4 Fakta Terbaru Terkait Penerimaan CPNS 2019

Pemerintah secara resmi melalui Menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi MenPAN-RB, akan membuka penerimaan CPNS pada tahun ini.

fakta terbaru penerimaan cpns 2019

Adapun pengumuman & pendaftarannya direncanakan akan diadakan dalam akhir tahun atau triwulan ke-3 2019.

Lihat: Informasi CPNS Terkini

Fakta Terbaru Terkait Rekrutmen CPNS 2019

Rekrutmen cpns tahun ini diberitakan akan diprioritaskan buat energi teknis fungsional disektor kesehatan & pendidikan.

Artinya, masih sama misalnya penerimaan cpns tahun yang lalu.

MenPAN-RB, Sayfruddin mengatakan bahwa rekrutmen para abdi negara ini akan diadakan enam bulan lagi, dalam konferensi pers pada tanggal 26 Maret 2019 yg lalu.

Selanjutnya, Kabiro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kemanterian PAN-RB (Mudzakir) mengungkapkan, bahwa buat rekrutmen cpns tahun ini nir akan ada tambahan atau perpaduan baru.

Jadi, diperkirakan masih formasinya masih sama seperti pada tahun yg lalu, yakni diprioritaskan untuk tenaga kesehatan & pendidikan.

Kembali dalam penerimaan cpns tahun 2018, ketika itu pemerintah telah melaksanakan seleksi penerimaan cpns menggunakan jumlah formasi sebesar 238.015 gugusan.

Yang penekanan pada tenaga pendidik, energi teknis, dan tenaga kesehatan.

Pelamar yg masuk pada rekrutmen cpns 2018 itu sendiri tercatat sebesar tiga,6 juta lebih pelamar, dengan jumlah yang lolos seleksi sebesar 178.557 peserta.

Formasi cpns 2018 itu sendiri diperuntukkan buat instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Lihat: Contoh Soal CPNS 2019

4 Fakta Terbaru Terkait Penerimaan CPNS 2019

Nah, buat Anda yang masih berminat buat mengikuti seleksi CPNS dalam tahun ini,

Atau untuk Anda pendatang baru pada seleksi penerimaan cpns, terdapat baiknya Anda mengikuti informasi terkini terkait penerimaan cpns.

Kami akan selalu menaruh fakta terbaru terkait seleksi penerimaan cpns buat Anda.

Mulai dari contoh soal cpns untuk Anda pelajari, hingga simulasi cat online, akan tersedia untuk Anda di situs awambicara ini.

Fakta liputan modern apa saja terkait penerimaan cpns tahun 2019 ini? Simak dan ikuti rangkuman menurut kami awambicara id.

1. Proses Rekrutmen & Seleksi Dilaksanakan Oktober - November 2019

Seperti yang dikatakan oleh Menteri PAN-RB, Syafruddin, proses rekrutmen cpns tahun ini akan diadakan 6 bulan kemudian, atau dalam akhir tahun nanti.

Maka, dapatlah diperkirakan segala proses & seleksi penerimaan cpns tahun ini nanti, waktunya akan sama seperti rekrutmen cpns 2018 yang kemudian.

Yakni akan dilaksanakan pada akhir tahun, kurang lebih bulan Oktoer hingga November 2019.

"Nanti, akhir tahun. Mungkin sama menggunakan tahun kemudian, Oktober atau November," celoteh Syafruddin.

2. Formasi CPNS 2019 Sebesar 100.000

Formasi cpns 2019 ini nir sebesar penerimaan cpns 2018 yg kemudian, yakni hanya sebanyak 100.000 formasi.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh MenPAN-RB, bahwa formasi pada CPNS tahun ini akan berjumlah sebanyak 100.000 posisi.

"Formasi cpns misalnya 2018, tapi jumlahnya tidak sebanyak 2018. Kalau 2018 itu kan 238.000 kursi, jika 2019 lebih kurang 100.000 kursi," celoteh Menteri Syafruddin.

Tiga. Dilaksanakan Setelah Penerimaan PPPK Tahap II

Sebelum segala proses penerimaan cpns 2019, yakni mulai berdasarkan registrasi, seleksi berkas hingga seleksi skd & skb penerimaan cpns dilaksanakan, terlebih dahulu akan diadakan proses rekrutmen PPPK tahap II.

Adapun, proses rekrutmen PPPK tahap II, seperti yang dikatakan oleh Syafruddin, akan dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2019.

Sehingga, menggunakan demikian dapat dipastikan bahwa penerimaan cpns 2019 akan dilaksanakan setelah pelaksanaan PPPK tahap ke dua tahun 2019.

4. Penerimaan CPNS 2018 yang Tertunda dan Dilaksanakan Tahun 2019

Dari informasi terbaru seputar cpns yang beradar akhir-akhir ini, terdapat liputan bahwa beberapa wilayah melaksanakan proses seleksi penerimaan cpns.

Sebenarnya hal itu bukanlah penerimaan cpns modern 2019, akan namun penerimaan cpns buat deretan tahun 2018 yg tertunda dibeberapa daerah.

Penundaan seleksi penerimaan cpns 2018 ini, disebabkan karena adanya bencana alam yg dialami oleh beberapa wilayah di Indonesia.

Jadi, penerimaan cpns yg telah terjadi beberapa waktu yang kemudian ditahun 2019 ini bukan karena adanya gugusan baru.

Atau bukan buat formasi cpns 2019, tetapi adalah deretan cpns 2018 yang dilaksanakan dalam tahun 2019.

"Itu bukan rekrutmen baru ya, tapi buat daerah yang tertunda," ujar Menteri PAN-RB.

Lihat: Amalan dan Doa Agar Keinginan Menjadi PNS Terkabul

Anggaran Belanja Pegawai Semakin Besar

Terkait telah ditetapkannya NIP CPNS formasi tahun 2018, dan akan kembali diadakan rekrutmen CPNS 2019, Dirjen Kementerian Keuangan, Askolani mengatakan, anggara pegawai diprediksi akan lebih besar dibanding tahun lalu.

Begitu juga buat aturan pengadaan atau rekrutmen cpns yakni yg mencakup segala proses rekrutmen, mulai dari pendaftaran sampai seleksi & penetapan NIP, diperkirakan akan lebih besar dibanding tahun lalu.

Meskipun, penerimaan cpns tahun ini formasinya nir sebesar penerimaan cpns tahun 2018, tetapi aturan buat segala proses seleksi penerimaan cpns, yg diajukan pemerintah melalui BKN, lebih akbar dari tahun sebelumnya.

Sebagai warta, anggaran untuk keseluruhan proses pelaksanaan penerimaan cpns 2018 kemudian yg diajukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebanyak Rp 370 miliar.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2