Perhatikan 3 Hal ini Saat Mendaftar CPNS 2019 Melalui sscasn.bkn.go.id

BKN telah menggelar Rapat Kerja Pelayanan Kepegawaian se-BKN yg diadakan di Kantor Regional (Kanreg) VII BKN Palembang.

Seperti dikutip dari halaman bkn.Go.Id. Pada raker tadi turut serta dibahas mengenai persiapan rekrutmen ASN dengan Computer Assisted Test (CAT BKN).

Mengenai pembahasan rekrutmen ASN ini Deputi BKN Bidang Sistem Informasi Kepegawaian beserta Tim CAT BKN melakukan Focus Group Discussion (FGD) tentang persiapan dan penilaian fasilitasi seleksi ASN.

perhatikan 3 hal berikut saat mendaftar cpns melalui sscn.bkn.go.id

BKN berkomitmen buat permanen menjaga independensi sistem rekrutmen ASN (CPNS dan PPPK), dengan metode yang telah dilakukan selama ini, yang bahkan diapresiasi sang negara-negara ASEAN lainnya.

Baca: Jadwal Pendaftaran dan Rincian Formasi Penerimaan CPNS 2019

Masalah yg Sering Dihadapi Pelamar CPNS

BKN selaku koordinator pelaksana seleksi nasional penerimaan CPNS akan memaparkan beberapa masalah dan hambatan yang dihadapi pelamar CPNS ketika mendaftar secara online pada sscn.Bkn.Go.Id. Setiap tahunnya.

Dengan dipaparkannya pertarungan-konflik yang sering dihadapi oleh sebagian besar pelamar CPNS ini, diharapkan dapat membantu pelamar serta menjadi antisipasi bagi mereka agar konflik serupa tidak lagi terjadi.

Seperti dikutip berdasarkan halaman bkn.Go.Id, hambatan & kasus yang dihadapi pelamar CPNS saat melakukan registrasi tadi merupakan hasil rekapitulasi Tim Helpdesk yg disediakan BKN selama penerimaan CPNS berlangsung pada tahun 2018 yang kemudian.

Masalah yg Dihadapi Saat Pelamar Mendaftar CPNS di SSCN.BKN.GO.ID

Beberapa perseteruan yang dihadapi oleh para pelamar atau peserta CPNS tadi antara lain yakni:

1. Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) & Kartu Keluarga (KK)

Permasalahan yang dihadapi pelamar saat mendaftar cpns di sscn.bkn.go.id

Pengaduan pelamar yang masuk ke helpdesk SSCN BKN pada penerimaan CPNS tahun lalu, didominasi oleh permasalahan identitas kependudukan, yakni NIK dan Kartu Keluarga (KK).

Perseteruan bukti diri kependudukan ini ternyata nir hanya terjadi pada penerimaan CPNS 2018, namun pula terjadi pada masa registrasi CPNS tahun 2017 lalu.

Untuk mengantisipasi perseteruan ini, para pelamar wajib memastikan NIK dan KK yg akan digunakan pada saat pendaftaran CPNS secara online melalui https://sscn.Bkn.Go.Id, (tahun 2019 di sscasn.Bkn.Go.Id)

NIK dan KK tadi harus terdaftar & update pada database Kantor Kependudukan & Pencatatan Sipil pusat.

Salah satu yg sebagai keluhan paling banyak menurut peserta pelamar CPNS menyangkut tentang identitas kependudukan ini adalah ketidaksesuaian antara nama & lepas lahir dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) menggunakan database kependudukan nasional.

Padahal, pada penerimaan CPNS tahun 2018, Humas BKN telah menghimbau dan mengedukasi masyarakat, khususnya para pelamar CPNS agar dapat mengantisipasi permasalahan ini jauh-jauh hari sebelumnya dengan melakukan konfirmasi ke dinas Dukcapil setempat.

Lihat: Cara Cek Status dan Membaca NIK di e-KTP secara Online

dua. Salah Menginput Data

Konflik ke 2 yg paling poly dikeluhkan dan dihadapi para pelamar CPNS adalah galat memasukkan atau menginput data pelamar.

Dari rekapitulasi pengaduan Helpdesk BKN yang diterima yang diterima oleh Tim Helpdesk BKN, permasalahan ini disebabkan lantaran banayk pelamar yang nir membaca dan memperhatikan dengan teliti fitur-fitur yg masih ada pada portal resmi Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Serta tata cara pengisian kolom pada dalamnya sebagai akibatnya dalam ketika mengisi atau menginput data, menjadi nir sesuai menggunakan apa yg diminta.

Selain itu, permasalahan lainnya merupakan kebanyakan pelamar terburu-buru saaat melakukan pendaftaran .

Sebelum mereka memastikan terlebih dahulu kebenaran data yg diinput, padahal kesalahan input data nir dapat diperbaiki

Baca: Contoh Soal CPNS Beserta Pembahasannya

tiga. Salah Menginput & Mengupload Dokumen Pendaftaran

Masalah yg paling banyak dialami sang pelamar CPNS berikutny adalah galat menginput dan mengupload dokumen-dokumen elektronik registrasi.

Para pelamar CPNS, cenderung terburu-buru, dikejar-kejar tenggat waktu pendaftaran , sebagai akibatnya kurang mencermati kondisi atau kualifikasi pendidikan dan dokumen yg diminta yg harus diupload.

Untuk mengantisipasi hal tadi, sebagai pelamar CPNS, seharunya Anda memahami dan membaca dan meneliti secara sahih, baik itu kualifikasi, kondisi dan alur atau prosedur registrasi.

Sehingga Anda tidak akan pernah menghadapi masalah-perkara tadi diatas.

Rekrutmen CPNS & PPPK Dibuka Kapan?

permasalahan yang dihadapi para pelamar saat mendaftar cpns

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan beberapa waktu yg lulu mengatakan bahwa terkait proses dan jadwal seleksi CPNS 2019 akan segera diumumkan ke publik.

Akan tetapi, mengenai kepastian kapan jadwal pendaftaran penerimaan CPNS 2019 ini, belum dapat dipastikan.

Detail kapan, di mana, bagaimana, pembukaan registrasi penerimaan CPNS ini belum dapat dipastikan, tetapi SOP pelaksanaanya telah terdapat & kentara.

Ridwan menyampaikan bahwa dalam SOP itu telah diatur mekanisme awal hingga akhir pada seleksi CPNS tahun 2019 ini.

Misalnya pengumuman penerimaan CPNS selama 15 hari kerja, pendaftaran secara online, seleksi dengan CAT BKN, & lain sebagainya.

Untuk penerimaan ASN termin II ini, kemungkinan akbar yang dibuka dan diseleksi terlebih dahulu adalah buat calon PPPK (P3K).

Baca: Ini Alasan Mengapa Milenial Masih Ingin Jadi PNS

Untuk itu, bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi terkini terkait penerimaan ASN (CPNS dan PPPK) tahun 2019 ini, ada baiknya Anda mengikuti akun-akun media sosial resmi BKN, baik itu Instagram, Facebook, maupun Twitter.

Kepastian jadwal penerimaan & pendaftaran CPNS 2019 ini belum bisa disampaikan oleh BKN pada rakyat.

Sebab masih poly hal yang harus dipersiapkan oleh BKN.

Tidak hanya menganalisis e-perpaduan yg masuk dari wilayah-wilayah saja, tetapi jua melakukan penilaian terkait seleksi kompetensi bidang (SKB).

Yang mana pada penerimaan CPNS tahun kemudian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) poly dikeluhkan sang peserta lantaran terbilang sulit.

Adapun untuk pendaftaran penerimaan ASN 2019 ini, yakni CPNS & PPPK nir lagi melalui portal masing-masing.

Seperti misalnya, dalam penerimaan CPNS tahun 2018 lalu, pada portal SSCN.BKN.GO.ID, sedangkan buat PPPK pada SSCASN.BKN.GO.ID.

Pada penerimaan ASN 2019, yakni CPNS dan PPPK dilakukan pada satu portal resmi, yakni pada SSCASN.BKN.GO.ID.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2