiap sistem operasi utama yang ada di ribuan perangkat pintar saat ini.

Jadi, Apa itu Kodi?

Kodi adalah sentra media software asal terbuka, yg membuat Anda bisa mengakses semua jenis konten, termasuk video & musik.

Serta dapat menjalankan konten tersebut pada perangkat apa pun yang Anda pilih, termasuk TV, laptop, ponsel, tablet, dan lain sebagainya.

Bahkan dapat dijalankan pada Raspberry Pi Anda.

Kodi hadir menggunakan antarmuka user friendly & bisa berfungsi dengan layanan penyimpanan lokal atau jaringan yg Anda gunakan.

Dan perlu Anda ketahu, Kodi tidak hanya datang dalam bentuk bundle paket pembelian Android TV Box, namun Anda juga dapat menginstal dan memasangnya dengan beberapa add-on dari pihak ketiga yang dapat meningkatkan pengalaman Kodi Anda.

Kelebihan dan Kemampuan berdasarkan Kodi

apabila berbicara mengenai hiburan, Kodi merupakan jawabannya.

Musik?

Kodi dapat memainkan poly format musik, termasuk AAC, MP3, dan OGG. Bahkan jua dilengkapi menggunakan fitur daftar putar cerdas dan kemampuan untuk menandai trek yang tidak sinkron.

Video?

Kodi bisa memainkan file menggunakan format ISO, 3D, & H.264, di antara format-format lainnya, dan pula bisa menjalankan konten online melalui Internet.

Setelah Anda mengimpor film, Kodi bahkan bisa menambahkan poster, karya penggemar, trailer, video tambahan, dan lainnya ke setiap item konten.

Kodi bahkan juga dapat mejalankan acara Televisi (TV), yang membuat Anda dapat menyimpan acara TV favorit Anda kedalam layanan Kodi.

Bagian acara TV pula didukung menggunakan poster dan tag, yang akan memberikan Anda pelukisan program & aktor secera lengkap.

Kodi bahkan pula bisa melakukan streaming gambar (slideshow), sebagai akibatnya Anda dapat mengimpor arsip gambar ke dalam daftar library Kodi & memulai tampilan slide, di antara fitur-fitur lainnya.

Anda bahkan bisa mencari, merekam & menyimpan daftar acara siaran eksklusif televisi favorit Anda buat kemudian Anda tonton nanti.

Anda juga bisa melakukan streaming dan merekam TV pribadi dari perangkat lunaknya.

Untuk melakukan ini, Anda harus memakai keliru satu berdasarkan banyak layanan backend yang mendukung fitur ini, termasuk MediaPortal, MythTV, TVheadend, & NextPVR.

Selain itu, pastikan buat terus memperbarui (update) program buat menambahkan fitur baru waktu tersedia.

Cara Kerja Kodi

Kodi dibuat buat dapat berjalan diberbagai OS (Operating System) yang terkenal ketika ini, misalnya pada Android, iOS, Linux, macOS, Windows, & Raspberry Pi.

Artinya Anda bisa memasangnya di hampir semua perangkat Anda dan dapat mengakses konten nya kapan pun & di mana pun Anda berada.

Menariknya lagi, Anda dapat menjalankan di televisi dengan set-top box atau Android TV Box & perangkat streaming lainnya.

Aplikasi ini dapat Anda instal secara gratis, dan menyediakan banyak fungsi yang nir akan Anda temukan pada pelaksanaan lain.

Dan Kodi terus menerus menambah lebih poly fitur baru dari waktu ke saat.

Setelah Kodi diinstal & berjalan pada perangkat Anda, maka Anda akan melihat daftar menu untuk Anda pilih, misalnya Gambar, Video, Musik, dan lain sebagainya.

Yang Anda lakukan adalah cukup menggunakan membuka apa yang Anda inginkan & unggah konten yang Anda pilih.

Konten Anda wajib disimpan pada suatu loka secara lokal atau di drive jaringan yang memungkinkan buat Anda akses pada kurang lebih tempat tinggal Anda serta berpotensi pula buat diakses berdasarkan jauh.

Kodi akan menciptakan katalog semua sumber konten Anda & membuatnya mudah buat diakses pada seluruh perangkat tempat kodi diinstal.

Setting up Kodi

Kodi mempunyai daftar Wiki tentang pedoman yg simpel serta dapat memberi Anda pedoman langkah-demi-langkah tentang cara menginstal, menjalankan serta menikmati layanannya.

Awam bicara jua sudah menyiapkan beberapa postingan mengenai pedoman simpel instalasi & setting kodi ini.

Postingan ini kami buat terpisah, yang kami mulai menggunakan pengantar sosialisasi tentang apa itu kodi pada artikel ini.

Postingan panduan mudah instalasi dan setting-an kodi ini kami harapkan bisa membantu Anda tahu proses instalasi & menentukan pengaturan yg sempurna buat masing-masing OS perangkat yg Anda gunakan.

Yang perlu Anda ingat merupakan bahwa Kodi ini didesain sebagai media home entertainment (hiburan tempat tinggal ) buat ruang famili Anda.

Jadi Anda juga dapat mengatur remote control yang bisa bekerja dengan sistem kodi sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan acara layanan kodi ini.

Intinya, Anda wajib memiliki remote control yg bisa ditautkan menggunakan Kodi supaya lebih mudah dalam penggunaannya.

Jika Anda ingin memperluas fitur layanan berdasarkan Kodi itu sendiri, Anda dapat periksa Add-On yang tersedia, yg menunjukkan lebih poly peluang untuk menciptakan Kodi menjadi perangkat hiburan yang lebih baik.

Namun Anda pula harus berhati-hati, buat menjalankan Kodi pada iOS, Anda memerlukan iPhone, iPad, atau iPod Touch yg sudah pada-jailbreak, atau keliru satu perangkat yang menjalankan iOS 6.0 atau lebih tinggi.

Kodi menyarankan Anda buat menjalankan iOS 8.0 atau lebih tinggi untuk mendapatkan pengalaman layanan terbaik dari Kodi.

Dan Mac yang menjalankan Xcode 7 atau lebih tinggi buat menginstal software Kodi.

Dengan kata lain, buat menginstall kodi di iOS mungkin nir sesederhana yg Anda bayangkan.

Perangkat yang Didukung Kodi

Daripada kami harus mencantumkan seluruh perangkat yg mendukung Kodi, XBMC sendiri sebagai perusahaan pengembang Kodi memberikan persyaratan perangkat keras & software minimal yang harus dimiliki supaya Kodi bisa berfungsi menggunakan baik dan optimal.

Seperti yg telah kami katakan diatas, buat pengguna iOS buat menjalankan Kodi di iPhone atau iPad, perangkat tersebut wajib telah di-jailbreak.

Lain halnya dengan perangkat Android, Anda hanya perlu menjalankan Android 5.0 atau lebih baru & menginstal aplikasi melalui Google Play Store.

Kodi pula bekerja menggunakan Apple TV generasi keempat, serta Apple TV generasi kedua dan pertama.

Jika Anda ingin menjalankan Kodi pada Linux, Anda memerlukan setidaknya perangkat keras (prosesor) Intel Pentium 4 atau yg lebih baru dan kartu grafis (VGA) generasi modern, dan ruang hard drive 4GB.

Sedangkan buat perangkat Mac, Kodi dapat berjalan di Mac OS X 10.7 (Lion) atau yg lebih baru.

Untuk pengguna Windows, membutuhkan OS Windows Vista atau yg lebih baru buat menjalankan Kodi.

Jika Anda ingin Kodi dapat berjalan di perangkat keras lain, seperti televisi, Android TV Box, atau Set-Top-Box serta perangkat lain, Anda harus memeriksa daftar Wiki Kodi ini untuk perangkat lunak mana yang mungkin Anda perlukan dan bagaimana mengaplikasikannya.

Streaming TV Langsung menggunakan Kodi

Anda bisa menjalankan streaming TV langsung (Live TV) dengan Kodi, namun menggunakan sedikit usaha.

Kodi pula hadir dengan fungsionalitas merekam video, sehingga Anda dapat merekam & menyimpan konten secara pribadi.

Tetapi, buat mengaktifkan dan menjalankannya, Anda harus menghubungkan PVR ke server TV backend yang bisa melakukan streaming siaran pribadi televisi dan merekam konten melalui Internet.

Kodi jua bekerja dengan sejumlah akbar backend PVR, & Anda harus bisa menentukan backend PVR yg tepat buat sistem operasi pada perangkat Anda.

Sekali lagi, Kodi memiliki Wiki yang berguna untuk memberikan Anda pada semua opsi untuk setiap sistem operasi.

Kodi memiliki seluruh fitur yang Anda perlukan buat membarui TV Kabel, antena parabola atau UHF Anda dirumah.

Memiliki kemampuan buat melakukan streaming dan merekam TV langsung, dan konten Anda sendiri yang sudah Anda unduh & sukai.

Namun Kodi nir tiba dengan konten on-demand seperti UseeTV, Iflix, Hooq, & sebagainya. Jadi bila Anda lebih memilih konten on-demand seperti UseeTV & yg lainnya, maka Kodi bukanlah pilihan terbaik.

Add-On Kodi

Kodi hadir menggunakan beragam add-on yang dirancang buat menaikkan pengalaman penggunaan layanan secara holistik.

Pengaya ini menjalankan holistik fitur, dari screensaver sederhana, aplikasi cuaca hingga indera yg memungkinkan Anda mempertinggi pengalaman menonton film, musik dan Televisi.

Di bagian video, Anda akan menemukan add-on untuk beberapa saluran televisi, misalnya Fox, NGC, Bravo, ABC Family, dan DIY Network, yg bisa dibubuhi ke pada layanan Kodi.

Ada juga aplikasi buat melakukan streaming podcast, misalnya opsi Apple iTunes Podcasts, dan acara yang akan menampilkan lirik menggunakan setiap lagu yang Anda mainkan.

Anda bahkan dapat melacak apa yang terjadi di media sosial menggunakan add-on umpan Twitter.

Add-ons dibuat sang pengembang independen yang nir ada hubungannya dengan XBMC Foundation.

Jadi, cara menginstal & menjalankannya pun mungkin akan bervariasi, & yg terbaik buat dilakukan adalah mempelajari lembaga-forum Kodi serta tempat lain buat memastikan pelaksanaan yang akan Anda unduh dan jalankan benar-benar legal & berfungsi seperti yang Anda inginkan.

Apakah Kodi Legal?

Iya, Kodi itu sah.

Bahkan, Kodi adalah ibarat sebuah kanvas kosong, ditawarkan apa adanya, yang memungkinkan Anda buat melakukan apa yang Anda inginkan dengan hiburan tempat tinggal Anda.

Jadi ketika Anda mengunduh Kodi & menjalankannya, itu absah-sah saja.

Tetapi, secara teknis Kodi jua dapat dipakai buat menampung konten yang dilindungi copyright secara ilegal, & misalnya disebutkan pada atas terdapat banyak TVAddons dan perluasan yg bisa Anda pakai buat mengakses & mendistribusikan konten bajakan.

Apakah Kodi Aman?

Secara generik, Kodi aman.

Namun, pada instalasi dan setting pengayaan add-ons buat menambah layanannya, terkadang tanpa kita sadari kita menambahkan add-ons yg dihentikan & bahkan membahayakan privasi Anda.

Ada banyak add-on pihak saat yang mungkin nir stabil atau bahkan bisa menciptakan perkara dalam perangkat keras Anda.

Karena itu, ada baiknya Anda mengusut kualitas add-ons yg akan Anda instal.

Apakah Kodi Layak Digunakan?

Mengenai layak atau tidaknya Kodi buat dipakai, semua pulang ke bagaimana Anda berencana buat menggunakan layanan ini.

Apabila Anda mencari cara buat mengakses dan melakukan streaming konten seperti film, acara televisi, foto, & musik, ke seluruh perangkat di tempat tinggal Anda, Kodi merupakan pemenangnya.

Namun apabila Anda mencari layanan streaming berdikari buat mengakses konten menggunakan sedikit atau tanpa rasa was-was tentang hak cipta, maka Kodi mungkin kurang cocok buat Anda.

Kodi cocok buat mereka yg mempunyai pengetahuan tentang perangkat lunak & cara menerima konten dari layanan yg tidak sinkron pada satu tempat.

Lihat juga: Daftar Android TV Box Terbaik 2019

Ada beberapa Wiki serta panduan pengajaran lainnya buat membantu Anda ketika Anda menggunakan Kodi, namun Anda wajib mempunyai pengetahuan teknis.

Dalam artikel berikutnya, kami akan memberikan panduan teknis buat Anda pada menginstal, dan menjalankan kodi.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2