2 Usaha Agribisnis yang Menguntungkan di Desa

Indonesia adalah negara agraris di mana mayoritas penduduknya sebagai petani. Dengan wilayah Indonesia yang sangat luas, subur dan berada pada garis katulistiwa beriklim tropis sehingga menjadi sektor agribisnis Indonesia tetap bertahan hingga saat ini.

Usaha agribisnis termasuk dalam bisnis berbasis pertanian yang menjanjikan menggunakan keuntungan yg akbar.

Sehingga tak heran bila sektor agribisnis ini diminati oleh banyak pihak, termasuk oleh bumdes sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat yang berbasis di desa yang berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Berikut 2 peluang bisnis di bidang agribisnis yg sangat menjanjikan buat dikembangkan oleh bumdes (badan bisnis milik desa).

1. Usaha Pembibitan Tanaman

Bisnis agribisnis pembibitan flora keliru satu bisnis yang paling cocok buat dikembangkan di desa. Namun sebelum bisnis dilaksanakan, cermati dulu jenis tanaman apa saja yg poly diminati, supaya produk yg didapatkan laris di pasar.

Dalam pembibitan skala besar , bisnis ini sangat tepat apabila dikembangkan sang bumdes. Apalagi sekarang terdapat kebijakan dari pemerintah, dimana setiap desa dibutuhkan bisa menghasilkan satu product unggulan sesuai karakter lokal masing-masing.

Apalagi prospek usaha pembibitan tanaman kiat cerah. Karena para petani sekarang cenderung membeli bibit yang berkualitas. Maka sungguh disayangkan bila usaha pembibitan ini disia-siakan.

Baca juga: Bisnis Apa yang cocok untuk Bumdes Pemula?

2. Usaha Budidaya Jamur Merang

Budidaya jamur ini permanen nir terdapat matinya hingga saat ini & terdapat baiknya apabila anda mulai buat mencoba menjalankannya karena selain bisa dikonsumsi, terdapat juga jamur tertentu yang dapat dijadikan menjadi obat herbal.

Peluang bisnis bidang agribisnis ini masih sangat terbuka luas karena belum terlalu poly orang yang melakukan budidaya fungi secara besar besaran sebagai akibatnya masih sedikit taraf persaingannya.

Jamur merupakan bahan kuliner yg sangat baik dikonsumsi selain kaya serat, tinggi protein juga menjadi pengganti daging bagi golongan vegetarian.

Makanan glamor ala resto juga kerap kali memakai jamur menjadi galat satu adonan kuliner yang dihidangkan.

Selain 2 usaha agribisnis diatas,5 ide bisnis mengutungkan di desa ini kiranya dapat dipertimbangan sebagai pilihan usaha bumdes selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2