Soal CPNS 2019 Memiliki Tingkat Kesulitan yang Berbeda-beda

Soal CPNS 2019 - Penerimaan CPNS 2019 rencananya akan dibuka Oktober 2019. Namun demikian, Badan Kepegawaian Negara memberikan sedikit bocoran soal cpns 2019 ini.

Bocoran soal cpns 2019 menurut BKN ini diungkapkan oleh Kepala Biro Humas BKN.

Akan tetapi, bocoran soal cpns ini hanya pada tingkat kesulitan soal yang akan diberikan, yakni untuk soal Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD.

tingkat kesulitan soal cpns 2019 berbeda-beda

Tingkat kesulitan soal CPNS ini akan bhineka buat tiap-tiap daerah, yg terdiri berdasarkan tiga taraf kesulitan, yakni: Sulit, Menengah, dan Praktis.

Baca: Enaknya Jadi PNS

Bocoran Soal CPNS 2019

Salah satu pertimbangan yang diambil pada membuat tingkat kesulitan soal cpns sebagai berbeda-beda ini adalah output homogen-homogen Ujian Nasional (UN) ditiap-tiap daerah.

Apabila hasil UN pada suatu daerah tinggi, maka Soal SKD CPNS daerah tersebut dipertimbangkan akan menggunakan soal cpns yang tersulit.

Sebagai contoh: Soal CPNS buat Yogyakarta.

Pada daerah Yogyakarta ini akan diberikan soal yang paling sulit, mengingat Yogyakarta mempunyai nilai homogen-rata Ujian Nasional yg cukup tinggi.

Ini sebagai galat satu basis pada menentukan tipe soal cpns yang akan diberikan - sulit, menengah atau mudah.

Adapun, buat tingkat kesulitan secara keseluruhan pada soal CPNS 2019 ini, nir akan jauh tidak sinkron apabila dibandingkan dengan soal CPNS 2018 yang silam.

Walaupun demikian, panitia nasional penerimaan CPNS 2019, tetap menampung aspirasi dan keluhan-keluhan peserta tes cpns pada tahun 2018, sebagai pertimbangan dalam menyempurnakan bentuk soal cpns 2019 ini.

Baca: Alasan Mengapa Milenial Tetap Memilih Jadi PNS

SSCASN.BKN.GO.ID Portal Resmi Pendaftaran CPNS dan PPPK

‎Sebagaimana telah kami informasikan sebelumnya di Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Mendaftar CPNS di SSCASN.BKN.GO.ID. bahwa untuk pendaftaran CPNS 2019, tidak lagi di portal SSCN.BKN.GO.ID, namun di SSCASN.BKN.GO.ID.

Pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) menggunakan Komisi II DPR RI, Menteri PANRB, mengungkapkan bahwa akan ada perbedaan soal tes CPNS untuk masing-masing wilayah, pada beberapa daerah.

Jika wilayah itu dipercaya mumpuni, maka akan diberi tipe & bentuk soal cpns yang sulit, misalnya misalnya buat daerah Yogyakarta.

Sedangkan buat tipe soal cpns termudah, rencananya akan diterapkan buat beberapa daerah diluar pulau Jawa, seperti wilayah Pekanbaru contohnya.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2