10 Langkah Mudah Mempercepat Kinerja PC dan Laptop Windows 7, 8, atau 10 yang Lambat

Mempercepat Kinerja PC & Laptop Windows - Performa PC Windows seharusnya tidak akan lelet seiring berjalannya ketika.

Apabila kinerja PC atau laptop Windows Anda lambat laun menjadi sangat lelet atau tiba-datang nge-hang beberapa saat, mungkin ada beberapa penyebab mengapa PC atau Laptop Windows Anda sebagai lambat.

PC komputer atau laptop berbasis OS Windows, tidak pernah luput dari seluruh masalah, entah itu virus, malware & bluescreen, atau bahkan tidak sanggup booting (masuk windows).

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Namun jangan takut untuk menyalakan pulang personal komputer PC atau laptop Anda apabila terdapat sesuatu yg tidak berfungsi dengan sahih.

Langkah Mudah Mempercepat Kinerja Komputer PC & Laptop Windows

Anda bisa memperbaiki beberapa kasus yang generik terjadi dalam personal komputer PC atau laptop sendiri, tanpa wajib membawanya ke tukang service personal komputer .

Bahkan Anda dapat lebih cepat memperbaiki & menyelesaikannya, terutama pada hal mempercepat kinerja personal komputer PC atau laptop Anda sendiri.

Baca: Cara Membuat Video dari Gambar dan Audio dengan Aplikasi Foto Windows 10

Berikut ini beberapa masalah yg terjadi saat komputer PC atau laptop windows menjadi lambat:

Temukan Program yg Menghabiskan Banyak Memory

Komputer PC atau laptop windows Anda berjalan lambat mungkin lantaran terdapat sesuatu yg berjalan/ bekerja & menghabiskan banyak sumber daya perangkat keras windows Anda.

Apabila personal komputer windows Anda datang-datang berjalan lebih lambat dari umumnya, mungkin ada program yg berjalan & menggunakan hampir 99% berdasarkan sumber daya CPU komputer Anda.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Atau, mungkin pula ada pelaksanaan yg mengalami kebocoran memori dan menggunakan sejumlah besar memori, dan menyebabkan PC Anda bertukar penggunaan memori ke pada pagefile memori di hardisk.

Suatu aplikasi mungkin banyak memakan ruang memori hdd, menyebabkan pelaksanaan lain melambat ketika mereka perlu buat memuat data dari atau menyimpannya ke pada hdd.

Untuk mengetahui acara mana yg poly memakan asal daya CPU, memori personal komputer windows Anda, caranya adalah dengan membuka Task Manager.

Anda dapat mengklik kanan bilah tugas dan memilih opsi "Task Managerdanquot; atau tekan Ctrl Shift Escape buat membukanya.

Pada Windows 8, 8.1, dan windows 10, Task Manager terkini menyediakan antarmuka yg telah ditingkatkan, yang memberi kode warna pada pelaksanaan yang menggunakan banyak sumber daya.

Klik pada header "CPU," "Memory," & "Diskdanquot; buat mengurutkan daftar berdasarkan pelaksanaan yg memakai sumber daya terbanyak.

Jika terdapat aplikasi yg memakai terlalu poly asal daya, Anda mungkin ingin menutupnya secara normal, & apabila nir sanggup, pilih pada sini dan klik "End Task" buat memaksanya menutup.

Tutup Program pada System Tray

Banyak pelaksanaan yg cenderung berjalan di system tray, atau pada area notifikasi.

Aplikasi ini diluncurkan ketika startup, komputer windows dinyalakan (booting) & akan tetap berjalan pada latar belakang, namun tersembunyi di kembali ikon panah atas di sudut kanan bawah layar Anda.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Klik ikon panah atas pada dekat system tray, klik kanan pelaksanaan apa pun yg tidak perlu Anda jalankan di latar belakang, & tutuplah buat membebaskan asal daya personal komputer windows Anda.

Nonaktifkan Program Startup

Langkah yg lebih baik lagi merupakan mencegah pelaksanaan yang berjalan di system tray tersebut agar nir dijalankan waktu komputer windows menyala (ketika startup) buat berhemat memori dan daur CPU, serta meningkatkan kecepatan proses login.

Pada Windows 8, 8.1, dan 10, sekarang terdapat manajer startup di Task Manager yg dapat Anda gunakan untuk mengelola program startup Anda.

Klik kanan bilah tugas dan pilih "Task Manager" atau tekan Ctrl Shift Escape buat meluncurkannya.

Klik ke tab Startup dan nonaktifkan pelaksanaan startup yang nir Anda butuhkan.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Baca: Emulator Android Terbaik Super Ringan 2019 untuk Windows

Windows akan membantu memberi tahu Anda aplikasi mana yg paling memperlambat proses startup Anda.

Mengurangi Animasi Windows

Komputer Windows menggunakan beberapa animasi, dan animasi tadi bisa membuat PC Anda sebagai sedikit lebih lambat.

Sebagai model: Windows bisa meminimalkan & memaksimalkan jendela secara instan bila Anda menonaktifkan animasi terkait.

Untuk menonaktifkan animasi, tekan Windows Key X atau klik kanan dalam tombol Start & pilih "System."

Klik "Advanced System Settings" pada sebelah kiri & klik tombol "Settingsdanquot; pada bawah Performance.

Pilih ?Adjust for best performance? Di bawah Efek Visual buat menonaktifkan semua animasi, atau pilih ?Custom? Dan nonaktifkan masing-masing animasi yg nir ingin Anda lihat.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Sebagai model, hapus centang "Animate windows when minimizing and maximizing" untuk menonaktifkan meminimalkan dan memaksimalkan animasi.

Ringankan Browser Web

Ada kemungkinan Anda banyak berselancar di internet menggunakan browser web (Chrome, Mozilla, dll).

Anda jua mungkin banyak memakai perluasan dalam web browser Anda.

Memang terdapat poly kegunaan dari perluasan yang pada instal kedalam browser web, terutama buat beberapa situs web yang mewajibkan kita buat menginstal ekstensi mereka.

Salah satu contohnya adalah ekstensi FixPlay untuk memutar video, terutama bagi mereka yang suka nonton drama Korea secara streaming online.

Karena itu, terdapat baiknya Anda memakai perluasan peramban web, atau add-on sesedikit mungkin.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Terlalu banyak perluasan broweser semakin memperlambat browser Anda & membuatnya menggunakan memori komputer sebagai lebih boros.

Pergilah ke Pengelola ekstensi atau Pengaya peramban web Anda & hapus pengaya yg tidak Anda butuhkan.

Anda pula harus mempertimbangkan mengaktifkan plug-in klik buat putar.

Mencegah Flash & konten lainnya nir dimuat akan mencegah konten Flash yang tidak penting memakai CPU personal komputer PC windows Anda.

Pindai Malware dan Adware

Ada pula kemungkinan komputer PC atau laptop Windows Anda melambat karena perangkat lunak dursila yg berjalan dilatar belakang yang bisa memperlambat komputer windows.

Bisa juga malware yang tidak berbahaya, yakni hanya sekedar softwar buat mengganggu penelusuran web Anda serta melacaknya & menambahkan iklan tambahan, misalnya.

Untuk lebih amannya, ada baiknya Anda memindai atau menscan komputer windows Anda dengan program antivirus.

Baca: Panduan Lengkap Cara Instal Kodi dengan Benar

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Anda mampu memindai nya dengan aplikasi antivirus bawaan windows 10, windows defender security center, yang akan menangkap banyak program yg mungkin nir Anda inginkan.

Free Up Disk Space (Mengosongkan Ruang HDD)

apabila hard drive Anda hampir penuh, maka komputer PC Windows Anda akan berjalan semakin lebih lambat menurut umumnya.

Anda pula mungkin ingin meninggalkan ruang HDD komputer yang banyak buat menyimpan file-file pekerjaan penting Anda.

Karena itu, ikuti panduan Cara Mengosongkan Ruang Hard Disk di PC dan Laptop Windows untuk mengosongkan ruang pada PC Windows Anda.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Anda tidak memerlukan software pihak ketiga apa pun, hanya menjalankan Disk Cleanup tool yg telah termasuk dalam aplikasi bawaan Windows.

Defragment Hard Disk Anda

Mendefrag hard disk sebenarnya tidak perlu dilakukan dalam Windows versi modern.

Sebenarnya windows terbaru secara otomatis akan mendefrag hard disk pada latar belakang.

Sedangkan jenis Hard Disk Solid-state Drive (SSD) tidak sahih-benar membutuhkan defragmentasi tradisional, walaupun versi modern Windows akan "mengoptimalkan" mereka.

Anda nir perlu terlalu risi menggunakan defragment HDD.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Tetapi, jika Anda memiliki hard drive mekanis (HDD) & Anda baru saja meletakkan banyak file di drive,

misalnya, menyalin database akbar bergiga-giga bytes file game pada PC personal komputer windows Anda, maka file-arsip itu mungkin didefragmentasi lantaran Windows belum hingga dalam arsip tersebut buat men-defragmenting mereka.

Dalam situasi ini, Anda mungkin ingin membuka indera defragmenter disk & melakukan pemindaian buat melihat apakah Anda perlu menjalankan acara defrag manual.

Uninstal Program yang Tidak Digunakan

Buka Control Panel, temukan daftar acara yang diinstal, & hapus instalan program yang tidak Anda gunakan & tidak Anda butuhkan menurut PC Windows Anda.

Hal ini dapat membantu meningkatkan kecepatan PC Anda, lantaran acara-acara itu mungkin termasuk acara yg berjalan dilatar belakang, atau program entri autostart, layanan sistem, entri menu konteks, & hal-hal lain yg dapat memperlambat PC Anda.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Ini jua akan menghemat ruang dalam hard drive Anda & menaikkan keamanan sistem. Sebagai contoh: Anda nir seharusnya menginstal "Java" jika Anda nir menggunakannya.

Reset atau Instal Ulang Windows

Jika pada beberapa tips diatas nir dapat memperbaiki kasus mengapa PC windows Anda menjadi lambat atau lelet, satu-satunya solusi paling tokcer untuk memperbaiki kasus Windows, merupakan instal ulang windows.

Penyakit system apapun, baik itu, virus, PC menjadi lelet, acara yang rusak, system yg rusak, dan lain sebagainya selama masih menyangkut sistem, akan sembuh dengan cukup hanya menginstal ulang windows.

Tapi, pada versi terbaru Windows OS, yakni Windows 8, 8.1, & 10 langkah instalasi ini menjadi lebih mudah.

Anda tidak wajib mendapatkan media instalasi Windows (CD atau FD) buat menginstal ulang Windows.

langkah mudah mempercepat kinerja pc dan laptop windows

Baca: Haruskah Komputer Windows di Instal Ulang Secara Berkala?

Sebagai gantinya, Anda relatif menggunakan fitur "Reset your PCdanquot; yg ada di Windows buat mengembalikan sistem Windows Anda menjadi baru dan segar pulang.

Langkah ini (Reset your PC) mirip menggunakan menginstal ulang Windows dan akan menghapus acara yg diinstal dan mengembalikan pengaturan sistem namun tetap menyimpan file-file penting Anda.

Jika PC Anda masih memakai hard drive mekanis (HDD), upgrade lah ke solid-state drive (SDD) atau pastikan Anda membeli PC atau Laptop yg mempunyai Solid-state drive atau SSD.

Lantaran SSD menunjukkan peningkatan kinerja yang cukup signifikan.

Di era sekarang ini, di mana kebanyakan orang tidak akan melihat CPU & prosesor grafis sebagai lebih cepat, tanpa dorongan penyimpanan solid-state (SSD) dalam kinerja sistem secara keseluruhan.

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel1

Iklan Bawah Artikel2