Contoh Soal SKB Tenaga Pendidik - SKB Guru Bahasa Inggris CPNS 2019

Soal SKB Guru Bahasa Inggris - Download model soal latihan SKB Pengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris buat seleksi penerimaan CPNS Tahun 2019.

Sebelum kita lanjutkan dengan contoh soal tes SKB Pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris, kami ingatkan balik satu hal yg paling penting.

Yakni lulus termin seleksi Administrasi penerimaan CPNS 2019.

Jadi, sebelum Anda mulai mempelajari soal-soal latihan tes SKD maupun SKB CPNS 2019, ada baiknya Anda mempersiapkan segala jenisdokumen persyaratan cpns yang diperlukan.

soal skb guru bahasa inggris cpns 2019

Sehingga dalam saat pendaftaran CPNS 2019 telah dibuka secara resmi sang pemerintah, Anda telah siap.

Anda pun nir lagi direpotkan sang segala jenis persyaratan administrasi yg wajib dipenuhi.

Adapun dalam hal buat persiapan menghadapi segala jenis & bentuk soal yang akan diujikan pada seleksi penerimaan CPNS 2019 nanti, kami menurut awambicara.Id siap buat membantu Anda.

Contoh Soal SKB Guru Bahasa Inggris CPNS 2019

Soal ujian Tes SKB Pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris ini merupakan ujian seleksi penerimaan CPNS menurut formasi yang Anda ambil, yakni gugusan Pengajar mata pelajaran Bahasa Inggris.

Sedangkan tes SKB CPNS ini diperuntukkan bagi para peserta tes CPNS yg telah lulus ujian seleksi Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) atau lulus passing grade/ nilai ambang batas tes SKD.

Nah, untuk membantu Anda menghadapi soal-soal tes SKD CPNS, Anda bisa melihat kumpulan postingan kami dicontoh soal skd cpns.

Sedangkan buat Anda yg nanti lulus tes SKD & akan mengikuti tes SKB seleksi CPNS Tenaga Kependidikan, terutama buat guru mata pelajaran Bahasa Inggris CPNS 2019,

Berikut ini kisi-kisi atau prediksi soal tes SKB Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris buat Anda pelajari.

Soal SKB Guru mata pelajaran Bahasa Inggris CPNS 2019 ini nir akan jauh berbeda dengan soal Uji Kompetensi Guru (UKG) Bahasa Inggris.

Syarat Kompetensi Pengajar Mata Pelajaran TIK

Soal-soal tes SKB Pengajar mata pelajaran Bahasa inggris CPNS 2019 ini tentu nir terlepas berdasarkan 4 jenis kompetensi pengajar yang dipersyaratkan yakni:

1. Kompetensi pedagogik

Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang erat kaitannya dengan kemampuan pengajar dalam tahu proses pembelajaran.

Pembelajaran yang berlangsung pada ruang kelas merupakan bersifat dinamis.

Hal ini terjadi karena adanya komunikasi atau hubungan timbal kembali antara pengajar menggunakan anak didik & murid dengan murid.

Keberagaman murid didalam kelas pula akan memerlukan keterampilan seseorang pengajar dalam mendisain program pembelajaran yang sempurna.

Dua. Kompetensi kepribadian

Kompetensi kepribadian merupakan  kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai seorang guru.

Yakni yg bisa memberitahuakn sikap dan kepribadian yg baik.

Menjadi guru yang patut buat ditiru dan diteladani. Yang merupakan filosofi buat menunjukkan kemampuan kepribadiannya.

Untuk bisa ditiru, maksudnya adalah lantaran guru diyakini memiliki ilmu yg bermanfaat bagi kehidupan siswanya.

Oleh karenanya, seseorang guru yg patut buat ditiru dan diteladani merupakan lantaran pada diri guru tersebut terdapat sikap & langsung yang baik.

3. Kompetensi profesional

Kompetensi profesional adalah kompetensi atau kemampuan seorang pengajar pada mengelola seluruh proses belajar mengajar.

Kemampuan pada mengelola pembelajaran ini adalah mampu & cakap pada mendukung pembelajaran dalam pengelolaan kelas, dominasi materi belajar, taktik mengajar & penggunaan media belajar.

4. Kompetensi sosial

Kompetensi sosial merupakan kompetensi atau kemampuan guru menjadi energi pendidik pada menjalin interaksi atau berkomunikasi dan berinteraksi yang baik menggunakan warga sekolah maupun rakyat dimana guru berada.

Kemampuan sosial ini dapat dipandang melalui pergaulan sosial pengajar tersebut.

Seperti pergaulaun guru menggunakan murid, pergaulan menggunakan rekan sesama guru, pergaulan menggunakan orang tua atau wali siswa, dan jua pergaulan guru dengan rakyat dimana ia berada.

Contoh soal latihan SKB Pengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris CPNS 2019 menurut kami ini, bisa Anda pelajari pribadi berdasarkan situs web awambicara.Id ini secara gratis.

Bahkan tidak hanya itu, Anda juga bisa men-download nya buat dipelajari nanti secara offline.

Berikut contoh soal SKB Guru mata pelajaran Bahasa Inggris CPNS 2019, spesial kami persembahkan untuk pengunjung setia awambicara.Id.

Soal SKB untuk pengajar bahasa inggris terdiri berdasarkan 3 bentuk, yakni:

1. Structure & written expression

dua. Errorrecognition

tiga. Reading Comprhession

Jumlah total soal 60 nomor. Selain latihan menggunakan soal-soal ini, kami sarankan juga untuk berlatih dengan soal-soal standar TOEFL.

(Lihat: Belajar dan Menaklukkan Toefl Sendiri )

Soal Nomor 1 s.D 30 - STRUCTURE AND WRITTEN EXPRESSION

1. This history books that I have already bought have so many ... As its explinations.

A, appendixes

B. Appendices

C. Appendice

D. Appendix

Jawaban: A. appendixes atau B. Appendices

Pembahasan:

Soal nomor ini berkaitan dengan countablenoun yaitu benda yg dapat dihitung. Dalam hal ini, countable noun yg didahului sang quantifier many (banyak) berarti benda tersebut wajib dibubuhi akhiran ?S/es. Dalam kalimat soal, kata appendix diharuskan pada bentuk jamak lantaran mendapatkan quantifier many pada depannya. Bentuk jamak menurut appendix menurut kamus Cambridge Advanced Learner's Dictionary merupakan appendixes & appendices.

2. .... By many researchers and scientists throughout the world, robotics is employed in automobile manufacturing.

A. Have been supported

B. It supported

C. Supporting

D. Supported

Jawaban: D. Supported

Pembahasan:

Pembahasan angka ini berkaitan menggunakan materi passive voice. Kata by akan didahului oleh V3 (past participle) dalam konteks kalimat pasif. Kata kerja yang berbentuk past participle pada pilihan jawaban adalahsupported.

Tiga. If you drop the egg from the third floor, it .... To pieces.

A. Would shatter

B. Will shatter

C. Shattered

D. Shatter

Jawaban: B. Will shatter

Pembahasan:

Soal ini berkaitan menggunakan materi conditional sentence type 1. Penentuan jenis atau tipe, berdasarkan kata kerja yg dipakai dalam if clause & juga main clause. Dalam soal ini, if clause menggunakan present ense (if you drop..)

Ingat!

Conditional Sentence type 1; berfungsi buat menerangkan suatu kalimat bersyarat yg kemungkinan terjadi apabila syaratnya terpenuhi.

If subject V1, Subject will infinitive (V1)

4. There are many good people in the world  .... you can trust to be a member of parliement.

A. Of which

B. Whose

C. Whom

D. Which

Jawaban: C. Whom

Pembahasan:

Soal ini berkaitan menggunakan Adjective clause.

Perhatikan penggunaan dalam tabel berikut ini:

soal tkb guru bahasa inggris cpns 2019

Contoh

I saw the girl WHO drove a red car.

Girl = orang

Drove = istilah kerja

Maka penghubungnya merupakan WHO.

Pada kalimat soal, objek yang diterangkan adalah good people (manusia/ orang), dan kata yang mengikuti you (manusia).

Maka, adjective pronoun yang digunakan adalah whom>

5. They criticize ... Buying such an expensive car in this monetary crisis.

A. He's

B. Him

C. His

D. He

Jawaban: C. His

Pembahasan:

Soal nomor ini berkaitan dengan materi pembentukan sebuah kalimat. Kata they merupakan subjek, sedangkan criticize adalah kata kerja. Maka untuk membuat kalimat yang sempurna, dibutuhkan sebuah objek, baik itu berupa kata benda tunggal ataupun frasa. Setelah bagian kosong kelimat soal, terdapat kata buying yang merupakan gerund yang berkedudukan sebagai noun. Agar kalimat soal memiliki objek yang sempurna, maka kata buying yang diawali dengan his sehingga menjadi noun phrase. Dengan begitu, kalimat soal berstruktur S + V + O ( noun phrase)

INGAT!

Struktur Kalimat Dasar: S V O

6. My classmates were going to watch ....But the review said that was a flop.

A. The movie frightening

B. The movie frightened

C. The frightening movie

D. The frightened movie

Jawaban: C. The frightening movie

Pembahasan:

Pada soal ini berkaitan dengan pembentukan kalimat. Agar kalimat tersebut sempurna maka dibutuhkan objek setelah kata watch. Objek dapat berupa noun phrase. Dalam pilihan jawaban, yang berbentuk noun phrase adalah the frightening movie. Struktur dari noun phrase tersebut adalah article + modifier (adjective -ing) + noun.

7. Andrew ... Many backhoes before he received his special mechanic license.

A. Had repaired

B. Had repaired

C. Repairing

D. Repaired

Jawaban: A. Had repaired

Pembahasan:

Soal ini berhubungan dengan materi past perfect tense. Hal ini diketahui dari tense kalimat setelah kata hubung before (anak kalimat). Anak kalimat tersebut dalam bentuk past yang menandakan kalimat sebelum kata hubung before memiliki tense lebih lampau. Tense yang lebih lampau dari past tense adalah past perfect. Pilihan jawaban yang memenuhi kaidah past perfect adalah had repaired

INGAT!

Past Perfect:

Subject had V3 (past participle)

8. If people have to pay cash to buy a house.

Nobody can afford ... It

A. For buying

B. Buying

C. To buy

D. Buy

Jawaban: C. To buy

Pembahasan:

Melihat bentuk kalimatnya, soal nomor ini berkaitan dengan Verb Pattern. Ada beberapa kata kerja (verb) tertentu dalam bahasa Inggris yang diikuti dengan Verb lainnya. Verb yang mengikutinya dapat berupa V-ing atau to infinitive (verb 1). Di dalam soal, terdapat kata afford, dimana kata ini akan diikuti to infinitive.

soal tkb guru bahasa inggris cpns 2019

9. ... The tardy response, he was not allowed to enter the institution.

A. Because of

B. In spite of

C. Because

D. Despite

Jawaban: A. Because of

Pembahasan:

Pada kalimat soal ini mengandung hubungan sebab akibat. Kata hubung sebab akibat antara lain as, for, because, because of. Penggalan kalimat "...the tardy response" merupakan noun phrase. Maka perlu kata penghubung yang diikuti dengan noun phrase. Pilihan yang memungkinkan adalah because of yang akan diikuti nounatau noun phrase.

INGAT!

Because S V

Because of noun/ noun phrase

As S V

10. Nancy ... The course for three months by next week.

A. Is going to take

B. Will have taken

C. Would take

D. Will take

Jawaban: B. Will have taken

Pembahasan:

Jika memperhatikan anak kalimat dengan kata penghubung for yang menunjukkan durasi, maka kalimat dalam soal berpola present perfect. Kalimat present perfect akan diikuti auxiliary have/ has dan Verb 3. Akan tetapi, ada keterangan yang menunjukkan future. Jadi dapat dipastikan kalimat soal berpola present futuer perfect. Pilihan jawaban yang memenuhi kaidah tersebut adalah will have taken.

11. In the film world, professionals are accustomed to ... A negative into a computer at the highest resolution possible.

A. Be scanning

B. Be scanned

C. Scanning

D. Scan

Jawaban: C. Scanning

Pembahasan:

Soal ini berkaitan dengan penggunaan kata accustomed to yang memiliki pola tertentu. Kata tersebut dalam penggunaannya akan diikuti dengan kata benda, walaupun mempunyai preposisi to. Dalam pilihan jawaban, yang merupakan kata benda adalah kata scanning yang merupakan kata benda yang diperoleh dari proses gerund, yaitu pengubahan kata kerja menjadi kata benda dengan menambahkan akhiran -ing pada kata kerja terkait.

INGAT!

Accustom to NOUN

Get used to NOUN

12. Yesterday, Jendra screamed and ran as if he ... A ghost.

A. Was seeing

B. Had seen

C. Has seen

D. Saw

Jawaban: B. Had seen

Pembahasan:

Nomor ini berkaitan dengan penggunaan as if yang artinya seolah-olah. Ada beberapa pola dalam penggunaan as if dengan makna yang berbeda. Dikarenakan kalimat utama dalam soal adalah berpola past tense, maka akan disertakan pembahasan as if yang berkaitan dengan past tense. Jika tense yang mengikuti as if adalah past tense, maka kejadiannya adalah berbarengan dengan kejadian utama. Tetapi apabila dikuti dengan past perfect, maka kejadian pada kalimat setelah as if terjadi lebih awal.

Dalam perkara soal:

  • Yesterday, Jendra screamed and ran as if he had seen a ghost (diikuti past perfect).

Dalam masalah diatas, Jendra berteriak dan berlari seolah-olah seperti TELAH melihat hantu sebelumnya.

  • Yesterday, Jendra screamed and ran as if he saw a ghost (diikuti past tense).
  • Dalam masalah diatas, Jendra berteriak & berlari seolah-olah (sedang) melihat hantu (janggal)

    Maka pada masalah soal diatas, lebih sempurna pola yg pertama.

    13. She had better ... To the airport by five or else she may miss the flight.

    A. Getting

    B. To get

    C. Get

    D. Got

    Jawaban: C. Get

    Pembahasan:

    Penggunaan "had better" adalah untuk menyarankan sesuatu kepada orang lain (giving advice). Penggunaan "had better" akan diikuti kata kerja bentuk pertama infinitve. Dari pilihan yang ada, kata get adalah satu-satunya infinitive (V1)

    INGAT!

    Subject had better V1

    14. Several people have been arrested by the local police for ... Smuggling tiga tons of fuel.

    A. Allegedly

    B. Alleging

    C. Alleged

    D. Allege

    Jawaban: C. Alleged

    Pembahasan:

    Pada kalimat ini, smuggling merupakan noun yang dihasilkan dari proses gerund. Kata benda atau noun dalam kalimat jika akan dibentuk frasa, biasanya disanding dengan adjective atau kata sifat sehingga terbentuklah noun phrase dengan kata sifat sebagai modifier-nya. Kata alleged adalah kata sifat pasif yang tepat untuk digabungkan sehingga menjadi alleged smuggling yang artinya "dugaan penyelundupan".

    15. Illegal residents in the U.S. Experience problems when ... Scholarships.

    A. They awarded

    B. Are awarded

    C. Be awarded

    D. Awarded

    Jawaban: A. They awarded

    Pembahasan:

    Anak kalimat yang diawali dengan kata hubung when membutuhkan struktur kalimat lengkap seperti subjek dan verb. Pada pilihan jawaban, yang memiliki struktur lengkap kalimat adalah they awarded. Kalimat tersebut bukan berbentuk aktif melainkan kalimat pasif yang berasal dari they (were) awarded

    16. Next to the library ... Which is confiscated by the state court.

    A. It is a dark house

    B. A dark house is

    C. Is a dark house

    D. A dark house

    Jawaban: A. It is a dark house

    Pembahasan:

    Soal nomor ini berkaitan dengan adjective clause yang berfungsi menerangkan kata benda atau objek didepannya. Dalam membuat kalimat berpola adjective clause, didepan relative pronoun which haruslah bersturktur kelimat lengkap yang memiliki subjek dan predikat. Pilihan jawaban yang berstruktur kalimat lengkap adalah it is a dark house

    17. The loud music from his neighbor's house distracts him ... Completing his thesis.

    A. From

    B. For

    C. Of

    D. In

    Jawaban: A. From

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan materi preposisi kata. Kata distract memiliki preposisi from

    18. My geography teacher mad us ... The group project in a week.

    A. Doing

    B. To do

    C. Done

    D. Do

    Jawaban: D. Do

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan materi causative verb. Ada 4 macam causative verb; let, have, make, get. Semua causative diikuti dengan infinitive TANPA to. Kecuali causative get. Pada soal ini, jenis causative verb yang ada adalah made (bentuk lampau dari make) maka akan diikuti dengan infinitive (verb 1) yaitu do

    INGAT!

    Struktur penulisan:

    • Let : [let + person + verb]
    • Have : [have + person + verb]
    • Make : [make + person + verb]
    • Get : [get + person + to + verb]

    19. They ... Coconut water while jogging around the station.

    A. Have drunk

    B. Had drunk

    C. Drinking

    D. Drank

    Jawaban: D. Drank

    Pembahasan:

    Pada soal ini berkaitan dengan materi past tense yang berfungsi untuk menunjukkan aktifitas pada saat lampau. Kata kerja yang tepat untuk melengkapi kalimat soal adalah drank

    INGAT!

    Past Tense

    Subject V2 Object

    20. Fatima ... A speech at this time tomorrow.

    A. Will be giving

    B. Will be given

    C. Is giving

    D. Gives

    Jawaban: A. Will be giving

    Pembahasan:

    Dengan melihat kata keterangan waktu at this time tomorrow (besok tepat pada jam ini) kita dapat menyimpulkan kalimat soal berpola present future continuous. Pilihan jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat sesuai dengan kaidah present future continuous adalah will be giving. Sehingga kalimat soal menjadi "Fatima will be giving a speech at this time tomorrow". Artinya "Fatima akan (sedang) memberikan pidato pada jam ini besok hari".

    21. My father .... A newspaper last night when his best friend called.

    A. Was reading

    B. Would read

    C. Had read

    D. Read

    Jawaban: A. Was reading

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan materi past continuous yang berfungsi untuk menunjukkan suatu kegiatan yang sedang terjadi pada masa lampau. Anak kalimat when his best friend called merupakan petunjuk bahwa kejadian keseluruhan rangkaian kelimat pada masa lampau. Pilihan jawaban yang memenuhi kaidah past continuous adalah was reading.

    INGAT!

    Past Continuous:

    Subjek to be (was/were) V-ing

    22. While the exact date crop circles began to appear is unknown, the documented cases ... Since 1970s.

    A. Were increasing

    B. Have increased

    C. Increased

    D. Increases

    Jawaban: B. Have increased

    Pembahasan:

    Jika memperhatikan anak kalimat dengan kata penghubung since yang menunjukkan titik waktu mulai, maka kalimat soal berpola present perfect. Kalimat present perfect akan diikuti auxiliary have/ has dan Verb 3. Pilihan jawaban yang memenuhi kaidah present perfect adalah have increased.

    INGAT!

    PRESENT PERFECT TENSE:

    Subject have V3 (Object)

    Ciri penanda keterangan waktu/ kata hubung present perfect adalah since dan for

    23. Mr. Susanto received ... Tie as a gift from his wife.

    A. An elegant silk purple

    B. An elegant purple silk

    C. A purple silk elegant

    D. A purple elegant silk

    Jawaban: B. An elegant purple silk

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan pembentukan noun phrase. Apabila kata utama (noun) memiliki modifier, maka dapat diterapkan kaidah urutan berikut:

    D O Si A S C O M Pur

    • D = determiner (the, a, an, her, his, first, etc)
    • O = Opinion (good, nice, beautiful, etc)
    • Si = Size (long, short, big, small, etc)
    • A = Age (old, young, etc)
    • S = Shape (oval, circle, square, etc)
    • C = Color
    • O = Origin (American, Rusian, Indonesian, etc)
    • M = Material (leather, plastic, metal, etc)
    • Pur = Purpose/ noun (cat, car, newspaper, etc)

    Pada soal ini berlaku susunan an elegant purple silk

    An : determiner

    Elegan : Opinion

    Purple : Color

    Silk : noun

    24. William met many beautiful girls at the dinner party last night, the most beautiful ... Was Kate.

    A. Of whom

    B. Of which

    C. Of them

    D. Of that

    Jawaban: C. Of them

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan materi superlative yang menunjukkan tingkatan level "paling". Dalam hal ini sering dipakai frasa of them untuk menunjukkan benda-benda lain sebagai pembanding.

    25. The camera which she bought is ... One in the promo.

    A. The cheapest

    B. The cheaper

    C. Cheapest

    D. Cheaper

    Jawaban: A. The cheapest

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan materi superlative yang berfungsi untuk menunjukkan bahwa satu hal memiliki kedudukan yang paling tinggi tingkatannya dari hal lainnya. Dalam superlative, berlaku pola; to be + the + adjective-est atau to be + the + most + adjective. Untuk kata sifat cheap kita menggunakan akhiran -est dikarenakan kata cheap memiliki 1 suku kata.

    INGAT!

    Bila:

    • Adjective memiliki satu suka kata, maka ditambahkan -est; biggest, tallest
    • Adjective memiliki dua/ lebih suku kata, maka ditambahkan most didepan adjective

    Contoh: most crowded most beautiful, most important, etc

    Pengecualian: adjective yang memiliki 2 suku kata, akan tetapi berakhiran huruf "y", maka tetap ditambahkan -est; happiest, dustiest, etc

    26. Nias, ....Covering an area of 5,121.3 KM?, is the largest of the islands off sumatra.

    A. Is that an island

    B. That an island

    C. Is an island

    D. An island

    Jawaban: D. An island

    Pembahasan:

    Pada soal bacaan ini, kita dihadapkan pada topik dengan nama appositive. Maksudnya adalah memberikan keterangan lebih pada subjek atau objek sebelumnya. Biasanya appositive berbentuk sebuah frasa benda. Dalam soal ini, frasa yang tepat adalah "an island".

    Contoh lain: Mr. Ibeth, an english teacher, often brings a dictionary.

    27. The emegering fashion designer ... Her career in the world of fashion by setting up her line this year.

    A. Is building

    B. Has built

    C. Is built

    D. Build

    Jawaban: A. Is building

    Pembahasan:

    Soal nomor 27 ini berkaitan dengan materi present continuous. Hal ini diketahui dengan kata keterangan waktu this year. Kalimat ini tidak menggunakan pola present perfect karena dalam kalimat soal tidak ada keterangan since atau for. Pilihan jawaban yang memenuhi kaidah present continuous adalah is building

    28. The quality of water varies is not only with local land use but also ....

    A. It varies with the geologic history of the earth

    B. Varies with the geologic history of the earth

    C. With the geologic history of the earth

    D. Its geologic history of the earth

    Jawaban: C. With the geologic history of the earth

    Pembahasan:

    Penghubung not only...but also... akan selalu diikuti dengan struktur/ komponen kalimat yang setara baik sebelum atau sesudah frasa but also. Jika komponen kalimat yang mengawali but also adalah noun, maka setelah but also pun harus berbentuk noun. Dalam kasus soal ini, komponen kalimat yang mendahului but also adalah frasa with local use. Maka komponen kelimat yang mengikuti but also harus setara dengan frasa tersebut. Pilihan C merupakan frasa yang memenuhi kaidah diatas.

    INGAT!

    • Not only + noun + but also + noun
    • Not only + verb + but also + verb,
    • Not only + adjective + but also + adjective

    Catatan: Kata noun, verb, adjective, dapat berupa kata tunggal atau berupa frasa

    29. Samantha never uses a dictionary when the French programs begin, and ...

    A. Melanie does not neither

    B. Neither does Melanie

    C. Melanie does either

    D. Either does Melanie

    Jawaban: B. Neither does Melanie

    Pembahasan:

    Nomor 29 ini berkaitan dengan penggunaan neither dalam kalimat. Neither memiliki arti "juga tidak". Kalimat dalam soal berpola present tense, sehingga auxiliary verb yang dipakai adalah do/ does. Karena dalam pulihan subjek keduanya adalah orang ketiga tunggal (Melanie), maka dipilih aux verb does. Sesuai dengan kaidahnya, maka kalimat lanjutannya adalah "...and neither does Melanie"

    INGAT!

    1. S1 + V + O, and NEITHER + (DO/ DOES/ to be/ modal) + person
    2. S1 + V + O, and So + (DO/ DOES/ to be/ Modal) + person

    JIKA:

    • Present simple, gunakan: 'do/ does'
    • Present simple dengan "be", gunakan: 'am/ is/ are'
    • Present continuous, gunakan: 'am/ is/ are'
    • Past simple, gunakan: 'did'
    • Past simple dengan 'be', gunakan: 'was/ were'
    • Present perfect, gunakan: 'have/ has'
    • Future simple, gunakan: 'will'
    • Modal verbs: ulangi 'modal verb'

    30. ... The announcement, they would have participated in the Balinese painting workshop.

    A. If they have known

    B. They had known

    C. Had they known

    D. If they knew

    Jawaban: C. Had they known

    Pembahasan:

    Soal nomor 30 ini menguji Anda tentang topik Conditional sentence type 3 (inverted). Maksud dari Interved disini berarti verb muncul sebelum subject. Hal ini dapat dilakukan dengan menghilangkan kata "if" dan menukar posisi subject dan auxiliary verb. Kelimat soal pada kondisi normal akan menjadi "if they had knowns, they would have participated..." Karena dalam pilihan jawaban menhendaki inverted maka kalimatnya menjadi "had they known the announcement, they would have .....

    soal skb guru bahasa inggris cpns 2019

    Soal Nomor 31 s.D 40 - ERROR RECOGNITION

    Choose the one word or phrase which would not be appropriate in standard written English!

    31. The three major employers (A) of career physics (B) are academic institutions (C), government laboratories, and private (D) industries.

    Jawaban: physics (B)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada nomor ini adalah pada frasa physics karena kata tersebut berarti disiplin ilmu fisika.

    32. Currently (A), the main element of competition, both on (B) national and international level are representing (C) by human resources (D).

    Jawaban: are representing (C)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada nomor ini adalah pada frasa are representing yang berarti "sedang mewakili". Padahal kata by mencirikan bahwa kalimat tersebut pasif. Sehingga seharusnya frasa tersebut adalah are represented

    INGAT!

    Passive Voice: to be V3

    33. The hiring (A) manager is interviewing to (B) the job applicants to know (C) their skills (D) and experience.

    Jawaban: interviewing (B)

    Pembahasan:

    Kesalahan grammar pada soal ini adalah kata to. Kata interviewing langsung diikuti noun tanpa ada preposisi to.

    34. We must (A) think it out (B) again before (C) we make our final decision to take (D) the project.

    Jawaban: to take (D)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada nomor ini adalah pada frasa to take yang seharusnya adalah taking

    35. Although he has a strong desire to be a singer (A), Mark's voice sounds horribly (B) to everyone who hears (C) him singing (D).

    Jawaban: horribly (B)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada nomor ini adalah pada kata horribly yang merupakan adverb dan berarti "dengan mengerikan". Kata sound harusnya diikuti kata sifat atau adjective. Bentuk adjective dari horribly adalah horrible

    36. The materials he got (A) from this English course is (B) different with (C) the materials he learned (D) from school.

    Jawaban: is (B) dan with (C)

    Pembahasan:

    Pada soal ini terdapat dua kesalahan atau error. Kesalahan pertama adalah kata is yang seharusnya are karena subjeknya materials (jamak).

    Kesalahan kedua adalah pada kata with yang seharusnya from karena kata different berpasangan dengan preposisi from

    37. A like (A) a tomato, a guava has (B) a deserved (C) reputation as valuable (D) sources of vitamin.

    Jawaban: A like (A)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada soal ini adalah pada kata alike yang seharusnya like saja. Kata like dalam konteks ini berarti "seperti"

    38. Gabriel likes to talk to (A) his dogs, takes (B) them for (C) a walk twice a day, and feeding (D) them expensive dog food.

    Jawaban: takes (B) feeding (D)

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan dengan verb agreement atau kesetaraan kata kerja. Pada kalimat soal terdapat dua kesalahan atau error.

    Kesalahan pertama pada kata takes dan kesalahan kedua pada kata feeding.

    Seharusnya, kedua kata kerja tersebut dalam bentuk infinitive.

    Kalimat soal sebenarnya merupakan:

    • Gabriel likes to talk to his dogs;
    • Gabriel likes to take them for a walk twice a day
    • Gabriel like to feed them expensive dogs food

    Ketika digabung, maka kalimatnya menjadi "Gabriel likes to talk to his dogs, take them for a walk twice a day, dan feed them expensive dog food"

    39. Originally (A), ice cream was a labor-intensive (B) treat made (C) manually by hand . (D)

    Jawaban: manually by hand(D)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada soal ini adalah pada frasa manually by hand. Dalam hal ini terjadi kelebihan kata atau excessive. Kata manually dan by hand adalah sama, sehigga cukup gunakan salah satunya saja.

    40. The participants proposed (A) some suggestion (B) in the meeting, then (C) the chairman did (D) the decision.

    Jawaban: did (D)

    Pembahasan:

    Kesalahan pada soal ini adalah pada kata did yang seharusnya made. Jadi yang benar adalah made the decision (membuat keputusan) bukan did the decision (mengerjakan keputusan).

    Soal Nomor 41 s.D 60 - READING COMPREHENSION

    Read the passage carefully and select the one correct answer from the four choice (A, B, C, or D)!

    Reading 1 for question 41 s.D 47

    To many, it may seem that the lobster's most natural tempat asal is on a large, oval plate between a cup of drawn butter and a lemon wedge. In fact, only a few of the hunders of types of lobster are cought commercially. But those few species are some of the most heavilly harvested creatures in the sea, and generate a multi-billion-dollar industry, with more than 200.000 tons (181,436 metric tons) of annual dunia catch.

    The lobsters that most people know from their dinner plates are the American and European clawed lobsters Homarus americanus and Homarus gammarus. These are cold water species that live on either sides of the northern Atlantic Ocean. There are also tropical lobsters that are widely consumed, but these are generally clawless varieties called spiny and slipper lobsters.

    Lobsters are ten-legged crustaceans closely related to shrimp and crabs. These benthic, or bottom-dwelling, creatures are found in all of the world's oceans, as well as brackish environments and even freshwater. They have poor eyesight but highly developed senses of taste and smell. They feed primarily on fish and mollusks, but will consume algae and other plant life and wven other lobsters.

    Female lobsters carry their eggs under their abdomens for up to a year before releasing them as larvae into the water. The larvae go through several stages in the water column before settling on the bottom, where they spend the rest of their lives. They generally prefer to live in self-dug burrows, in rocky crevices, or hidden among sea grasses. Lobsters must shed their shells in order to grow, and some species can live to be 50 years old or more, growing continually throughout their lives.

    Lobsters have not always been considered chic eats. In 17th - and 18th century America, they were so abundant in the northeast that they were often used as fertilizer. Laws were even passed forbidding people to feed servants lobster more than twice a week. However, improvements in U.S. Transportation infrastructure in 19th and 20th century brought fresh lobster to distant urban areas, and its reputation as a delicacy grew.

    Populations of commercially important lobster species are though to be declining, and over-fishing, particularly of clawed lobsters in Europe, is taking a toll. Additionally, pollution is causing shell rot and other illnesses in normally disease-resistans spesies. (Adapted from various source - PTT BPPK)

    41. What can be inferred about American and European clawed lobsters?

    A. They were the family of shrimp and crabs.

    B. They were considered a fancy meal.

    C. They were harvested commercially.

    D. They were widely consumed

    Jawaban: C. They were harvested commercially.

    Pembahasan:

    Yang dapat disimpulkan dari American and European clawed lobsters adalah bahwa mereka dipanen untuk kepentingan komersil. Hal tersebut diambil dari frasa generate a multi-billion-dollar industry

    42. What happened to lobsters in America during 17th and 18th century?

    A. They were used to feed servants more than a couple times a week.

    B. They were forbidden to be used as fertilizer.

    C. They were plentiful in the norhteast.

    D. They were considered chic eats.

    Jawaban: A. They were used to feed servants more than a couple times a week.

    Pembahasan:

    Berdasarkan paragraf 5 kalimat tiga, dalam abad 17 & 18 lobster dipakai buat memberi makan para pembantu lebih menurut dua kali seminggu.

    43. The phrase "taking a toll" on paragraph 6 is closest in meaning with ...

    A. Flourishing

    B. Damaging

    C. Alarming

    D. Effecting

    Jawaban: B. Damaging

    Pembahasan:

    Frasa taking a toll berarti "menyebabkan kerusakan". Frasa tersebut akan bersinonim dengan damaging

    44. What is NOT mentioned in the passage about lobsters?

    A. Their tempat asal is in the bottom of the sea.

    B. Their primary sources of diet are fish

    C. They can see beeter then smell.

    D. They repoduce by laying egg.

    Jawaban: C. They can see beeter then smell.

    Pembahasan:

    Berdasarkan paragraf ketiga kalimat ketiga disebutkan they have poor eyesight yang berarti lobster pandangannya kurang bagus. Hal ini bertentangan dengan pilihan C yang menyatakan bahwa pandangan lobster lebih bagus dari penciumannya.

    45. What does the pronoun "them" in paragraph 4 refers to?

    A. Abdomens

    B. Lobsters

    C. Larvae

    D. Eggs

    Jawaban: D. Eggs

    Pembahasan:

    Kata them pada kalimat Female lobster .... before releasing them termasuk kalimat majemuk dengan penghubung before. Ketika pertanyaan reference terdapat kalimat majemuk, maka jawaban dapat diambil dari penggalan kalimat lainny, biasanya pada induk kalimatnya. Dalam hal ini, kata them (object majemuk) mengacu pada kata eggs yang terletak pada induk kalimat.

    46. What is the writer's purpose in writing the passage?

    A. To compare the similarities amaong lobsters.

    B. To introduce the nature fo lobsters

    C. To present opinion about lobsters.

    D. To describe the luxury of lobsters.

    Jawaban: B. To introduce the nature fo lobsters

    Pembahasan:

    Tujuan dari penulis dalam menyajikan teks ini adalah untuk memperkenalkan asal usul lobster (the nature)

    47. What happened to the lobsters larvae after they are released into the water?

    A. They stay in the water column.

    B. They settle on the ocean floor.

    C. They live in self-dug burrows.

    D. They shed their shells.

    Jawaban: B. They settle on the ocean floor.

    Pembahasan:

    Setelah telur-telur dilepaskan, telur-telur itu melewati (go through gulungan-gulungan air (ombak), bukan stay (menetap/ tinggal). Setelah itu, telur-telur itu akan berada didasar laut.

    Reading dua for question 48 s.D 54

    Pneumonia is an infection of the lungs that is caused by bacteria, viruses, jamur, or parasites. It is characterized primarily by inflammation of the alveoli in the lungs or by alveoli that are filled with fluid (alveoli are microscopic sacs in the lungs that absorb oxygen). At times a very serious condition, pneumonia can make a person very sick or even cause death. Although the disease can occur in young and healty people, it is most dangerous for older adult, babies, and people with diseases or impaired immune systems.

    In the United State, more than 3 million people developed pneumonia each year, and about 17% of these receive treatment in a hospital. Most people with pneumonia recover, but about 15% will succumb to the condition.

    Pneumonia treatments depend on the type of pneumonia and the severity of symptoms. Bacterial pneumonia are usually treated with antibiotics, whereas viral pneumonias are treated with rest and plenty of fluids. Fungal pneumonias are usually treated with antifungal medications. Over-the-counter medications are also commonly prescribed to better manage pneumonia symptoms. These include treatments for reducing fever, reducing aches and pains, and suppressing coughs. In addition, it is important to get plenty of rest and sleep and drink lots of fluids.

    There are several ways to prevent pneumonia. There are two vaccines that are available to prevent pneumococcal disease (the bacterial infection that is the most common cause of pneumonia): pneumococcal polysaccharide vaccine (Pneumovax). Prevnar is generally administered as part of the normal infant immunization procedure and is recommended for children less than 2 years of age or between two and four years with certain medical condition. Pneumovax is provide for adults who are at increased risk of developing pneumococcal pneumonia, such as the elderly, diabetics, those with chronic heart, lung, or kidney disease, alcoholics, smokers, and those without a spleen. The Pneumonia vaccine may not completely prevent older adults from getting pneumonia, but it can reduce the severity of a future pneumonia.

    48. What is the main idea of passage above?

    A. The characteristis of pneumonia

    B. The discription of pneumonia

    C. The symptoms of pneumonia

    D. The vaccines of pneumonia

    Jawaban: B. The discription of pneumonia

    Pembahasan:

    Teks ini membahas tentang deskripsi pneumonia. Pada paragraf pertama disebutkan definisi dari pneumonia, paragraf kedua dijelaskan tentang fakta statistik penderita pneumonia, dan kemudian dijelaskan tentang cara penanganannya. Pilihan jawaban yang dapat merangkum semua ide dari tiap paragraf adalah deskripsi pneumonia. Pilihan jawaban lainnya terlalu spesifik.

    49. What is NOT mentioned in the passage as the people who are at increased risk of developing pneumonia?

    A. Those with diabetes disease

    B. Those with chronic heart

    C. Those without a spleen

    D. Thoese without a kidney

    Jawaban: D. Thoese without a kidney

    Pembahasan:

    Berdasarkan teks bacaan, orang yang memiliki resiko tinggi mengidap pneumonia salah satunya merupakan orang yang mengidap penyakit ginjal (paragraf terakhir). Hal ini nir sama menggunakan orang yang tidak mempunyai ginjal.

    50. According to the passage above, how many people in the United States receive treatment for their pneumonia disease?

    A. 150 thousands

    B. 500 thousands

    C. Dua,5 millions

    D. 3 millions

    Jawaban: B. 500 thousands

    Pembahasan:

    Pada paragraf 2 disebutkan hanya 17% dari 3 juta penderita yg mendapat perawatan. Kurang lebih artinya setara dengan 500rb orang.

    51. What would the paragraph following this passage likely discuss?

    A. How the people with certain medical conditions react toward pneumonia.

    B. How the vaccines work in preveting the pneumococcal disease

    C. How the pneumonia vaccines will be developed in the future

    D. How the severity of future pneumonia affects older adults.

    Jawaban: B. How the vaccines work in preveting the pneumococcal disease

    Pembahasan:

    apabila ada paragraf yg mengikuti teks bacaan yang terdapat, kemungkinan besar akan membahas mengenai cara kerja vaksin dalam mencegah pneumonia. Hal ini dikarenakan paragraf terakhir dari teks bacaan berbicara tentang vaksin.

    52. The world "succumb" in paragraph 2 can best be replaced by ...

    A. Collapse

    B. Relapse

    C. Suffer

    D. Die

    Jawaban: D. Die

    Pembahasan:

    Kata succumb artinya meninggal. Kata ini bersinonim dengan die.

    53. What does the pronoun "these" in paragraph tiga refer to?

    A. Over-the-counter medications

    B. Antifungal medications

    C. Pneumonia symptoms

    D. Fungal pneumonias

    Jawaban: A. Over-the-counter medications

    Pembahasan:

    Pertanyaan reference atau acuan, bisa dicermati jawabannya menurut kalimat sebelumnya jika kalimat yg mengandung istilah reference/ pronoun merupakan kalimat simple. Seperti pada soal ini, kata these (plural) mengacu dalam subjek kalimat sebelumnya.

    54. Where in the paragraph which tells about the explanation of pneumococcal disease?

    A. Line 8-12

    B. Line 13-15

    C. Line 32-38

    D. Line 40-47

    Jawaban: A. Line 8-12

    Pembahasan:

    Penjesalan mengenai penyakit pneumonia adalah line 8-12 sudah kentara.

    Reading tiga for question 55 s.D 60

    Many historical linguists are able to trace modern complex languages back to earlier languages, but in order to answer the question of how complex language are actually formed, the researcher needs to observe how languages are started from scratch. To find out how grammar is created, someone need to be presents at the time of a language's creation, documenting its emergence. However, this is possible.

    Some of the most recent languages evolved due to the Atlantic slave trade. At the time, slaves from a number of different ethnicities were forced to work together under colonizer's rule. Since they had no opportunity to learn each other's languages, the developed a make-shift language called a pidgin. Pidgins are strings of words copied from the language of the landowner. They have little in the way of grammar, and in many cases it is difficult for a listener to deduce when an event happened and who did what to whom. Speakers need to use circumlocution in order to make their meaning understood. Interestingly, however, all it takes for a pidgin to become a complex languages is for a group of children to be exposed to it/ when they learn their mother tongue. Slave children did not simply copy the things of words uttered by their elders, they adapted their words to create a new, expressive language. Complex grammar system which emerge from pidgins are termed creoles, and they are invented by children.

    Some linguists believe that many most established languages were creoles at first. The English past tense -ed ending may have evolved from the verb "do". "It ended" may once have been "It end-did". This, it would appear that even the most widespread languages were partly created by children. Children appear to have innate emerges when they are first trying to make sense of the world near them. Their minds can serve to create logical, complex structures, even when there is no grammar present for them to copy.

    55. How do the slave children improve a pidgin in order to become a complex language?

    A. They communicate with their parents intensively to improve the pidgin.

    B. They adapt the words to create an expressive and new language

    C. They imitate the pidgin then develop a completely new language.

    D. They study the existing grammar of the pidgin then correct it.

    Jawaban: B. They adapt the words to create an expressive and new language

    Pembahasan:

    Dibagian akhir paragraf ke 2, bahwa anak-anak budak menyesuaikan (adapt) bahasa dengan cara membuat bahasa baru yang ekspresif.

    56. The word "deducedanquot; in paragraph 2 is closest in meaning to ...

    A. Conclude

    B. React

    C. Reply

    D. Think

    Jawaban: A. Conclude

    Pembahasan:

    Kata deduce bermakna menyimpul. Pilihan jawaban yg sepadan katanya adalah conclude.

    57. The word "whichdanquot; in paragraph 2 refers to ...

    A. Language

    B. System

    C. Pidgins

    D. Words

    Jawaban: B. System

    Pembahasan:

    Soal ini berkaitan menggunakan adjective clause. Dalam adjective clause dipakai relative pronoun misalnya who, whom, which, whose. Adjective clause menampakan objek yg letaknya sempurna didepan relative pronoun. Dalam perkara soal ini, maka kata which mengacu dalam kata systems.

    58. It is stated in the passage that creole is ...

    A. A language to communicate among slaves of different ethnicities

    B. A series of words copied from the language of the landowner

    C. A complex grammar system that come from pidgins

    D. A native langauge creates by Atlantic slaves

    Jawaban: C. A complex grammar system that come from pidgins

    Pembahasan:

    Berdasarkan paragraf ke 2 kalimat terakhir, complex grammar system which emerge from pidgin are termed (dinamakan) creoles, bisa disimpulkan bahwa creoles merupakan system grammar yang komplek.

    59. In order to study the grammar creation of a language, the linguists have to ...

    A. Document the complex form of the language

    B. Study the language from the native speaker

    C. Record the creation of the language

    D. Interview the language maker

    Jawaban: C. Record the creation of the language

    Pembahasan:

    Berdasarkan kalimat to find out how grammar is created, someone need to be present at the time of a language's creation, documenting,... dapat disimpulkan bahwa untuk mempelajari pembuatan grammar, peneliti harus hadir, dan merekam (document/ record) proses pembuatan bahasa.

    60. Paragraph dua in the passage discusses about ...

    A. History of slave children in learning language

    B. A more simple language used by Atlantic slaves

    C. Explanation of complex language formation

    D. Differences between pidgin and creole

    Jawaban: B. A more simple language used by Atlantic slaves

    Pembahasan:

    Pada paragraf kedua dijelaskan ketika jual beli budak atlantik, para budak tidak punya kesempatan belajar bahasa. Sehingga, mereka hanya memakai bahasa-bahasa yang sederhana dalam berkomunikasai yang terkadang susah disimpulkan/ dimengerti. Hal ini tertera dalam kalimat they have little in the way of grammar , (grammar/ bahasa yang simple, sederhana).

    Dalam penerimaan CPNS 2019 ini, pemerintah lebih banyak membuka formasi bagi guru dantenaga kesehatan.

    Demikianlah contoh soal SKB Tenaga Kependidikan - SKB Pengajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris CPNS 2019 menurut kami awambicara.Id.

    Untuk dipelajari secara offline silahkan Download Soal SKB Guru Bahasa Inggris disini. Semoga bermanfaat!

    Iklan Atas Artikel

    Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel1

    Iklan Bawah Artikel2